Surat Al-Hijr Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ

Arab-Latin: Wa mā ya`tīhim mir rasụlin illā kānụ bihī yastahzi`ụn

Artinya: Dan tidak datang seorang rasulpun kepada mereka, melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya.

« Al-Hijr 10Al-Hijr 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Tentang Surat Al-Hijr Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan mendalam dari ayat ini. Ada aneka ragam penafsiran dari banyak mufassirin mengenai makna surat Al-Hijr ayat 11, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-11. Dan sungguh Kami telah mengutus sebelummu (wahai rasul), para rasul pada umat-umat terdahulu. Lalu tidak ada seorang rasul yang datang kepada mereka kecuali mereka memperoloknya. Disini, tergantung hiburan bagi nabi karena sebagiamana orang-orang musyrik telah memperlakukan dirimu dengan berbagai gangguan, demikian pula para rasul sebelummu mengalami hal yang sama.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Umat-umat kafir dahulu tidak didatangi oleh para Rasul kecuali mereka mendustakan para Rasul tersebut.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. وَمَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ (Dan tidak datang seorang rasulpun kepada mereka, melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya)
Yakni tidak datang seorang rasulpun kepada umatnya kecuali mereka akan mengolok-oloknya, sebagaimana yang dilakukan orang-orang kafir terhadap Nabi Muhammad.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Tidak datang seorang rasul pun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya. Ini sebagai pelipur lara atas kesedihan nabi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidaklah datang seorang rasul kepada mereka, kecuali selalu memperolok-olokkannya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. “dan tidak datang seorang raul pun kepada mereka” yang menyeru mereka kepada kebenaran dan hidayah “melainkan mereka selalu memperolok oloknya”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-13
Allah SWT berfirman seraya menghibur Rasulallah SAW dalam menghadapi pendustaan orang-orang yang mendustakannya dari kalangan orang-orang kafir Quraisy, bahwa Dia telah mengutus para rasul kepada umat-umat terdahulu sebelumnya. Dan sesungguhnya tidak datang kepada suatu umat seorang rasul, melainkan mereka mendustakan dan memperolok-olokkannya. Kemudian Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah memasukkan kedustaan ke dalam hati orang-orang yang berdosa yang menentang dan menyombongkan diri dari mengikuti petunjuk.
Anas dan Hasan Al-Bashri berkata tentang firmanNya: (Demikianlah, Kami memasukkan (rasa ingkar dan memperolok-olokkan itu) ke dalam hati orang-orang yang berdosa) maknanya yaitu kemusyrikan.
Firman Allah: (dan sesungguhnya telah berlalu Sunnatullah terhadap orang-orang dahulu) yaitu telah diketahui apa yang diperbuat Allah SWT terhadap orang-orang yang mendustakan para rasulNya berupa pembinasaan dan penghancuran, dan bagaimana Allah menyelamatkan para nabi dan para pengikutnya di dunia dan akhirat.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
(وَمَا يَأۡتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُواْ بِهِۦ يَسۡتَهۡزِءُونَ) “dan tidaklah datang seorang rasul, kecuali mereka menjadikannya olok-olokan.” Karena sebab penyakit itu ada satu, maka janganlah berputus asa wahai Rasul Kami, jangan bersedih, namun bersabarlah, dan tunggulah janji Allah, karena janjinya adalah benar (كَتَبَ ٱللَّهُ لَأَغۡلِبَنَّ أَنَا۠ وَرُسُلِيٓۚ إِنَّ ٱللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٞ) “Allah telah menetapkan Aku dan Rasul-Rasul-Ku pasti menang, Sungguh Allah Maha Kuat dan Maha Perkasa.”

Pelajaran dari ayat:
• Penjelasan ketentuan Allah ta’ala kepada umat-umat dan bangsa, bahwa tidaklah datang utusan kepada mereka yang mengingkari kebiasaan mereka dan menyeru mereka kepada hal baru berupa kebaikan dan hidayah, kecuali mereka akan memusuhi dan mengejek mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 11: Ayat ini merupakan hiburan bagi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Mengajak mereka kepada kebenaran dan kepada petunjuk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 11

Dan ingatlah wahai nabi Muhammad, setiap kali seorang rasul datang kepada mereka dengan membawa risalah dari Allah dan mengajak mereka beriman, mereka selalu memperolok-olokkannya. Karena itu, janganlah engkau berkecil hati dan bersedih menerima perlakuan buruk kaummu kepadamu, karena para rasul sebelummu juga mengalami hal demikian. Perlakuan buruk sebagian dari kaummu dan penolakan mereka kepada dakwahmu tidaklah berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang kafir terdahulu. Ketahuilah, wahai nabi Muhammad bahwa demikianlah, kami memasukkannya, yaitu olok-olok terhadap para rasul dan risalahnya, ke dalam hati orang yang berdosa, yaitu kaum kafir yang kebejatan dan dosa mereka sudah mendarah daging. Semua ayat dan risalah para rasul tidak mampu menuntun mereka menuju iman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari para ahli tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 11 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi ummat. Bantu kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Nikmati banyak topik yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Ma’idah 32, Maryam, Al-Hujurat 10, Al-Lail, ‘Abasa. Ada juga At-Taubah 40, Luqman 13, Al-Baqarah 285-286, An-Naas, Yasin 9, Al-Fatihah 6.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. Al-Ma’idah 32
  3. Maryam
  4. Al-Hujurat 10
  5. Al-Lail
  6. ‘Abasa
  7. At-Taubah 40
  8. Luqman 13
  9. Al-Baqarah 285-286
  10. An-Naas
  11. Yasin 9
  12. Al-Fatihah 6

Pencarian: al baqoroh ayat 183, arti surah ar ra'd ayat 11, terjemahan surah ad dhuha, surah yusuf ayat 4 latin, surah al qadr dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: