Surat Hud Ayat 82

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ مَّنضُودٍ

Arab-Latin: Fa lammā jā`a amrunā ja'alnā 'āliyahā sāfilahā wa amṭarnā 'alaihā ḥijāratam min sijjīlim manḍụd

Artinya: Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi,

« Hud 81Hud 83 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Terkait Dengan Surat Hud Ayat 82

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 82 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir menarik dari ayat ini. Terdapat bermacam penafsiran dari banyak ahli ilmu terhadap makna surat Hud ayat 82, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka ketika datang kepada mereka ketetapan kami untuk turunnya siksaan pada mereka, kami menjadikan bagian atas negeri mereka yang mereka menjalani kehidupan padanya kebagian bawah; kami membalikannya. Dan kami hujani mereka dengan bebatuan dari tanah padat lagi keras, sebagiannya telah disatukan dengan yang lain secara bertubi-tubi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

82. Kemudian tatkala perintah Kami untuk membinasakan kaum Lūṭ datang, Kami buat bagian atas kota-kota mereka berada di bawah dengan cara mengangkatnya ke atas dan membaliknya bersama mereka. Dan Kami hujani mereka dengan batu yang berasal dari tanah liat yang mengeras secara bertubi-tubi hingga tersusun rapi dalam posisi saling tindih.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

82. فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا (Maka tatkala datang ketetapan Kami)
Dengan turunnya azab.

جَعَلْنَا عٰلِيَهَا سَافِلَهَا (ami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan))
Yakni menjadikan bagian atas negeri kaum Luth dibalik menjadi di bagian bawah.
Terdapat pendapat mengatakan bahwa Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk mengangkat negeri itu dengan satu sayapnya kemudian ia membalik negeri itu.

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ (dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar)
Makna (السجيل) yakni tanah yang membatu karena terbakar atau karena sebab lain.

مَّنضُودٍ (dengan bertubi-tubi)
Dengan silih berganti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

82. Tatkala telah tiba perintah Kami untuk menurunkan azab, Kami jadikan negeri kaum yang berkedudukan di atas menjadi di bawah ketika Kami melempari mereka dengan tanah, Kami menurunkan atas mereka bebatuan yang banyak yang terbuat dari tanah yang mengaras secara terus menerus sampai saling bertumpukkan satu sama lain.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ketika telah datang keputusan Kami, Kami menjadikan tempat tinggi negeri itu menjadi ke bagian bawah dan Kami menghujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar} tanah yang mengeras {secara bertubi-tubi} saling berjatuhan secara bertubi-tubi


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

82 “maka tatkala datang azab kami” menimpa mereka, ”kami jadikan” negeri kaum luth ”yang diatas kebawah(kami balikan)” maksudnya kami balikkan atas mereka, ”dan kamu hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar” dari batu api yang sangat panas ”dengan bertubi tubi” maksudnya bertubi tubi mengejar orang yang kabur dari negeri itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 82-83
Firman Allah SWT (Maka tatkala datang azab Kami) Hal itu terjadi ketika matahari terbit (Kami jadikan negeri kaum Luth yang bagian atasnya) yaitu kota Sodom (ke bawah (Kami balikkan)) sebagaimana firmanNya: (Dan prahara angin telah meruntuhkan (negeri kaum Luth) (53) lalu menimbuni negeri itu (sebagai azab) dengan (puing-puing) yang menimpanya (54)) (Surah An-Najm) yaitu Kami menghujaninya dengan batu dari tanah liat. Kata itu menurut bahasa Persia adalah batu dari tanah liat, Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas dan lainnya. Sebagian ulama berkata yaitu dari Sanku yaitu batu dan kil yaitu tanah liat. Dalam ayat lain Dia berfirman: (batu-batu dari tanah yang (keras)) (Surah Adz-Dzariyat: 33) yaitu mengeras seperti batu sehingga sangat kuat. Sebagian ulama berkata yaitu yang dibakar.
Imam Bukhari berkata bahwa “Sijjil” sangat kuat dan besar. “Sijjil” dan “sijjin” bahwa huruf lam dan nun itu sama. Tamim bin Muqbil berkata:
“Para laki-laki memukulkan ke topi baja dari sisinya dengan pukulan yang menjadikan keras dan kuat sehingga panas untuk para pahlawan.
Firman Allah: (dengan bertubi-tubi) Sebagian ulama berkata yaitu di langit, yaitu disediakan untuk itu. Ulama lainnya berkata bahwa (mandhud) yaitu yang diturunkan bertubi-tubi kepada mereka. Firman Allah: (yang diberi tanda) yaitu diberi tanda
Firman Allah (dan negeri itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim) yaitu, tidaklah pembalasan itu jauh dari orang-orang yang serupa dengan mereka dalam kezaliman mereka.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(جَعَلۡنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا) ja’alnaa ‘aaliyahaa : permukaan negeri tersebut, (سَافِلَهَا) saafilahaa : menjadi di bawah.
(مِّن سِجِّيلٖ) min sijjiil : dari tanah yang keras.
(مَّنضُودٖ) mandhuud : tersusun rapi satu bagian di atas bagian lainnya.

Makna ayat :
Allah berfirman : (فَلَمَّا جَآءَ أَمۡرُنَا جَعَلۡنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا) maka ketika telah tiba turunnya perintah Allah untuk mengazab mereka, memerintahkan Jibril untuk menjungkir-balikkan negeri tersebut beserta isinya, dan Allah hujani mereka dengan batu-batu keras, siapa pun yang berada di luar negeri tersebut, pasti akan terkena batu tersebut dan binasa.

Pelajaran dari ayat :
• Bukti kekuasaan Allah, menjungkir-balikkan 4 kota dalam satu waktu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 82: Malaikat Jibril mengangkat negeri itu ke atas, lalu dibalikkan ke bawah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 82

Maka ketika keputusan kami datang untuk menurunkan azab kepada kaum nabi lut yang durhaka, kami menjungkirbalikkannya negeri kaum lut sehingga bagian atas bangunan berada di bawah dan bagian bawah bumi ada di atas, sebagai akibat perbuatan mereka memutarbalikkan fitrah, dan kami hujani mereka bertubi-tubi tiada henti dari tempat tinggi dengan batu dari tanah yang terbakar (lihat: surah al-'ankabut/29: 34 dan adh-dhariyat/51: 32-33). Azab yang ditimpakan kepada kaum nabi lut yang diberi tanda oleh tuhanmu mengandung pesan, bahwa apa yang menimpa kaum nabi lut bisa jadi menimpa siapa saja. Dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang yang zalim kapan dan di mana saja berada pada setiap kurun waktu sepanjang zaman. Apabila perbuatan keji merajalela di tengah-tengah masyarakat, dan perbuatan itu mereka lakukan secara terang-terangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjelasan dari banyak ulama terkait isi dan arti surat Hud ayat 82 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Sokonglah perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dilihat

Kaji ratusan konten yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Muthaffifin, At-Taubah, Al-Ma’idah 48, Al-Humazah, Al-Fatihah 5, An-Nahl 114. Serta Ali ‘Imran 190, An-Nisa, At-Tin 4, Al-Fatihah 4, Al-Anbiya 30, Al-A’raf 54.

  1. Al-Muthaffifin
  2. At-Taubah
  3. Al-Ma’idah 48
  4. Al-Humazah
  5. Al-Fatihah 5
  6. An-Nahl 114
  7. Ali ‘Imran 190
  8. An-Nisa
  9. At-Tin 4
  10. Al-Fatihah 4
  11. Al-Anbiya 30
  12. Al-A’raf 54

Pencarian: surat al a raf ayat 23, salamun kaulam min rabbin rahim, attorik, ala bidzikrillahi tathmainnul qulub tulisan arab, al humazah beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: