Surat Ibrahim Ayat 49

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَتَرَى ٱلْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ مُّقَرَّنِينَ فِى ٱلْأَصْفَادِ

Arab-Latin: Wa taral-mujrimīna yauma`iżim muqarranīna fil-aṣfād

Artinya: Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu.

« Ibrahim 48Ibrahim 50 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Tentang Surat Ibrahim Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran berharga dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penjelasan dari para mufassirin berkaitan makna surat Ibrahim ayat 49, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kamu wahi rasul, dapat menyaksikan orang-orang yang gemar berbuat dosa pada hari kiamat dalam keadaan terikat dengan tali-tali pengikat, sedang tangan-tangan dan kaki-kaki mereka dirantai menjadi satu dengan belenggu-belenggu, sedang mereka berada dalam kehinaan dan kerendahan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

49-51. Dan kamu akan melihat pada hari kiamat orang-orang yang berdosa diikat kaki dan tangan mereka dengan rantai besi yang kuat, dan mereka memakai pakaian dari ter, yaitu materi hitam yang mudah terbakar dan berbau menyengat; dan wajah mereka tertutupi api neraka.

Manusia akan keluar dari kubur mereka agar Allah membalas amal perbuatan mereka; membalas orang baik dengan kebaikan dan membalas orang jahat dengan keburukan. Sungguh Allah sangat cepat hisab-Nya terhadap seluruh makhluk.

Syeikh as-Syinqithi berkata, dalam firman Allah (وتغشى وجوههم النار) dijelaskan bahwa pada hari kiamat, api neraka akan menutupi dan membakar wajah orang-orang kafir; dan dalam ayat-ayat lain dijelaskan:

تلفح وجوههم النار وهم فيها كالحون
Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat. (Al-Mu’minun: 104)

لو يعلم الذين كفروا حين لا يكفون عن وجوههم النار ولا عن ظهورهم ولا هم ينصرون
Andaikata orang-orang kafir itu mengetahui, waktu (di mana) mereka itu tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka, sedang mereka (tidak pula) mendapat pertolongan, (tentulah mereka tiada meminta disegerakan). (Al-Anbiya’: 39)


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49 dan 50. Kamu -wahai Rasul- melihat pada hari di mana bumi diganti dengan bumi lain, langit-langit diganti dengan lainnya, orang-orang kafir dan orang-orang musyrikin dibelenggu, sebagian diikat dengan sebagian lainnya, tangan-tangan dan kaki-kaki mereka dibelenggu ke leher mereka dengan rantai, pakaian yang mereka kenakan adalah belangkin (ter) yang sangat mudah terbakar, api neraka meliputi wajah-wajah mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. وَتَرَى الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ مُّقَرَّنِينَ فِى الْأَصْفَادِ (Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu)
Kamu akan melihat orang-orang musyrik di hari kiamat dibelenggu satu sama lain. Atau dibelenggu bersama setan-setan. Atau tangan mereka di ikat ke kaki mereka dengan belenggu dan rantai.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Saat itu pada kari kiamat, kamu akan melihat orang-orang kafir diikat dengan rantai. Masing-masing mereka diikat dengan setan yang menggoda mereka. Al-Ashfad adalah ikatan rantai yang diletakkan di kedua tangan dan kaki


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari itu} hari kiamat {kamu akan melihat orang-orang yang berdosa diikat dengan belenggu} mereka diikat satu sama lain dengan ikatan dan belenggu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. “Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa”, yaitu orang-orang yang melekat padanya ciri kejahatan dan banyak dosa pada hari itu “diikat bersama-sama dengan belenggu”, maksudnya setiap orang yang berbuat dosa dirantai dengan belenggu dari neraka. Mereka pun digiring menuju siksaan dalam kondisi yang sangat nista, buruk, lagi menjijikan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 49-51
Allah SWT berfirman: (pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan (begitu pula) langit) dan semua makhluk menghadap kepadaNya. Pada hari itu kamu akan melihat wahai Muhammad, keadaan orang-orang yang berbuat dosa, mereka dihukum akibat dari kekafiran dan kerusakan mereka (bersama-sama diikat), yaitu sebagiam mereka berkata kepada lainnya, yaitu mereka yang telah berbuat kekafiran dan kefasikan (berdampingan satu sama lain) yaitu rupa, bentuk mereka saling dipasangkan satu sama lain setiap jenisnya, Sebagaimana Allah SWT berfirman ((Diperintahkan kepada malaikat), “Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka) (Surah Ash-Shaffat: 22), (dan apabila roh-roh dipertemukan (dengan tubuh) (7)) (Surah At-Takwir), dan (Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka dengan dibelenggu, mereka di sana berteriak mengharapkan kebinasaan (13)) (Surah Al-Furqan) serta (dan (Kami tundukkan pula kepadanya) setan-setan, semuanya ahli bangunan dan penyelam (37) dan (setan) yang lain yang terikat dalam belenggu (38)) (Surah Shad) kata “Al-Ashfad” adalah belenggu. Penadapat ini dikatakan oleh Ibnu Abbas, Sa’id bin Jubair, Al-A’masy, dan Abdurrahman bin Zaid, dan itu merupakan yang dikenal dari segi bahasanya. Amr bin Kultsum berkata:
“Mereka kembali dengan harta rampasan dan tawanan, dan kita kembali dengan kekuasaan yang meliputi kita”
Firman Allah (Pakaian mereka dari cairan panas) yaitu pakaian yang mereka kenakan itu dari cairan panas, yaitu cairan yang digunakan untuk menandai unta. Pendapat ini dikatakan oleh Qatadah, yaitu meleburkan sesuatu menggunakan api
Dikatakan bahwa itu adalah “Qathiraan” yaitu dengan difathah huruf qafnya dan dikasrah dan disukun huruf tha’nya, serta dengan dikasrah huruf qafnya dan disukun huruf tha’nya. Salah satunya adalah perkataan Abu AN-Najm:
“Seperti cairan panas yang ketika melaluinya, angin akan membawanya ke arahnya”
Ibnu Abbas berkata bahwa “Qithran” adalah tembaga yang meleleh, Ini juga bisa dibaca “saraabiluhum min qatrin aan” yaitu dari tembaga panas yang mencapai puncak kepanasannya" Demikian juga diriwayatkan dari Mujahid, Ikrimah, Sa'id bin Jubair, Al-Hasan, dan Qatadah.
Firman Allah: (dan wajah mereka ditutup oleh api neraka) sebagaimana firmanNya, (Wajah mereka dibakar api neraka, dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat(104)) (Surah Al-Mu’minun).
Firman Allah: (agar Allah memberi balasan kepada setiap orang terhadap apa yang dia usahakan) yaitu pada hari kiamat. Isebagaimana Allah SWT berfirman ((Dengan demikian) Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga)) (Surah An-Najm: 31)
(Sungguh, Allah Maha cepat perhitungan-Nya) Bisa juga maknanya sebagaimana firmanNya (Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat) (1)) (Surah Al-Anbiya’) dan bisa jga bahwa DIa itu dalam menghisab hambaNya sangat cepat selesainya karena Dia mengetahui segala sesuatu, dan tidak ada satupun hal yang tersembunyi dariNya. Sesungguhnya semua makhluk dibandingkan dengan kuasaNya itu seperti satu orang saja, sebagaimana firmanNya (Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah)) (Surah Luqman: 28). Ini adalah makna dari pendapat Mujahid tentang firmanNya (Maha cepat perhitungan-Nya) yaitu perhitunganNya. Bisa juga bahwa itu mengandung dua makna yang dikehendaki. Hanya Allah yang lebih mengetahui.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(مُّقَرَّنِينَ) muqarraniin : tangan dan kaki mereka terikat ke tengkuk mereka.
(فِي ٱلۡأَصۡفَادِ) fil ashfaad : al-ashfaad bentuk jamak dari shafad, yaitu ikatan dari tali atau yang lainnya.

Makna ayat :
(وَتَرَى ٱلۡمُجۡرِمِينَ) “Dan engkau akan melihat pada hari itu, orang-orang yang dosa” wahai Rasul Kami, engkau akan melihat (مُّقَرَّنِينَ فِي ٱلۡأَصۡفَادِ) “diikat dengan belenggu.” Tangan dan kaki diikat ke leher mereka, mereka adalah orang-orang yang berbuat dosa syirik, zalim, keburukan, dan kerusakan, mereka berbuat kejahatan kepada diri mereka sendiri dahulu, kemudian kepada orang lain, sama saja entah ia termasuk yang berbuat zalim kepada yang lain dengan mengganggu mereka atau membawa dan mengajak mereka menuju kesyirikan, semuanya telah berbuat kejahatan atas hak-hak mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 49: Yakni orang-orang yang dosa menjadi sifatnya karena sering melakukannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 49

Pada hari itu engkau atau siapa pun akan melihat orang yang berdosa bersama-sama dengan rekan-rekan mereka, diikat dengan belenggu yang panas membara. Pakaian mereka terbuat dari cairan aspal yang mempercepat pembakaran, dan wajah mereka ditutup oleh kobaran api neraka yang menyalanyala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari kalangan mufassirin terkait makna dan arti surat Ibrahim ayat 49 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Sokong kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dibaca

Kami memiliki berbagai halaman yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’un, At-Tin, Alhamdulillah, Al-Fath, Inna Lillahi, Al-Baqarah 183. Ada pula Al-Bayyinah, Ali ‘Imran 159, Al-Fil, Al-Insyirah, Yusuf 4, Al-‘Alaq.

  1. Al-Ma’un
  2. At-Tin
  3. Alhamdulillah
  4. Al-Fath
  5. Inna Lillahi
  6. Al-Baqarah 183
  7. Al-Bayyinah
  8. Ali ‘Imran 159
  9. Al-Fil
  10. Al-Insyirah
  11. Yusuf 4
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: al kautsar ayat 3, nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan, surat ar-ra'd ayat 11, al araf 31, al mulj

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: