Surat Ibrahim Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَا ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ بِعَزِيزٍ

Arab-Latin: Wa mā żālika 'alallāhi bi'azīz

Artinya: Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah.

« Ibrahim 19Ibrahim 21 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Dengan Surat Ibrahim Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan kumpulan penafsiran dari beragam mufassirin terhadap isi surat Ibrahim ayat 20, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan tidaklah penghancuran kalian dan mendatangkan orang-orang selain kalian merupakan hal yang mustahil bagi Allah, bahkan merupakan perkara mudah lagi ringan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Membinasakan kalian dan mendatangkan kaum yang baru selain kalian bukan sesuatu yang sulit bagi Allah, karena Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang melemahkan-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. وَمَا ذٰلِكَ عَلَى اللهِ بِعَزِيزٍ (dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah)
Yakni mendatangkan makhluk yang lain bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bagi Allah, karena Dia berkuasa atas segala sesuatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

20. Yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dengan kata kun jadilah, maka jadi (Albaqarah 117 dan surah-surah lainnya)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Yang demikian itu bagi Allah tidak sulit} tidak dapat dicegah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

20. “Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah”, maksudnya, tidak mustahil , bahkan merupakan perkara mudah sekali bagiNya.
"Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Luqman:28)
"Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya." (Ar-Rum:27).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 19-20
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kekuasaanNya dalam menghidupkan kembali tubuh pada hari kiamat, bahwa Dia adalah Dzat yang menciptakan langit dan bumi yang keduanya lebih berat daripada penciptaan manusia. Maka bukankah Dzat yang mampu menciptakan langit yang tinggi, luas, dan agung serta apa yang ada di dalamnya, berupa bintang-bintang yang tetap pada tempatnya dan yang beredar pada garis edarnya serta tanda-tanda yang ada padanya, dan bumi ini serta segala sesuatu yang ada padanya, berupa dataran rendah, gunung-gunung, hutan, padang pasir, lautan, pepohonan, tumbuh-tumbuhan; dan hewan-hewan yang beragam jenis, manfaat, bentuk dan warnanya (Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya, (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu (23)) (Surah Al-Ahqaf)
Firman Allah: (Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kalian dan mengganti (kalian) dengan makhluk yang baru (19) dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah (20))
yaitu dengan keagunganNya tidak ada yang menghalangiNya bahwa Dia sangat mudah melakukannya. Jika kalian menentang perintahNya, maka Dia melenyapkan kalian dan mendatangkan makhluk lain yang memiliki sifat lain selain kalian, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Hai manusia, kalianlah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah, Dialah Yang Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji (15) Jika Dia menghendaki, niscaya Dia memusnahkan kalian dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikan kalian) (16) Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah (17)) (Surah Fathir)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (وَمَا ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ بِعَزِيزٖ) wa maa dzaalika ‘alallaahi bi ‘aziiz : “tidaklah hal itu sulit bagi Allah.” Kesulitan yang tidak bisa dikerjakan.

Makna ayat :
(وَمَا ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ بِعَزِيزٖ ) “dan hal itu tidaklah sulit bagi Allah.” Bukan perkara yang Dia tidak mampu atau sulit, karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Pelajaran dari ayat :
• Azab bagi pelaku kekufuran, syirik, dan kezaliman adalah pasti, karena mereka tidak mengingat (Allah) dan tidak bersyukur (kepada-Nya), karena syukur dan dzikir adalah sebab wujud segalanya, seandainya mereka menyia-nyiakan hidup, maka mereka pantas untuk diazab selamanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 20: Bahkan hal itu mudah bagi-Nya. Allah Subhaanahu wa Ta'aala juga berfirman di ayat lain, “Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha melihat.” (Terj. Luqman: 28)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 20

Dan ketahuilah, yang demikian itu, yakni menggantimu dengan makhluk yang lebih baik dan lebih sempurna adalah hal yang tidak sukar bagi Allah. Semua makhluk pasti akan merasakan kematian. Dan setelah mati, mereka semua di padang mahsyar akan berkumpul untuk menghadap ke hadirat Allah guna mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. Setelah mereka berkumpul lalu orang yang lemah'para pengikut orang kafir'berkata kepada orang yang sombong'pemimpin mereka di dunia, sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu dalam mendustakan para nabi dan rasul, maka dapatkah kamu pada hari ini menghindarkan kami dari azab Allah yang sangat pedih ini, walaupun sedikit saja, seperti janji kamu dahulu' mereka menjawab, sekiranya Allah memberi petunjuk kepada kami untuk beriman, niscaya kami dapat memberi petunjuk kepadamu dan membimbing kamu menuju keselamatan. Akan tetapi kita lebih memilih jalan kesesatan sehingga hari ini sama saja bagi kita, apakah kita mengeluh atau bersabar. Kita semua tidak mempunyai tempat sedikit pun untuk melarikan diri dari siksa Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan isi dan arti surat Ibrahim ayat 20 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Sokong dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Banyak Dibaca

Tersedia ratusan halaman yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Naziat, Al-Ma’idah 3, Al-Lahab, An-Nashr, Al-Kahfi 1-10, Yusuf. Serta An-Nisa 59, Quraisy, Bismillah, Al-Qari’ah, Az-Zumar 53, Al-‘Ashr.

  1. An-Naziat
  2. Al-Ma’idah 3
  3. Al-Lahab
  4. An-Nashr
  5. Al-Kahfi 1-10
  6. Yusuf
  7. An-Nisa 59
  8. Quraisy
  9. Bismillah
  10. Al-Qari’ah
  11. Az-Zumar 53
  12. Al-‘Ashr

Pencarian: arti surah al ashr, al hujarat ayat 10, arti surat al qariah, ayat al quran tentang bersyukur, ar-rahman artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: