Surat Al-Hijr Ayat 31

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَّآ إِبْلِيسَ أَبَىٰٓ أَن يَكُونَ مَعَ ٱلسَّٰجِدِينَ

Arab-Latin: Illā iblīs, abā ay yakụna ma'as-sājidīn

Artinya: Kecuali iblis. Ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu.

« Al-Hijr 30Al-Hijr 32 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 31

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 31 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir berharga dari ayat ini. Terdapat berbagai penjabaran dari berbagai mufassirin terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 31, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

30-31. Maka para malaikat semuanya bersujud sebagai mana tuhan mereka memerintahakan mereka, tidak ada satupun dari mereka yang menolak. Akan tetapi iblis enggan bersujud kepada Adam bersama malaikat-malaikat yang bersujud.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. Kecuali Iblis - yang saat itu bersama para Malaikat dan ia bukan salah satu dari mereka - menolak untuk sujud kepada Adam bersama para Malaikat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

31. إِلَّآ إِبْلِيسَ أَبَىٰٓ أَن يَكُونَ مَعَ السّٰجِدِينَ (kecuali iblis. Ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa iblis termasuk dari jenis malaikat, namun ia enggan untuk bersujud karena keangkuhan dan kedengkiannya terhadap Adam, maka ia layak mendapat laknat dari Allah.
Namun pendapat yang benar adalah ia bukan termasuk malaikat, namun ketika itu ia bersama para malaikat sehingga ia termasuk yang diperintah untuk bersujud, namun ia menolak melakukannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

31. Kecuali iblis, ia enggan ikut besama-sama para malaikat yang sujud itu sebab mereka merasa lebih mulia dari Adam. Mereka menyombongkan diri karena mereka diciptakan dari api, dan Adam dari tanah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kecuali Iblis. Ia enggan} menolak {ikut bersama para (malaikat) yang bersujud


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30-31. Mereka menaati perintah Rabb mereka, ”maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama sama” terdapat lafazh penguatan setelah lafazh penguatan sebelumnya, untuk menandakan bahwa tidak ada satu malaikatpun yang enggan hal tersebut sebagai bentuk pengagungan (mereka) kepada perintah Allah dan pemuliaan kepada Adam, karena beliau mengetahui sesuatu yang tidak diketahui oleh para malaikat “kecuali iblis, ia enggan ikut bersama sama (malaikat) yang sujud itu” ini adalah permusuhan pertamanya kepada Adam dan keturunan beliau.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-33
Allah SWT menyebutkan tentang pengangkatan nabi Adam di kalangan para malaikatNya sebelum penciptaan dan pemuliaan Allah terhadapnya dengan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepadanya. Allah menyebutkan pula pembangkangan iblis yang enggan bersujud kepadanya, dimana dia berada di antara para malaikat kepada dengki, ingkar, menentang, dan sombong serta membanggakan diri dengan kebathilan. Oleh karena itu dia berkata: ("Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau lelah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”) sebagaimana dia berkata di ayat lain: (Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah) (Surah Al A’raf: 12) dan firmanNya: (Ia (Iblis) berkata, “Terangkanlah kepadaku, inikah yang lebih Engkau muliakan daripada aku? Sekiranya Engkau memberi waktu kepadaku sampai hari Kiamat, pasti akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil” (62)) (Surah Al-Isra)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: Maka mereka bersujud (إِلَّآ إِبۡلِيسَ أَبَىٰٓ) “kecuali Iblis, dia enggan” menolak untuk sujud.

Pelajaran dari ayat:
• Tercelanya hasad, itu merupakan seburuk-buruknya dosa dan berbahaya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 31: Nenek moyang jin yang tinggal di tengah-tengah malaikat. Ini merupakan awal permusuhannya kepada Adam dan anak keturunannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 31

Kecuali iblis; ia enggan ikut bersujud bersama-sama para malaikat yang sujud itu. Melihat keengganan dan pembangkangan iblis untuk bersujud kepada nabi adam meski mendapat perintah langsung dari Allah, dia berfirman, wahai iblis, apa sebabnya kamu tidak mau ikut sujud bersama mereka, yakni para malaikat yang sujud dengan penuh kepatuhan dan ketaatan itu'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjabaran dari beragam ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 31 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk ummat. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dicari

Nikmati ratusan topik yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 83, Asy-Syams, Ali Imran, Al-Hujurat 12, Yunus 40-41, Al-Ma’idah 2. Ada juga At-Takatsur, Al-Baqarah 286, An-Nur 2, Al-Isra 23, Al-Mujadalah 11, Az-Zalzalah.

  1. Al-Baqarah 83
  2. Asy-Syams
  3. Ali Imran
  4. Al-Hujurat 12
  5. Yunus 40-41
  6. Al-Ma’idah 2
  7. At-Takatsur
  8. Al-Baqarah 286
  9. An-Nur 2
  10. Al-Isra 23
  11. Al-Mujadalah 11
  12. Az-Zalzalah

Pencarian: al ikhlas surah, surah arohman, surat al baqarah ayat 1 sampai 5, la taqrabu zina, surat al waqiah full

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: