Surat Al-Hijr Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَقَالُوٓا۟ إِنَّمَا سُكِّرَتْ أَبْصَٰرُنَا بَلْ نَحْنُ قَوْمٌ مَّسْحُورُونَ

Arab-Latin: Laqālū innamā sukkirat abṣārunā bal naḥnu qaumum mas-ḥụrụn

Artinya: Tentulah mereka berkata: "Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir".

« Al-Hijr 14Al-Hijr 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Tentang Surat Al-Hijr Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah mendalam dari ayat ini. Didapatkan variasi penafsiran dari beragam ahli tafsir berkaitan makna surat Al-Hijr ayat 15, sebagiannya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14-15. Dan seandainya kami membuka bagi orang-orang kafir Makkah satu pintu langit, lalu mereka terus menaiki untuk masuk kedalamnya, hingga dapat melihat malaikat langsung, pastilah mereka tetap tidak beriman, dan akan benar-benar mengatakan, ”pandangan-pandangan kami telah terkena pengaruh sihir, dan kami berilusi melihat malaikat. Jadi, kami tidak lain adalah orang-orang yang terkena pengaruh sihir dari Muhammad pada akal-akal kami.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Niscaya mereka tidak akan membenarkannya, bahkan mereka berkata, “Pandangan mata kami ditutup sehingga ia tidak melihat, karena apa yang kami saksikan ini hanyalah sihir, kita ini terkena sihir.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. لَقَالُوٓا۟ (tentulah mereka berkata)
Yakni orang-orang kafir akan berkata karena kedurhakaan mereka.

إِنَّمَا سُكِّرَتْ أَبْصٰرُنَا(Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan)
Yakni dihalangi pandangannya. Pendapat lain mengatakan yakni mabuk akibat minuman.

بَلْ نَحْنُ قَوْمٌ مَّسْحُورُونَ (bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir)
Ini merupakan penjelasan tentang kedurhakaan mereka. Apabila mereka telah melihat mukjizat yang mengharuskan mereka untuk beriman kepada Allah, para malaikat, kitab-kitab, dan para Rasul, mereka mengatakan bahwa apa yang mereka lihat hanyalah khayalan atau akal mereka telah tersihir sehingga indra mereka terganggu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Mereka orang-orang kafir sebab sifat pembangkang mereka tentu akan berkata: “Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami termasuk orang orang yang kena sihir Muhammad”.Maksud dari ini adalah bahwa mereka menekankan bahwa apa yang mereka lihat tidak ada hakikatnya, dan hanya sebuah sihir yang menipu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh mereka berkata,“Sesungguhnya pandangan kami yang dikaburkan} pandangan kami ditutup {Bahkan kami adalah kaum yang terkena sihir”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-15. maksudnya, seandainya setiap ayat (tanda kekuasaan Allah) yang agung datang kepada mereka, niscaya mereka tetap saja enggan beriman dan malah bersikap arogan terhadapnya. Dan “jika seandainya kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu pintu langit)” sehingga mereka bisa menaikinya dan menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri, niscaya mereka akan berkata atas dorongan sifat dzalim dan keras kepala mereka untuk mengingkarinya, ”sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan” maksudnya pandangan pandangan mata kami tertimpa oleh kekaburan dan tabir pekat sehingga melihat sesuatu yang tidak terlihat. ”bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir” maksudnya itu bukan realita, tapi sebuah bentuk sihir. Suatu kaum yang sudah sedemikian level pengingkaran mereka, maka sudah tentu sulit diinginkan dan diharapkan (keimanannya)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 14-15
Allah SWT memberitahukan tentang kuatnya kekafiran, pertentangan, dan kesombongan mereka dari kebenaran, bahwa seandainya dibukakan bagi mereka sebuah pintu ke langit, lalu mereka menaikinya, maka mereka tetap tidak mempercayainya, bahkan berkata (Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan)
Mujahid, Ibnu Katsir, dan Adh-Dhahhak berkata yaitu pandangan kami tertutup.
Qatadah meriwayatkan dari Ibnu Abbas maknanya adalah pandangan mata kami dibutakan.
Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas kami dikaburkan dan sesungguhnya kami terkena sihir.
Al-Kalbi berkata bahwa mata kami dibutakan.
Ibnu Zaid berkata tentang firmanNya: (pandangan kamilah yang dikaburkan) kata “As-sakran” yaitu orang yang tidak sadar.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (إِنَّمَا سُكِّرَتۡ) innamaa sukkirat : “Sesungguhnya telah dikaburkan” tertutup, sebagaimana يسكر النهر أو الباب: yaitu, sungai atau pintu yang tertutup.

Makna ayat:
Terus naik-turun selama waktu siang, niscaya merka berkata sedangkan mereka sudah berada di langit, (إِنَّمَا سُكِّرَتۡ أَبۡصَٰرُنَا) “Sesungguhnya mata kami telah ditutupi.” Tertahan dari pengelihatan yang sebenarnya, kami tidak melihat malaikat, tidak pula langit (بَلۡ نَحۡنُ قَوۡمٞ مَّسۡحُورُونَ) “Bahkan kami telah disihir.” Sehingga kami melihat sesuatu yang tidak nyata.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 15

Mereka tentulah tidak akan beriman, bahkan mereka akan berkata, sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan dan ditutupi, bahkan kami adalah orang yang terkena sihir Muhammad dan apa yang kami lihat bukanlah sesuatu yang nyata. Perkataan mereka menunjukkan betapa kuat pengingkaran mereka terhadap tanda-tanda kekuasaan Allah. Begitu banyak bukti kekuasaan Allah yang dapat mereka saksikan, tetapi kaum kafir tetap tidak mau mengambil pelajaran darinya. Allah berfirman, dan sungguh, kami telah menciptakan gugusan bintang di langit yang membuktikan kekuasaan kami, dan kami telah menjadikannya indah bagi orang yang memandang-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjabaran dari para ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Hijr ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita semua. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dilihat

Ada banyak konten yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, An-Naas, ‘Abasa, Luqman 13, Yasin 9. Ada pula Al-Baqarah 285-286, Maryam, Al-Fatihah 6, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, Al-Lail.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. At-Taubah 40
  3. An-Naas
  4. ‘Abasa
  5. Luqman 13
  6. Yasin 9
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. Maryam
  9. Al-Fatihah 6
  10. Al-Hujurat 10
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Al-Lail

Pencarian: jelaskan kandungan surat al an'am ayat 59, surah 12 ayat 8, surah an nisa latin, tafsir ali imran 103, inna lil muttaqina mafaza

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: