Surat At-Taubah Ayat 63

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّهُۥ مَن يُحَادِدِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَأَنَّ لَهُۥ نَارَ جَهَنَّمَ خَٰلِدًا فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ ٱلْخِزْىُ ٱلْعَظِيمُ

Arab-Latin: A lam ya'lamū annahụ may yuḥādidillāha wa rasụlahụ fa anna lahụ nāra jahannama khālidan fīhā, żālikal-khizyul-'aẓīm

Artinya: Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya nerakan jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar.

« At-Taubah 62At-Taubah 64 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Surat At-Taubah Ayat 63

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 63 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan beraneka penafsiran dari banyak mufassirun mengenai makna surat At-Taubah ayat 63, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tidaklah orang-orang munafik itu , mengetahui bahwa tempat kembali orang-orang yang memerangi Allah dan rasulNya adalah neraka jahanam, yang merupakan tempat mereka mendapatkan siksaaan abadi di dalamya? tempat kembali tersebut merupakan tempat kehinaan dan kenistaan yang besar. Dan diantara bentuk memerangi adalah melancarkan gangguan terhadap rasulullah dengan mencela dan merendahkan kehormatannya. Kita berlindung Hanya kepada Allah dari hal itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

63. Tidakkah orang-orang munafik itu mengetahui bahwa perbuatan mereka itu telah menjadikan mereka memusuhi Allah dan rasul-Nya; dan barangsiapa yang memusuhi Allah dan rasul-Nya, pada hari kiamat akan masuk neraka jahanam selama-lamanya, dan itulah kehinaan yang besar.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

63. Tidakkah orang-orang munafik itu menyadari bahwa dengan perbuatan mereka itu berarti mereka sedang melawan Allah dan rasul-Nya, dan bahwa orang yang melawan Allah dan rasul-Nya kelak akan masuk ke dalam Neraka Jahanam di hari Kiamat untuk selama-lamanya? Itulah kehinaan dan kenistaan yang besar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

63. أَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّهُۥ مَن يُحَادِدِ اللهَ وَرَسُولَهُۥ (Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya)
Yakni yang menentang keduanya.

ذٰلِكَ (Itu adalah)
Yakni azab itu.

الْخِزْىُ الْعَظِيمُ(kehinaan yang besar)
Yakni kehinaan dan kerendahan apabila menimpa orang yang angkuh.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

63. Apakah orang-orang munafik itu tidak tahu bahwa barangsiapa menentang Allah dan rasulullah, maka baginya itu neraka Jahannam, mereka abadi di dalamnya. Azab tersebut sangat rendah dan hina.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah mereka tidak mengetahui bahwa siapa yang menentang} mendurhakai dan menentang {Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya neraka Jahanam baginya. dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan} kerendahan dan kehinaan {yang besar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

63. Ini adalah penentangan dan permusuhan kepada Allah, dan Allah telah mengancam orang yang menentangnya dengan FirmanNya, “Tidakkah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan RasulNya,” di mana dia berada di jalur dan jalan yang menjauhkan dari Allah dan RasulNya, dengan meremehkan perintah Allah dan melakukan laranganNya, “maka sesungguhnya Neraka Jahanamlah baginya, dia kekal di dalamnya,” dan “itu adalah kehinaan yang besar”, yang tiada kehinaan yang lebih buruk dan lebih jelek daripadanya, di mana mereka kehilangan nikmat yang kekal, dan meraih azab Neraka Jahim. Kita berlindung kepada Allah dari keadaan mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 62-63
Firman Allah SWT: (Tidakkah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwa barang siapa menentang Allah dan Rasul-Nya) yaitu tidakkah mereka mencari kebenaran dan mengetahui bahwa siapa saja yang menentang Allah SWT yaitu membangkang, memerangi, dan menentangNya, maka dia berada di satu sisi, sedangkan Allah dan RasulNya di sisi lain (maka sesungguhnya neraka Jahannamlah baginya, dia kekal di dalamnya) yaitu terhina dan disiksa (Itu adalah kehinaan yang besar) yaitu kehinaan dan kecelakaan yang besar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 63

Tidakkah mereka, orang-orang munafik, mengetahui betul bahwa barang siapa menentang, tidak menaati perintah Allah dan perintah rasulnya serta menyakiti hatinya, maka sesungguhnya neraka jahanamlah baginya, dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan dan kecelakaan yang besarorang-orang munafik itu sadar bahwa sesungguhnya mereka bohong, sehingga mereka takut jika diturunkan suatu surah yang menerangkan, mengungkap, dan membeberkan apa yang tersembunyi di dalam hati mereka yang tidak sesuai dengan ucapan dan perilakunya. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada mereka, teruskanlah berolok-olok terhadap Allah dan rasul-Nya sesuka hatimu. Sesungguhnya Allah akan menurunkan ayat-ayat-Nya kepada rasul-Nya untuk mengungkapkan apa yang kamu takuti untuk diungkap itu, yakni sikap kemu-nafikanmu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari beragam ulama tafsir terkait isi dan arti surat At-Taubah ayat 63 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita bersama. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dibaca

Nikmati banyak topik yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-An’am, Al-Baqarah 185, Al-Insyirah 5-6, Al-Maidah, Ali Imran 190-191, Al-Fajr. Termasuk Al-Balad, Al-Baqarah 153, Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an, Ar-Ra’d 11, Luqman 14.

  1. Al-An’am
  2. Al-Baqarah 185
  3. Al-Insyirah 5-6
  4. Al-Maidah
  5. Ali Imran 190-191
  6. Al-Fajr
  7. Al-Balad
  8. Al-Baqarah 153
  9. Al-‘Adiyat
  10. Juz al-Qur’an
  11. Ar-Ra’d 11
  12. Luqman 14

Pencarian: qs. al maidah ayat 48 latin, lau anzalna hadzal, doa al qadr, ali imran 181, surat ali imran 190

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: