Surat Al-Hijr Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا۟ وَيَتَمَتَّعُوا۟ وَيُلْهِهِمُ ٱلْأَمَلُ ۖ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: żar-hum ya`kulụ wa yatamatta'ụ wa yul-hihimul-amalu fa saufa ya'lamụn

Artinya: Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka).

« Al-Hijr 2Al-Hijr 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir penting dari ayat ini. Terdokumentasikan beragam penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 3, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai rasul, biarkanlah orang-orang kafir makan dan menikmati kesenagan mereka dengan dunia mereka dan mereka sibuk dengan kerakusan terhadapnya menghanyutkan mereka dari taat kepada Allah. Mereka nanti akan mengetahui kesudahan nasib mereka yang merugi di dunia dan akhirat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

3. Hai Rasulullah, biarkanlah mereka bersenang-senang dengan makan dan minum, tenggelam dalam syahwat dunia, dan sibuk dengan keserakahan dan angan-angan yang panjang sehingga mereka lalai dari ajal yang pasti mendatangi mereka. Kesudahan mereka adalah kerugian di dunia dan di akhirat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Biarkanlah -wahai Rasul- orang-orang yang mendustakan itu makan seperti hewan-hewan makan, menikmati kesenangan-kesenangan dunia yang sesaat, panjang angan-angan telah membuat mereka lalai dari iman dan amal saleh, mereka akan mengetahui kerugian yang mereka alami manakala mereka pulang menghadap Allah pada hari Kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا۟ وَيَتَمَتَّعُوا۟ (Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang)
Ini merupakan ancaman bagi mereka.
Yakni biarkan saja mereka, sebab mereka tidak akan keluar dari kebatilan mereka; dan tinggalkan mereka menyibukkan diri dengan makan dan bersenang-senang dengan kenikmatan dunia, karena mereka seperti hewan ternak yang hanya mementingkan hal tersebut. Dan biarkan mereka terlena dengan kenikmatan itu yang melalaikan mereka dari keimanan kepadamu, kelak mereka akan mengetahui akibat dari perbuatan mereka.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Ahli 'ilmu mengatakan : kata { ذَرْهُمْ } dalam ayat ini sebagai peringatan, dan kata { فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ } adalah peringatan lain; lalu kapan hidup ini akan selamat diantara dua peringatan itu ?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Wahai Nabi, biarkanlah mereka makan dan bersenang-senang dengan dunia ini, serta dilalaikan oleh angan-angan kosong dan menjauh dari keimanan. Maka kelak mereka akan mengetahui akibat perbuatan buruk mereka ketika mendapat balasan akhirat. Ini adalah ancaman bagi mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Biarkanlah mereka} biarkanlah mereka {makan, bersenang-senang, dan dilalaikan oleh angan-angan} disibukkan oleh harapan-harapan karena umur yang panjang, angan-angan yang sampai pada mereka, dan terus-menerus pada keadaan menjauh dari keimanan dan kataatan {Mereka akan mengetahui (akibatnya)


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. “biarkanlah mereka (didunia ini) makan dan bersenang senang” dengan kelezatan kelezatan (hidup) mereka “dan dilalaikan oleh angan angan kosong” maksudnya mengimpikan keabadian hidup di dunia sehingga melalaikan mereka diakhirat ”maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka)” mereka akan mengetahui bahwa keyakinan yang mereka pegangi adalah batil, amalan amalan mereka akan lenyap menjelma kerugian yang mesti mereka tanggung, janganlah mereka terpedaya dengan penangguhan tempo oleh Allah (bagi mereka). ini sudah menjadi ketetapan Allah pada umat umat manusia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Pembahasan tentang huruf-huruf hijaiyyah ini telah dijelaskan di permulaan surah-surah. Firman Allah SWT: (Orang-orang yang kafir itu sering kali (nanti di akhirat) meng­inginkan) pemberitahuan tentang mereka bahwa mereka akan menyesali kekafiran mereka, dan mereka hanya bisa berharap seandainya mereka menjadi orang-orang muslim di dunia.
DIkatakan, bahwa yang dimaksud adalah setiap orang kafir ketika didatangkan kepadanya hal itu maka dia menginginkan seandainya dia menjadi orang mukmin sebelumnya.
Dikatakan juga, bahwa ini adalah pemberitahuan tentang hari kiamat, sebagaimana firmanNya: (Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadap­kan ke neraka, lalu mereka berkata, "Kiranya kami dikembali­kan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman" (27)) (Surah Al-An'am) Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud tentang firmanNya (Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim (2)) dia berkata bahwa ini tentang penghuni neraka Jahanam ketika mereka melihat teman-teman mereka keluar dari neraka.
Firman Allah: (Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang) ancaman dan peringatan keras, sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Bersenang-senanglah kalian, karena sesungguhnya tempat kembali kalian ialah neraka”) (Surah Ibrahim: 30)
Firman Allah ("Makanlah dan bersenang-senanglah kalian (di dunia dalam waktu) yang pendek, sesung­guhnya kalian adalah orang-orang yang berdosa” (46))(Surah Al-Mursalat) Oleh karena itu Allah berfirman (dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong)) yaitu dari bertaubat dan kembali (maka kelak mereka akan mengetahui) yaitu akibat perbuatan mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(َيَتَمَتَّعُواْ) wa yatamata’uu : “dan bersenang-senang” dengan kelezatan dan syahwat.
(وَيُلۡهِهِمُ ٱلۡأَمَلُۖ) wa yulhihimul amal : “dan terbuai dengan angan-angan.” Dengan panjang umur, tercapainya keinginan dan hasrat duniawi.

Makna ayat :
Firman-Nya : (ذَرۡهُمۡ يَأۡكُلُواْ وَيَتَمَتَّعُواْ وَيُلۡهِهِمُ ٱلۡأَمَلُۖ فَسَوۡفَ يَعۡلَمُونَ ) “Biarkanlah mereka di dunia makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan kosong mereka, kelak mereka akan mengetahui.” Tinggalkanlah mereka, wahai Rasul Kami, yaitu, tinggalkanlah orang-orang kafir makan apapun yang mereka inginkan dari makanan, bersenang-senang dengan segala syahwat dan kelezatan yang mereka miliki, dan dilalaikan oleh angan-angan mereka dari memikirkan akhir dari perkara mereka. Karena mereka hanya mengharapkan umur yang panjang dan tercapainya keinginan mereka, mereka akan mengetahui kelak ketika kembali kehadirat Allah, penguasa mereka yang sebenarnya dan sia-sialah segala apa yang mereka perbuat, mereka dahulu di dunia telah berbuat salah dengan berpaling dari kebenaran, dakwah yang benar, dan dari agama yang benar.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 3: Oleh karena itu, janganlah tertipu karena penundaan Allah terhadap mereka, karena hal itu memang Sunnah-Nya yang biasa dilakukan-Nya terhadap orang-orang yang mendustakan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 3

Wahai nabi Muhammad dan kaum muslim, apabila mereka tetap keras pada pendiriannya, biarkanlah mereka di dunia ini makan dan bersenang-senang dan terus dilalaikan oleh angan-angan kosong mereka dari beriman, mengikuti dakwahmu, dan hal-hal penting lainnya. Kelak mereka akan mengetahui akibat perbuatan buruk yang pernah mereka lakukan. Dan Allah menegaskan bahwa kami tidak membinasakan suatu negeri pun bersama dengan penduduknya, melainkan sudah ada ketentuan dan waktu yang ditetapkan bagi kebinasaan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penafsiran dari berbagai mufassirin terkait kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Bantu usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Sering Dikaji

Ada berbagai topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: At-Taubah 40, Luqman 13, Maryam, Al-Fatihah 6, An-Naas, Al-Lail. Ada pula Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Yasin 9, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286, ‘Abasa.

  1. At-Taubah 40
  2. Luqman 13
  3. Maryam
  4. Al-Fatihah 6
  5. An-Naas
  6. Al-Lail
  7. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  8. Yasin 9
  9. Al-Hujurat 10
  10. Al-Ma’idah 32
  11. Al-Baqarah 285-286
  12. ‘Abasa

Pencarian: surat yunus ayat, yasin 38, innalillahi wainnailaihi rojiun arab, bahasa arab allah bersama orang yang sabar, surat waqiah dan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: