Surat Yunus Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُوَ يُحْىِۦ وَيُمِيتُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Arab-Latin: Huwa yuḥyī wa yumītu wa ilaihi turja'ụn

Artinya: Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

« Yunus 55Yunus 57 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat Yunus Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penafsiran dari banyak ulama tafsir terkait kandungan surat Yunus ayat 56, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Allah, Dialah tuhan yang menghidupkan dan mematikan. Tidak sulit bagiNya untuk Menghidupkan orang-orang sesudah kematian mereka, sebagaimana tidak sulit untuk mematika mereka, bila Dia menghendaki itu. Dan mereka akan kembali kepadaNya setelah kematian mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56. Hanya Allah yang dapat menghidupkan orang mati dan mematikan orang hidup.

Hai manusia, kepada-Nya kalian akan kembali setelah kematian untuk mendapat perhitungan atas amal-amal kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Dia lah yang dapat membangkitkan orang-orang mati dan mematikan orang-orang hidup. Dan hanya kepada-Nya lah kalian akan dikembalikan di Hari Kiamat. Lalu Dia akan memberikan balasan yang setimpal dengan amal perbuatan kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56 Dialah, Dzat Yang Maha menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. Kalian akan diberi balasan atas segala amal baik atau buruk yang telah kalian kerjakan kebaikan atau keburukan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dialah yang menghidupkan dan mematikan serta hanya kepadaNyalah kalian akan dikembalikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. “Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan.” Maksudnya Dia-lah Allah yang memiliki otoritas menghidupkan, mematikan dan aturan-aturan lainnya. Dalam hal itu DIa tidak bersekutu. “Dan hanya kepadaNya-lah kamu dikembalikan,” pada Hari Kiamat, maka Dia membalasmu sesuai dengan amalmu baik dan buruknya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 55-56
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia adalah Pemilik langit dan bumi; dan janjiNya itu benar dan pasti terjadi. Dia adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepadaNyalah tempat mereka kembali. Dia Dzat yang Maha kuasa atas hal itu, dan Maha Mengetahui yang terpisah dari tubuh dan bertebaran di seluruh bumi, lautan, dan padang sahara.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 56: Demikian pula yang mengatur segala urusan, dan tidak ada sekutu dalam semua itu.

Pada hari kiamat lalu Dia memberikan balasan terhadap amalmu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 56

Sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah, dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan setelah kematian menghampirimu. Setelah diingatkan pada ayat sebelumnya bahwa semua yang hidup pasti akan mati dan akan kembali kepada Allah, lalu manusia diingatkan: wahai manusia! sungguh, telah datang kepadamu pelajaran berupa kitab suci Al-Qur'an dari tuhanmu, obat penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, yakni dalam hati manusia, seperti iri hati, dengki, dan lain-lain, dan petunjuk menuju kebenaran serta rahmat yang besar bagi orang yang benar-benar beriman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjabaran dari kalangan ulama berkaitan isi dan arti surat Yunus ayat 56 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk ummat. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dicari

Telaah ratusan konten yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Mujadalah 11, At-Takatsur, Az-Zalzalah, Al-Baqarah 83, Al-Hujurat 12, Al-Ma’idah 2. Ada juga Al-Isra 23, Asy-Syams, An-Nur 2, Yunus 40-41, Ali Imran, Al-Baqarah 286.

  1. Al-Mujadalah 11
  2. At-Takatsur
  3. Az-Zalzalah
  4. Al-Baqarah 83
  5. Al-Hujurat 12
  6. Al-Ma’idah 2
  7. Al-Isra 23
  8. Asy-Syams
  9. An-Nur 2
  10. Yunus 40-41
  11. Ali Imran
  12. Al-Baqarah 286

Pencarian: latin alfatihah, ali imran 185, ayat tentang poligami, surah al muddassir, surat kursi

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: