Surat Hud Ayat 96

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِـَٔايَٰتِنَا وَسُلْطَٰنٍ مُّبِينٍ

Arab-Latin: Wa laqad arsalnā mụsā bi`āyātinā wa sulṭānim mubīn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan tanda-tanda (kekuasaan) Kami dan mukjizat yang nyata,

« Hud 95Hud 97 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Dengan Surat Hud Ayat 96

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 96 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran menarik dari ayat ini. Didapati beragam penafsiran dari berbagai pakar tafsir mengenai makna surat Hud ayat 96, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sungguh kami telah mengutus Musa dengan membawa bukti-bukti petunjuk tentang keesan kami dan hujjah yang menerangkan bagi orang yang menyaksikannya langsung dan mau merenunginya dengan hati yang lurus, bahwa sesunggguhnya hujah itu menunjukan keeasan Allah dan kedustaan orang yang mengaku-ngaku memiliki kekuasaan rububiyah selain Allah .


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

96. Sungguh Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami yang menunjukkan kebenaran risalahnya, dan dia juga memiliki mukjizat yang jelas dan kewibawaan sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengganggunya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

96. Dan sungguh Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami yang menunjukkan keesaan Allah dan membawa bukti-bukti nyata yang menunjukkan kebenaran ajaran yang dibawanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

96. بِـَٔايٰتِنَا وَسُلْطٰنٍ مُّبِينٍ (dengan tanda-tanda (kekuasaan) Kami dan mukjizat yang nyata)
Bukti dan mukjizat.
Pendapat lain mengatakan makna ayat-ayat yakni Sembilan mukjizat yang disebutkan dalam surat al-Isra’.
Maksud dari (السلطان) yakni mukjizat tongkat yang berubah menjadi ular.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

96. Dan sungguh Kami telah mengutus Musa dengan ayat-ayat Kami yaitu Taurat dan 9 ayat sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Isra’ (17/101) yang kemudian dijelaskan di surah Al-A’rah (7/133) serta dengan mukjizat nyata atau bukti-bukti yang kuat dan jelas.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh Kami benar-benar mengutus Musa dengan ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata} dalil-dalil nyata atas kebenaran kenabiannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

96 “dan sesungguhnya kami telah mengutus Musa” bin Imran ”dengan tanda tanda (kekuasaan) kami” yang menunjukan kebenaran agama yang dibawanya seperti tongkat, tangan dan tanda tanda yang lain yang Allah berlakukan melalui tangan Musa “dan mukjizat yang nyata” yakni hujjah yang jelas dan gamblang yang muncul seperti matahari.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 96-99
Allah SWT berfirman memberitahukan tentang pengutusan nabi Musa dengan ayat-ayatNya dan dalil-dalil yang jelas kepada Fir'aun, raja negeri Mesir dari bangsa Qibti dan para pemimpin (tetapi mereka mengikuti perintah Fir'aun) yaitu ajaran, jalan, dan caranya dalam kesesatan (padahal sekali-kali perintah Fir'aun bukanlah (perintah) yang benar) yaitu tidak mengandung bimbingan dan petunjuk, melainkan hanya kebodohan, kesesatan, kekufuran, dan pembangkangan. Sebagaimana mereka mengikuti Fir'aun di dunia sehingga dia berada di depan mereka sebagai pemimpin mereka. Demikian juga dia pada hari kiamat; dia berada di depan mereka menuju neraka Jahanam, lalu dia memasukkan mereka ke dalamnya dan merasakan azab tempat yang dimasukinya. dan dia mendapatkan bagian paling banyak dari azab yang paling besar itu. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka Fir'aun mendurhakai Rasul itu, lalu Kami siksa dia dengan siksaan yang berat (16)) (Surah Al-Muzzammil)
Allah SWT berfirman: (Ia berjalan di muka kaumnya di hari kiamat, lalu memasukkan mereka ke dalam neraka. Neraka itu seburuk-buruk tempat yang didatangi (98)) Demikian juga perkara orang-orang yang diikuti. Mereka mendapatkan paling banyak dari azab itu pada hari kiamat, sebagaimana Allah SWT berfirman (Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, tetapi kalian tidak mengetahui) (Surah Al-A'raf: 38) Allah SWT memberitahukan tentang orang-orang kafir, bahwa mereka berkata di dalam neraka: (Dan mereka berkata, "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar) (67) Ya Tuhan kami, berilah kepada mereka azab dua kali lipat" (68)) (Surah Al-Ahzab)
Firman Allah (Dan mereka selalu diikuti dengan kutukan di dunia ini dan (begitu pula) di hari kiamat) yaitu Kami ikutkan mereka sebagai tambahan azab neraka, sebagai laknat di dunia (dan (begitu pula) di hari kiamat. Laknat itu seburuk-buruk pemberian yang diberikan) Mujahid berkata bahwa mereka diberi tambahan laknat pada hari kiamat, sehingga lakna itu dua kali.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firman Allah: (Laknat itu seburuk-buruk pemberian yang diberikan) yaitu laknat dunia dan akhirat. Demikian juga yang dikatakan oleh Adh-Dhahhak dan Qatadah. yaitu seperti firmanNya: (Dan Kami jadikan mereka pemimpin-pemimpin yang menyeru (manusia) ke neraka, dan pada hari kiamat mereka tidak akan ditolong (41) Dan Kami ikutkanlah laknat kepada mereka di dunia ini; dan pada hari kiamat mereka termasuk orang-orang yang dijauh­kan (42)) (Surah Al-Qashash) dan (Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada mereka), "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras” (46)) (Surah Ghafir)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(مُوسَىٰ) muusaa : Musa bin Imran, Kaliimullah (orang yang Allah ajak bicara secara langsung) dan rasul-Nya kepada Bani Israil.
(بِ‍َٔايَٰتِنَا) bi aayaatinaa : 9 ayat yang sebagian besarnya disebutkan dalam surat Al-A’raaf
(وَسُلۡطَٰنٖ مُّبِينٍ) wa sulthaanim mubiin : argumen yang kuat untuk mengalahkan Firaun, musuh Allah.

Makna ayat :
Inilah sebuah potongan kisah Musa ‘alaihi salam dan Firaun yang tercantum pada 4 ayat pendek, Allah ta’alaa berfirman-Nya (وَلَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا مُوسَىٰ) setelah Kami utus Syu’aib kepada penduduk Madyan, Kami mengutus Musa bin Imran bersama (بِ‍َٔايَٰتِنَا) ayat-ayat Kami sebagai tanda (dia adalah utusan Allah) dan benarnya dakwah dan ajakannya. (وَسُلۡطَٰنٖ مُّبِينٍ) argumentasi yang kuat lagi jelas atas diharuskannya mentauhidkan Allah dan batilnya sesembahan selain-Nya, seperti Firaun—laknat Allah atasnya—ketika ia berkata: (وَقَالَ فِرۡعَوۡنُ يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡمَلَأُ مَا عَلِمۡتُ لَكُم مِّنۡ إِلَٰهٍ غَيۡرِي) “Aku tidak tahu bahwa ada tuhan selain aku.”

Pelajaran dari ayat :
• Orang yang ditetapkan celaka tidak akan beriman dengan ayat-ayat-Nya, bahkan membantah dan mendustakanya, sehingga ia binasa.
• Kuatnya argumentasi dan bukti tidak memastikan ketaatan dan keimanan seseorang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 96: Yang menunjukkan benarnya apa yang Beliau bawa, seperti tongkatnya yang berubah menjadi ular, tangannya bercahaya, dsb.

Yakni hujjah yang jelas dan nyata sebagaimana terangnya matahari.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 96

Pada ayat berikut Allah menjelaskan kisah nabi musa ketika menghadapi fir'aun. Dan sungguh, kami telah mengutus nabi musa untuk menyampaikan risalah Allah disertai dengan tanda-tanda yang membuktikan kekuasaan dan keesaan kami berupa kitab taurat atau sembilan tanda-tanda kekuasaan Allah (lihat: surah al-a'ra'f/7: 133 dan al-isra'/17: 101). Dan kami anugerahkan kepadanya bukti yang nyata berupa mukjizat yang membuktikan tentang kerasulannya. Kami utus nabi musa kepada fir'aun penguasa mesir dan para pemuka kaumnya, tetapi mereka tidak mengindahkan ajakan rasul-Nya untuk menyembah Allah, bahkan tetap mengikuti perintah fir'aun dalam kekufuran dan kedurhakaan, padahal perintah fir'aun bukanlah petunjuk yang benar, melainkan kesesatan, karena fir'aun memimpin kerusakan dan kedurhakaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari beragam ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Hud ayat 96 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Dukunglah syi'ar kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dicari

Kami memiliki ratusan materi yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 5, An-Nahl 114, Al-Muthaffifin, Al-Fatihah 4, Al-Anbiya 30, At-Tin 4. Juga Al-Humazah, An-Nisa, Al-Ma’idah 48, Al-A’raf 54, Ali ‘Imran 190, At-Taubah.

  1. Al-Fatihah 5
  2. An-Nahl 114
  3. Al-Muthaffifin
  4. Al-Fatihah 4
  5. Al-Anbiya 30
  6. At-Tin 4
  7. Al-Humazah
  8. An-Nisa
  9. Al-Ma’idah 48
  10. Al-A’raf 54
  11. Ali ‘Imran 190
  12. At-Taubah

Pencarian: surah an nisa beserta artinya, surat alwaqiah latin, surah al baqarah ayat 22, al imran ayat 109, surah al baqarah ayat 27

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: