Surat Al-Hijr Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

الٓر ۚ تِلْكَ ءَايَٰتُ ٱلْكِتَٰبِ وَقُرْءَانٍ مُّبِينٍ

Arab-Latin: Alif lām rā, tilka āyātul-kitābi wa qur`ānim mubīn

Artinya: Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab (yang sempurna), yaitu (ayat-ayat) Al Quran yang memberi penjelasan.

« Ibrahim 52Al-Hijr 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasikan variasi penjabaran dari banyak pakar tafsir terkait isi surat Al-Hijr ayat 1, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Alif lam ra.
keterangan tentang huruf-huruf yang terputus-putus (diawal surat) telah berlalu di muka pada permulaan surat al-baqarah.
Ayat-ayat yang agung itu adalah ayat-ayat kitab suci yang mulia (al-qur’an) yang diturunkan pada Muhammad . Yaitu ayat-ayat al-qur’an yang menerangkan semua hakikat perkara dengan sebenarnya, dengan ungkapan terbaik dan paling jelas serta paling tepat menunjukan apa yang dimaksud. Yang dimaksud dengan kitab adalah al-qur’an, Allah memadukan baginya dua nama ini.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1. Pada awal surat al-Baqarah telah disebutkan penjelasan tentang huruf muqattha’ah, dan hikmah dari huruf-huruf ini adalah untuk menjelaskan mukjizat al-Qur’an.

Ayat-ayat yang mulia ini adalah bagian dari ayat-ayat kitab yang sempurna yaitu al-Qur’an yang memiliki lafadz yang fasih dan makna yang jelas.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Alif Lām Rā. Penjelasan tentang huruf-huruf seperti ini telah disebutkan di awal surah Al-Baqarah. Ayat-ayat ini berkedudukan tinggi yang menunjukkan bahwa ia diturunkan dari sisi Allah. Itulah ayat-ayat Al-Qur`ān yang menjelaskan Tauhid dan syariat-syariat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. تِلْكَ ((Surat) ini)
Kata ini ditujukan pada ayat-ayat yang terkandung dalam surat ini.
Dan kata al-Kitab yakni al-Qur’an. Allah mengumpulkan dua nama tersebut dalam ayat ini.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1. Alif, laam, raa. Surat ini adalah sebagian dari ayat-ayat Alquran yang sempurna dalam berbagai segi, yaitu ayat-ayat yang jelas dan memberi penjelasan. Kumpulan dari dua kata quran dan kitab yang menunjukkan rentetan sifat dan mausuf. Penakirahan kata Alquran adalah untuk pengagungan.


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. Allah berfirman untuk mengagungkan kitabNya lagi untuk memujinya, ”surat ini adalah (sebagian dari) ayat ayat al kitab (yang sempurna)” ayat ayat yang menunjukan makna makna yang paling bagus dan tuntutan yang paling mulia, ”yaitu (ayat ayat) al qur’an yang memberi penjelasan” untuk fakta fakta dengan lafazh yang terindah dan paling jelas serta lebih mengarah kepada maksud pembicaraan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Pembahasan tentang huruf-huruf hijaiyyah ini telah dijelaskan di permulaan surah-surah. Firman Allah SWT: (Orang-orang yang kafir itu sering kali (nanti di akhirat) meng­inginkan) pemberitahuan tentang mereka bahwa mereka akan menyesali kekafiran mereka, dan mereka hanya bisa berharap seandainya mereka menjadi orang-orang muslim di dunia.
DIkatakan, bahwa yang dimaksud adalah setiap orang kafir ketika didatangkan kepadanya hal itu maka dia menginginkan seandainya dia menjadi orang mukmin sebelumnya.
Dikatakan juga, bahwa ini adalah pemberitahuan tentang hari kiamat, sebagaimana firmanNya: (Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadap­kan ke neraka, lalu mereka berkata, "Kiranya kami dikembali­kan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman" (27)) (Surah Al-An'am) Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud tentang firmanNya (Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim (2)) dia berkata bahwa ini tentang penghuni neraka Jahanam ketika mereka melihat teman-teman mereka keluar dari neraka.
Firman Allah: (Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang) ancaman dan peringatan keras, sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Bersenang-senanglah kalian, karena sesungguhnya tempat kembali kalian ialah neraka”) (Surah Ibrahim: 30)
Firman Allah ("Makanlah dan bersenang-senanglah kalian (di dunia dalam waktu) yang pendek, sesung­guhnya kalian adalah orang-orang yang berdosa” (46))(Surah Al-Mursalat) Oleh karena itu Allah berfirman (dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong)) yaitu dari bertaubat dan kembali (maka kelak mereka akan mengetahui) yaitu akibat perbuatan mereka


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(الٓرۚ) “Alif laam raa” : Allah lebih mengetahui maknanya, tertulis: namun dibaca: Alif Laam Raa.
(تِلۡكَ ءَايَٰتُ ٱلۡكِتَٰبِ) tilka aayaatul kitaab : “Itulah ayat-ayat Al-Kitab” ayat-ayat yang tersusun dari huruf-huruf muqatha’ah ini adalah ayat-ayat Al-Kitab, Al-Qur’an.

Makna ayat:
Karena surat ini termasuk Makiyah, maka membahas perkara-perkara yang berkaitan dengan akidah, yang terbesar adalah tauhid, nubuwah, dan kebangkitan. (الٓرۚ) Alif Laam Raa : Allah lebih mengetahui tentang maksud-Nya, dan di antara faidah huruf muqatha’ah adalah sebagai penarik perhatian pendengar, sehingga mereka fokus kepadanya ketika dibacakan. Karena mereka enggan mendengarkannya, khawatir akan terpengaruh dengannya, oleh karena itu pembuka surat ini yang belum pernah dibuat dalam perkataan mereka dapat membuat mereka terdorong untuk mendengarkan apa yang adalah setelahnya berupa Al-Qur’an. Firman-Nya : (تِلۡكَ ءَايَٰتُ ٱلۡكِتَٰبِ) “Itulah ayat-ayat Al-Kitab” diantara pendapat yang dibolehkan, bahwa: Inilah ayat-ayat yang tersusun dari huruf-huruf seperti (الم) (طسم) (حم) (عسق). “Itulah ayat-ayat Al-Kitab yaitu Al-Qur’an yang memberi penjelasan.” Al-Mubiin : penjelas antara kebenaran dan kebatilan, petunjuk dan kesesatan.

Pelajaran dari ayat:
- Al-Qur’anul Karim adalah penjelas segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengapai kebahagiaan seorang insan dan kesempurnaannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 1: Allah Ta’ala berfirman menyebutkan keagungan Al Qur’an dan pujian-Nya terhadapnya.

Antara yang hak dan yang batil. Ada pula yang menafsirkan dengan, “Menerangkan hakikat yang sebenarnya menggunakan lafaz yang baik, jelas dan menunjukkan kepada maksud,” hal ini menghendaki manusia untuk tunduk dan menerima dengan rasa suka dan gembira. Adapun orang yang menghadapi nikmat yang besar ini dengan menolak atau kafir kepadanya, maka ia tergolong orang-orang yang mendustakan lagi sesat, di mana akan datang kepada mereka waktu yang ketika itu mereka berangan-angan seandainya mereka termasuk orang-orang Islam atau orang-orang yang tunduk dan menerimanya ketika di dunia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 1

Alif laam raa'. Ayat-ayat pada surah ini adalah sebagian dari ayat-ayat kitab yang sempurna, yaitu ayat-ayat Al-Qur'an yang memberi penjelasan. Orang kafir itu suatu saat nanti setelah berada di akhirat kelak kadangkadang menginginkan sekiranya mereka dahulu ketika di dunia menjadi orang muslim.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari para ulama tafsir terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 1 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dilihat

Telaah berbagai konten yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Maryam, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Luqman 13, Yasin 9. Serta Al-Fatihah 6, Al-Ma’idah 32, ‘Abasa, An-Naas, Al-Lail, At-Taubah 40.

  1. Al-Baqarah 285-286
  2. Al-Hujurat 10
  3. Maryam
  4. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  5. Luqman 13
  6. Yasin 9
  7. Al-Fatihah 6
  8. Al-Ma’idah 32
  9. ‘Abasa
  10. An-Naas
  11. Al-Lail
  12. At-Taubah 40

Pencarian: surat al anfal ayat 27, surat sabbihis, surah al mujadalah, surat 13, arrohmanirrohim

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: