Surat Ibrahim Ayat 7

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Arab-Latin: Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

« Ibrahim 6Ibrahim 8 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Berkaitan Dengan Surat Ibrahim Ayat 7

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 7 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran berharga dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjelasan dari para ahli ilmu terkait isi surat Ibrahim ayat 7, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Musa berkata kepada mereka, ”dan ingatlah ketika tuhan kalian memberitahukan dengan pemberitahuan yang tegas, ’jika kalian beryukur kepadaNya atas nikmat-nikmatNya, pastilah Dia akan memberikan tambahan karunia kepada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat-nikmat Allah, niscaya dia benar-benar akan menyiksa kalian dengan siksaan yang pedih.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

7. Musa juga berkata kepada mereka: “Dan ingatlah ketika Allah menyampaikan dengan tegas: ‘Sungguh jika kalian bersyukur kepada-Ku dengan perkataan dan perbuatan atas segala kenikmatan yang telah Aku berikan kepada kalian, niscaya Aku pasti menambah kenikmatan itu. Dan sungguh jika kalian mengingkari kenikmatan-kenikmatan tersebut, maka Aku akan mengazab kalian dengan azab yang keras’.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. Musa berkata kepada mereka, “Ingatlah manakala Rabb kalian memberitahu kalian secara pasti, jika kalian bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat-Nya yang telah Dia berikan kepada kalian, niscaya Dia akan menambahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kalian. akan tetapi jika kalian mengingkari nikmat-nikmat-Nya atas kalian dan kalian tidak mensyukurinya, maka azab Allah atas siapa yang mengingkari nikmat-nikmat-Nya dan tidak mensyukurinya benar-benar berat.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

7. وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ (Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan)
Yakni katika Allah menyeru agar kalian mendengar dan memahami firman-Nya.

لَئِن شَكَرْتُمْ(Sesungguhnya jika kamu bersyukur)
Yakni jika kalian mensyukuri kenikmatan yang Aku berikan kepada kalian sebagaimana yang telah disebutkan.

لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ( pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu)
Niscaya Aku akan menambah ketaatanmu kepada-Ku dan menambah kenikmatan-Ku.

وَلَئِن كَفَرْتُمْ(dan jika kamu mengingkari)
Dan jika kalian mengingkari hal itu.

إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ(maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih)
Sehingga kalian akan ditimpa oleh azab itu.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Mintalah sesuatu yang kedudukannya paling tinggi dan urutannya paling diimpikan oleh setiap orang namun semuanya harus dengan ketaatan kepada Allah; karena sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada siapapun dari kebaikannya kecuali dengan ketaatan kepada-Nya, dan barangsiapa yang tetap berada di jalan yang diinginkan oleh Allah, niscaya Allah akan menjadi penolong baginya untuk menggapai apa yang ia inginkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7. Ingatlah juga, tatkala Tuhanmu mengumumkan dan mengabarkan kepada kalian dengan sangat jelas; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur dengan mengesakan dan melakukan ketaatan, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih bagi mereka yang durhakan dan kufur”.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ketika Tuhan kalian memaklumkan} memberikan pemakluman dengan pasti {Sungguh jika kalian bersyukur, maka Aku akan menambah kepada kalian, tetapi jika kalian ingkar} menyangkal nikmatKu {sesungguhnya azabKu benar-benar sangat keras”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

7. Dia berkata kepada kaumnya untuk menghimbau mereka supaya mensyukuri nikmat-nikmat Allah “Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan,” maksudnya memberi tahukan dan menjanjikan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu”, dari nikmat-nikmatKu. “Dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih”, dan diantara bentuk siksaNya, adalah Allah akan melenyapkan nikmat yang telah Allah curahkan dari mereka. Bersyukur hakikatnya, pengakuan hati terhadap nikmat-nikmat Allah dan menyanjung Allah karenanya, serta mempergunakannya dalam keridhaan Allah. Sementara pengingkaran terhadap nikmat Allah mempunyai pengertian yang berlawanan dengannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 6-8
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Musa ketika dia mengingatkan kaumnya kepada hari-hari Allah yang mereka alami dan nikmat-nikmatNya atas mereka, yaitu ketika Allah menyelamatkan mereka dari Fir'aun dan para pengikutnya, dan dari siksaan dan penghinaan yang menimpa mereka, dimana Fir'aun dan para pengikutnya menyembelih anak laki-laki mereka, dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka, lalu Allah menyelamatkan mereka dari hal itu. Ini merupakan nikmat yang agung. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan pada yang demikian itu ada cobaan yang besar dari Tuhanmu) yaitu nikmat yang agung dariNya kepada kalian dalam hal itu. Kalian tidak mampu mensyukurinya. Dikatakan bahwa yang dimaksud adalah apa yang dilakukan kaum Fir'aun kepada mereka berupa (ujian) yaitu ujian yang besar bagi mereka. Bisa pula bahwa maknanya adalah ini dan itu. Hanya Allah yang lebih mengetahui. sebagaimana firman Allah: (Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik itu dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran)) (Surah Al-A'raf: 168). Firman Allah: (Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan) yaitu memaklumkan dan memberitahukan janjiNya kepada kalian. Bisa juga bahwa ketika Tuhan kalian bersumpah dengan menyebut keagungan, ketinggian, dan kebesaranNya. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memberitahukan bahwa sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat) (Surah Al-A'raf: 167) Allah berfirman di sini: (Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian) yaitu Sungguh jika kalian mensyukuri nikmatKu atas kalian, pasti Aku akan menambahkannya (dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku)) yaitu kalian mengingkari nikmat-nikmat itu dan kalian menyembunyikan serta menentangnya (maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih) yaitu dengan mencabutnya dari mereka, dan menghukum mereka karena mengingkarinya. Disebutkan dalam sebuah hadits: (Sesungguhnya seorang hamba benar-benar terhalang dari rezeki(nya) disebabkan dosa yang dikerjakannya”
Firman Allah: (Dan Musa berkata, "Jika kalian dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (8)) Dia Maha Kaya dari syukur hamba-hambaNya, dan Dia Maha Terpuji, sekalipun Dia diingkari oleh orang yang mengingkariNya. Sebagaimana Allah berfirman: (Jika kalian kafir, maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman) kalian) (Surah Az-Zumar: 7) dan (lalu mereka ingkar dan berpaling, dan Allah tidak memerlukan (mereka). Dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji) (Surah At-Taghabun: 6)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ) wa idz ta’adzdzana rabbukum : ketika Rabbmu memaklumatkan.

Makna ayat :
Firman-Nya : (وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ) “ketika Rabbmu memaklumatkan” ini adalah perkataan Musa kepada Bani Israil, yaitu ingatkanlah mereka ketika Rabbmu bersumpah kepada kalian (لَئِن شَكَرۡتُمۡ) “seandainya kalian bersyukur” atas nikmat-nikmat-Ku dengan beribadah kepada-Ku dan mengesakan-Ku dalam ibadah, mentaati-Ku dan utusan-Ku dengan mengikuti perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan (لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ) “niscaya pasti Aku akan menambahnya” kenikmatan dan kebahagiaan (وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ) “dan jika kalian ingkar” tidak bersyukur atas nikmat-nikmat-Ku, bermaksiat kepada-Ku dan rasul-Ku, niscaya akan Ku cabut kenikmatan itu dari kalian dan Aku menyiksa kalian dengan hilangnya kenikmatan tersebut. (إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ) “Sungguh azab-Ku sangatlah pedih.” Maka berhati-hatilah darinya dan takutlah kepada-Ku.

Pelajaran dari ayat :
• Janji Allah ta’ala akan tambahan nikmat bagi yang bersyukur atas nikmat Allah kepadanya.
• Ingkar kepada nikmat merupakan sebab hilangnya kenikmatan itu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 7: Mendorong mereka untuk bersyukur.

Terhadap nikmat-Ku dengan bertauhid dan taat. Syaikh As Sa’diy menerangkan tentang pengertian syukur, yaitu mengakui dengan hati nikmat Allah, memuji Allah terhadapnya, dan mengarahkan nikmat tersebut untuk mencari ridha Allah Ta’ala, sedangkan kufur adalah kebalikan dari itu.

Dengan tetap kafir, syirk dan berbuat maksiat.

Termasuk di antaranya adalah dengan mencabut nikmat yang diberikan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 7

Dan ingatlah pula ketika tuhanmu memaklumkan suatu maklumat yang dikukuhkan, sesungguhnya aku bersumpah, jika kamu bersyukur atas nikmat-nikmat-ku kepadamu, niscaya aku akan menambah kepadamu nikmat lebih banyak lagi, tetapi sebaliknya, jika kamu mengingkari nikmat-ku, maka pasti azab-ku sangat berat. Dan musa berkata untuk mengingatkan kaumnya bahwa mensyukuri nikmat Allah bukanlah untuk kepentingan Allah, jika kamu dan orang yang ada di bumi ini semuanya mengingkari nikmat Allah, maka sesungguhnya Allah mahakaya sehingga keingkaran mereka tidak akan sedikit pun mengurangi kekayaan-Nya, maha terpuji atas segala hal yang terjadi di alam semesta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait makna dan arti surat Ibrahim ayat 7 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk ummat. Bantu perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dicari

Nikmati ratusan konten yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Shad 54, Do’a Sholat Dhuha, Al-Ikhlas, Al-Kahfi, Ayat Kursi, Al-Kautsar. Termasuk Al-Mulk, Asmaul Husna, Al-Baqarah, Al-Waqi’ah, Ar-Rahman, Yasin.

  1. Shad 54
  2. Do’a Sholat Dhuha
  3. Al-Ikhlas
  4. Al-Kahfi
  5. Ayat Kursi
  6. Al-Kautsar
  7. Al-Mulk
  8. Asmaul Husna
  9. Al-Baqarah
  10. Al-Waqi’ah
  11. Ar-Rahman
  12. Yasin

Pencarian: surat al baqarah, al falaq, surat waqiah, al isra ayat 32, al insyirah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: