Surat Al-Hijr Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن صَلْصَٰلٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

Arab-Latin: Wa laqad khalaqnal-insāna min ṣalṣālim min ḥama`im masnụn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

« Al-Hijr 25Al-Hijr 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi bermacam penjabaran dari para ahli tafsir terhadap isi surat Al-Hijr ayat 26, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sungguh kami telah menciptakan Adam dari tanah kering yang bila dilubangi, akan terdengar suara darinya. Tanah yang kering ini berasal dari tanah berwarna hitam yang telah berubah warna dan bunya, karena sudah ada sejak lama.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

26-27. Sungguh Kami telah menciptakan Adam dari tanah kering yang terdengar suaranya jika diketuk atau digerakkan. Dan Kami ciptakan Iblis, pendahulu bangsa jin dari api yang sangat panas sebelum penciptaan Adam yang panasnya dapat menembus pori-pori sehingga dapat membunuh karena sangat panas.

‘Aisyah berkata, Rasulullah bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari kobaran api, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah disebutkan pada kalian.” (Shahih Muslim 4/2294, kitab zuhud dan kelembutan hati, bab hadits-hadits yang berbeda-beda tema, no. 2996).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Sungguh Kami telah menciptakan Adam dari tanah kering yang bila diketuk akan mengeluarkan suara. Tanah bahan penciptaan Adam ini berwarna hitam berbau karena umurnya yang tua.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسٰنَ (Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia)
Yakni Nabi Adam.
Makna (الصلصال) yakni tanah yang kering, yang mengeluarkan bunyi jika digerakkan. Dan jika tanah itu kemudian dibakar dengan api maka ia disebut (الفخار).
Sedangkan makna (الحمأ) yakni tanah hitam yang telah berubah. Dan (المسنون) yakni telah berubah.
Tanah yang dibasahi disebut dengan (الطين), jika kemudian ia membusuk maka disebut dengan (حمأ مسنون), dan ketika telah kering maka ia menjadi (صلصال).


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering yang bersuara ketika digerakkan, yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami telah menciptakan manusia} Adam AS {dari tanah liat kering} tanah yang telah kering setelah dibiarkan sampai memiliki bunyi dan suara seperti bahan tembikar {dari lumpur hitam} tanah yang telah berubah warna dan aromanya setelah lama didiamkan {yang dibentuk} berubah aromanya karena lama dibiarkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26. “dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia” yaitu adam “dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk” maksudnya dari tanah yang telah mengering setelah ditutupi, hingga memiliki bunyi dan suara bagaikan tembikar. makna yaitu tanah yang sudah berubah warna dan baunya karena sudah terlalu lama diendapkan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 26-27
Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud dengan “Al-Shalshal” di sini adalah tanah kering. yang tampak adalah sebagaimana firmanNya: (Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar (14) dan Dia menciptakan jin dari nyala api (15)) (Surah Ar-Rahmah)
Diriwayatkan dari Mujahid juga bahwa kata “Al-Shalshal” adalah tanah berbau busuk. Tafsir ayat dengan ayat yang lain adalah lebih utama.
Firman Allah: (dari lumpur hitam yang diberi bentuk) yaitu tanah liat. dan kata “al-masnun” adalah yang licin, sebagaimana seorang penyair berkata:
“Kemudian pinggangnya ditempelkan di kubah hijau sambil ber­jalan di atas marmer yang licin”
yaitu licin dan mengilap. Oleh karena itu diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa dia berkata yaitu tanah yang basah.
Firman Allah: (Dan Kami telah menciptakan jin sebelumnya) yaitu sebelum manusia (dari api yang sangat panas)
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud. Dia berkata bahwa angin yang panas ini adalah bagian dari tujuh puluh bagian dari angin panas yang digunakan untuk menciptakan jin. Kemudian dia membaca: (Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas (27))
Disebutkan dalam hadits shahih,”Para malaikat diciptakan dari cahaya, dan jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang digambarkan kepada kalian” Makna yang dimaksud ayat ini adalah menunjukkan kemuliaan, kebaikan dan kesucian unsur kejadiannya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
(وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ) wa laqad khalaqnal insaan : “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia” yaitu Adam ‘alaihis salam.
(مِن صَلۡصَٰلٖ) min shalshaal : “Dari tanah liat” tanah yang kering yang memiliki dengungan ketika dipukul (مِّنۡ حَمَإٖ مَّسۡنُونٖ) min hama’im masnuun : tanah hitam yang telah berubah.

Makna ayat:
Pembahasan masih mengenai penyebutan tanda-tanda kekuasaan Allah, Ilmu, hikmah, dan rahmat-Nya.
Firman-Nya : (وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ) “Dan telah Kami ciptakan manusia” yaitu Adam (مِن صَلۡصَٰلٖ) “dari tanah” tanah kering yang mempunyai dengungan ketika dipukul (مِّنۡ حَمَإٖ مَّسۡنُونٖ) dari tanah hitam yang baunya telah berubah, ini adalah tanda dari kekuasaan Allah dan Ilmu-Nya.

Pelajaran dari ayat:
• Penjelasan asal penciptaan manusia, yaitu tanah, dan jin dari kobaran api.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 26: Dalam ayat ini dan setelahnya, Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan nikmat dan ihsan-Nya kepada nenek moyang kita, Nabi Adam ‘alaihis salam, dan apa yang dilakukan musuhnya yaitu Iblis terhadapnya. Di sana terdapat peringatan kepada kita agar berhati-hati terhadap keburukan dan godaannya.

Yaitu tanah yang sudah berubah warna dan baunya karena sudah lama.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 26

Setelah menggambarkan nikmat-nikmat Allah di alam sekitar manusia, melalui ayat-ayat berikut Allah menjelaskan penciptaan manusia. Allah menyatakan, dan sungguh, kami telah menciptakan manusia, yakni adam, dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan kami telah menciptakan jin sebelum penciptaan adam dari api yang sangat panas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjelasan dari kalangan ahli ilmu berkaitan kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 26 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Sokong kemajuan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dilihat

Kaji ratusan materi yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Maryam, An-Naas, ‘Abasa, Al-Lail, Luqman 13, At-Taubah 40. Juga Yasin 9, Al-Hujurat 10, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Fatihah 6, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286.

  1. Maryam
  2. An-Naas
  3. ‘Abasa
  4. Al-Lail
  5. Luqman 13
  6. At-Taubah 40
  7. Yasin 9
  8. Al-Hujurat 10
  9. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  10. Al-Fatihah 6
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: surat albaqarah beserta artinya, ali imran 169, surat qurais, at taubah ayat 14, terjemahan surat al-kautsar

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: