Surat Ibrahim Ayat 50

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٍ وَتَغْشَىٰ وُجُوهَهُمُ ٱلنَّارُ

Arab-Latin: Sarābīluhum ming qaṭirāniw wa tagsyā wujụhahumun-nār

Artinya: Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka,

« Ibrahim 49Ibrahim 51 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Dengan Surat Ibrahim Ayat 50

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 50 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penjelasan dari para mufassirin mengenai kandungan surat Ibrahim ayat 50, sebagiannya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Pakaian-pakaian mereka berasal dari cairan teer yang teramat mendidih, dan api neraka menutupi waajah mereka lalu membakarnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49 dan 50. Kamu -wahai Rasul- melihat pada hari di mana bumi diganti dengan bumi lain, langit-langit diganti dengan lainnya, orang-orang kafir dan orang-orang musyrikin dibelenggu, sebagian diikat dengan sebagian lainnya, tangan-tangan dan kaki-kaki mereka dibelenggu ke leher mereka dengan rantai, pakaian yang mereka kenakan adalah belangkin (ter) yang sangat mudah terbakar, api neraka meliputi wajah-wajah mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50. سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٍ (Pakaian mereka adalah dari pelangkin)
Yakni pakaian mereka dari ter panas yang dioleskan di kulit mereka. Dipakai ter karena sangat mudah terbakar dan memiliki bau busuk yang menyengat.

وَتَغْشَىٰ وُجُوهَهُمُ النَّارُ (dan muka mereka ditutup oleh api neraka)
Wajah mereka terbakat karena diliputi api neraka. Allah menyebutkan wajah karena ia adalah anggota badan yang paling mulia dan terdapat berbagai panca indra.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Hikmah dibalik pemilihan ( قطران ) pelankin sebagai pakaian penghuni neraka dalam ayat ini karena jenis itu memiliki kekhususan yang unik : panas jika digunakan dikulit, cepat menyala ketika didekatkan dengan api, baunya yang busuk, warnyanya yang hitam. Namun ketahuilah bahwa perbedaan antara benda ini ketika di dunia dan di akhirat, seperti perbedaan antara api dunia dan api neraka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

50. Pakaian mereka dari Qathran (sesuatu hitam yang berbau busuk) yang melapisi kulit-kulit mereka. Api menyala-nyala sampai wajah mereka dan membakar jasad mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Pakaian mereka} pakain mereka {dari cairan} bahan berwarna hitam yang berbau busuk dan menyala-nyala {dan wajah mereka ditutup} ditutup {api neraka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

50. “Pakaian mereka”, yaitu pakaian-pakaian mereka “adalah dari cairan ter”, hal itu karena begitu dahsyatnya nyala neraka di tengah mereka, tingkat suhu panasnya serta kebusukan bau, “dan muka mereka ditutup”, yang merupakan bagian yang paling mulia pada raga mereka “oleh api neraka”, api mengitarinya, membakarnya dari segala sisi. Sudah tentu, bagian selain wajah akan lebih parah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 49-51
Allah SWT berfirman: (pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain, dan (begitu pula) langit) dan semua makhluk menghadap kepadaNya. Pada hari itu kamu akan melihat wahai Muhammad, keadaan orang-orang yang berbuat dosa, mereka dihukum akibat dari kekafiran dan kerusakan mereka (bersama-sama diikat), yaitu sebagiam mereka berkata kepada lainnya, yaitu mereka yang telah berbuat kekafiran dan kefasikan (berdampingan satu sama lain) yaitu rupa, bentuk mereka saling dipasangkan satu sama lain setiap jenisnya, Sebagaimana Allah SWT berfirman ((Diperintahkan kepada malaikat), “Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka) (Surah Ash-Shaffat: 22), (dan apabila roh-roh dipertemukan (dengan tubuh) (7)) (Surah At-Takwir), dan (Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka dengan dibelenggu, mereka di sana berteriak mengharapkan kebinasaan (13)) (Surah Al-Furqan) serta (dan (Kami tundukkan pula kepadanya) setan-setan, semuanya ahli bangunan dan penyelam (37) dan (setan) yang lain yang terikat dalam belenggu (38)) (Surah Shad) kata “Al-Ashfad” adalah belenggu. Penadapat ini dikatakan oleh Ibnu Abbas, Sa’id bin Jubair, Al-A’masy, dan Abdurrahman bin Zaid, dan itu merupakan yang dikenal dari segi bahasanya. Amr bin Kultsum berkata:
“Mereka kembali dengan harta rampasan dan tawanan, dan kita kembali dengan kekuasaan yang meliputi kita”
Firman Allah (Pakaian mereka dari cairan panas) yaitu pakaian yang mereka kenakan itu dari cairan panas, yaitu cairan yang digunakan untuk menandai unta. Pendapat ini dikatakan oleh Qatadah, yaitu meleburkan sesuatu menggunakan api
Dikatakan bahwa itu adalah “Qathiraan” yaitu dengan difathah huruf qafnya dan dikasrah dan disukun huruf tha’nya, serta dengan dikasrah huruf qafnya dan disukun huruf tha’nya. Salah satunya adalah perkataan Abu AN-Najm:
“Seperti cairan panas yang ketika melaluinya, angin akan membawanya ke arahnya”
Ibnu Abbas berkata bahwa “Qithran” adalah tembaga yang meleleh, Ini juga bisa dibaca “saraabiluhum min qatrin aan” yaitu dari tembaga panas yang mencapai puncak kepanasannya" Demikian juga diriwayatkan dari Mujahid, Ikrimah, Sa'id bin Jubair, Al-Hasan, dan Qatadah.
Firman Allah: (dan wajah mereka ditutup oleh api neraka) sebagaimana firmanNya, (Wajah mereka dibakar api neraka, dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat(104)) (Surah Al-Mu’minun).
Firman Allah: (agar Allah memberi balasan kepada setiap orang terhadap apa yang dia usahakan) yaitu pada hari kiamat. Isebagaimana Allah SWT berfirman ((Dengan demikian) Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga)) (Surah An-Najm: 31)
(Sungguh, Allah Maha cepat perhitungan-Nya) Bisa juga maknanya sebagaimana firmanNya (Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat) (1)) (Surah Al-Anbiya’) dan bisa jga bahwa DIa itu dalam menghisab hambaNya sangat cepat selesainya karena Dia mengetahui segala sesuatu, dan tidak ada satupun hal yang tersembunyi dariNya. Sesungguhnya semua makhluk dibandingkan dengan kuasaNya itu seperti satu orang saja, sebagaimana firmanNya (Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah)) (Surah Luqman: 28). Ini adalah makna dari pendapat Mujahid tentang firmanNya (Maha cepat perhitungan-Nya) yaitu perhitunganNya. Bisa juga bahwa itu mengandung dua makna yang dikehendaki. Hanya Allah yang lebih mengetahui.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (سَرَابِيلُهُم) saraabiiluhum : pakaian mereka yang mereka kenakan dari aspal.

Makna ayat :
(سَرَابِيلُهُم) “Pakaian mereka” baju mereka yang mereka pakai (مِّن قَطِرَانٖ) “dari pelangkin (ter)” bahan yang digunakan untuk melumuri unta, cairan hitam yang dapat membakar tubuh, atau tembaga jika ayat ini dibaca : (قِطْرٍ آنٍ) yaitu dari tembaga yang dipanaskan hingga level panas tertinggi. (وَتَغۡشَىٰ وُجُوهَهُمُ ٱلنَّارُ) “dan wajah mereka ditutupi api neraka.” Api nereka menutupi wajah mereka, mereka lah orang-orang yang telah berbuat kejahatan di dunia dengan kesyirikan dan maksiat. Inilah balasan bagi mereka pada hari kiamat nanti, Allah memperlakukan mereka seperti ini.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 50: Karena ia lebih cepat menyalakan api, panas dan bau.

Yang merupakan anggota badan yang paling mulia. Jika muka sampai ditutupi api, lalu bagaimana dengan anggota badan yang lain, wal ‘iyaadz billah. Yang demikian bukanlah karena Allah Ta’ala zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang menzalimi dirinya sendiri. Oleh karena itu Dia berfirman pada ayat selanjutnya, “Agar Allah memberi balasan kepada setiap orang terhadap apa yang dia usahakan” baik perbuatan baik maupun perbuatan buruk dengan adil yang tidak diselipi kezaliman sedikit pun.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 50

Pakaian mereka terbuat dari cairan aspal yang mempercepat pembakaran, dan wajah mereka ditutup oleh kobaran api neraka yang menyalanyala. Itu semua dilakukan agar Allah terbukti memberi balasan kepada setiap orang durhaka terhadap apa yang telah dia usahakan di dunia. Sungguh, Allah mahacepat perhitungan-Nya, mahatepat, dan mahaadil.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penafsiran dari banyak mufassirun mengenai kandungan dan arti surat Ibrahim ayat 50 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Sering Dicari

Kami memiliki berbagai konten yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 2, Al-Baqarah 284-286, Yasin 40, Al-Fatihah 1, Ali ‘Imran 191, Assalaamualaikum. Ada pula Al-Fatihah 7, Luqman 13-14, Al-A’raf, Ali ‘Imran 104, Yunus 41, Al-Baqarah 216.

  1. Al-Fatihah 2
  2. Al-Baqarah 284-286
  3. Yasin 40
  4. Al-Fatihah 1
  5. Ali ‘Imran 191
  6. Assalaamualaikum
  7. Al-Fatihah 7
  8. Luqman 13-14
  9. Al-A’raf
  10. Ali ‘Imran 104
  11. Yunus 41
  12. Al-Baqarah 216

Pencarian: al-anbiya, surat yusuf ayat 108, surat az zumar ayat 9, surat ali imran ayat 26, qs al-baqarah ayat 153

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: