Surat Hud Ayat 121

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَقُل لِّلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ ٱعْمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنَّا عَٰمِلُونَ

Arab-Latin: Wa qul lillażīna lā yu`minụna'malụ 'alā makānatikum, innā 'āmilụn

Artinya: Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman: "Berbuatlah menurut kemampuanmu; sesungguhnya Kami-pun berbuat (pula)".

« Hud 120Hud 122 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Mengenai Surat Hud Ayat 121

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 121 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir penting dari ayat ini. Didapatkan pelbagai penjabaran dari berbagai mufassirun terhadap kandungan surat Hud ayat 121, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan katakanlah (wahai Rasul), kepada orang-orang kafir yang tidak mengakui keesaan Allah, “Berbuatlah kalian apa yang kalian perbuat sesuai dengan keadaan dan keyakinan kalian untuk melawan dakwah dan melancarkan gangguan kepada rasul dan orang-orang yang menyambut dakwahnya, karena sesungguhnya kamipun berbuat sesuai dengan martabat dan keyakinan kami dengan tetap teguh di atas agama kami dan melaksanakn perintah Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

121. Allah memerintahkan Nabi Muhammad untuk mengamcam orang-orang musyrik: Hai Muhammad, katakanlah kepada orang-orang yang tidak juga beriman dan sadar, ‘tetap dalam kesesatan kalian, karena kami akan tetap dalam keimanan dan kebaikan kami; dan tunggulah ketetapan Allah terhadap kalian, karena kami juga menunggu keputusan Allah antara kami dengan kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

121. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak mau mengesakan-Nya, "Berbuatlah menurut keyakinan kalian dalam menolak kebenaran dan menghalang-halangi manusia dari kebenaran. Sesungguhnya kami pun berbuat menurut keyakinan kami dalam memegang teguh, mendakwahkan dan mempertahankan kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

121. وَقُل لِّلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ (Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman)
Yang tidak beriman kepada kebenaran ini serta tidak mengambil pelajaran dan peringatan.

اعْمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ (Berbuatlah menurut kemampuanmu)
Sesuai kesanggupan, keadaan, dan cara kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

121. Wahai Nabi, katakanlah kepada orang-orang yang tidak mengimani kebenaran dan risalah keselamatan ini: “Kerjakanlah apa yang bisa kalian lakukan sesuai dengan cara kalian, yaitu keburukan. Sesungguhnya kami juga mengerjakan sesuatu sesuai cara kami menuju kebaikan”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman,“Berbuatlah sesuai kemampuan kalian. Sesungguhnya Kami benar-benar akan berbuat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

121 Adapun orang yang bukan termasuk ahli iman, maka nasihat dan peringatan yang bermacam macam tidaklah berguna bagi mereka. oleh karena itu, Allah berfirman ”dan katakanlah kepada orang orang yang tidak beriman” setelah ayat ayat tegak atas mereka, ”berbuatlah menurut kedudukanmu” yakni keadaanmu dimana kamu berada diatasnya. ”sesungguhnya kamipun berbuat (pula)” diatas apa yang kami yakini.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 121-122
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada RasulNya agar berkata kepada orang-orang yang tidak beriman kepada apa yang dia bawa dari Tuhannya dengan ancaman (Berbuatlah menurut kemampuan kalian) yaitu dengan cara dan ajaran kalian (sesungguhnya kami pun berbuat (pula)) yaitu berdasarkan cara dan ajaran Kami (Dan tunggulah (akibat perbuatan kalian); sesungguhnya kami pun menunggu (pula)"(122)) yaitu (Kelak kalian akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapat keberuntungan) (Surah Al-An'am: 135) Allah menunaikan kepada RasulNya janji, pertolongan, dan dukunganNya, dan menjadikan ketetapanNya yang tinggi dan ketetapan orang-orang yang kafir rendah dan hina. Allah Maha Perkasa Maha Bijaksana.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Firman-Nya : (وَقُل لِّلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ ٱعۡمَلُواْ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمۡ إِنَّا عَٰمِلُونَ ١٢١ وَٱنتَظِرُوٓاْ إِنَّا مُنتَظِرُونَ ١٢٢) Dan katakanlah wahai Rasul Kami! Kepada orang-orang yang tidak beriman dari kaum mu yang mereka terus menerus mendustakanmu dan tenggelam di dalam kesyirikan dan maksiat: “Beramallah sesuka kalian, karena kami juga beramal.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 121: Setelah ayat-ayat disampaikan kepada mereka.

Dalam kata-kata ini terdapat ancaman.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 121

Dan katakanlah wahai nabi Muhammad kepada orang yang tidak beriman, berbuatlah menurut kemampuan dan cara yang kamu tempuh sesuai dengan kedudukanmu; sesungguhnya kami pun benar-benar akan berbuat pula menurut cara dan kemampuan kami, sesuai yang diajarkan Allah. Dan tunggulah sanksi yang akan dijatuhkan Allah kepadamu, akibat perbuatan yang kamu lakukan, sesungguhnya kami, yakni nabi dan orang-orang beriman pun termasuk yang menunggu imbalan dari Allah berupa kebahagiaan atau kesuksesan yang akan diberikan kepada kami.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir terkait makna dan arti surat Hud ayat 121 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita semua. Sokong kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Sering Dikaji

Kami memiliki berbagai materi yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: At-Tin 4, Al-Fatihah 4, Al-A’raf 54, An-Nahl 114, Al-Muthaffifin, Al-Anbiya 30. Ada pula An-Nisa, Al-Humazah, Al-Fatihah 5, At-Taubah, Al-Ma’idah 48, Ali ‘Imran 190.

  1. At-Tin 4
  2. Al-Fatihah 4
  3. Al-A’raf 54
  4. An-Nahl 114
  5. Al-Muthaffifin
  6. Al-Anbiya 30
  7. An-Nisa
  8. Al-Humazah
  9. Al-Fatihah 5
  10. At-Taubah
  11. Al-Ma’idah 48
  12. Ali ‘Imran 190

Pencarian: surat yasin bahasa arab, surat tentang isra miraj, tafsir surat al ikhlas, al bayyinah ayat 1-8, surat al qiyamah ayat 17-18

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: