Surat Al-Hijr Ayat 51

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَنَبِّئْهُمْ عَن ضَيْفِ إِبْرَٰهِيمَ

Arab-Latin: Wa nabbi`hum 'an ḍaifi ibrāhīm

Artinya: Dan kabarkanlah kepada mereka tentang tamu-tamu Ibrahim.

« Al-Hijr 50Al-Hijr 52 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 51

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 51 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir mendalam dari ayat ini. Ditemukan beraneka penjelasan dari banyak ulama berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 51, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan beritahukanlah (wahai Rasul) kepada mereka, tentang tamu-tamu Ibrahim dari kalangan malaikat yang memberikan kabar gembira berupa kelahiran anak dan kehancuran Kaum Luth.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

51. Dan sampaikanlah kisah tentang para tamu Nabi Ibrahim dari kalangan malaikat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

51. Kasih tahu mereka tentang kisah para tamu Ibrahim dari para Malaikat yang datang kepadanya membawa kabar gembira tentang kelahiran seorang anak dan pembinasaan terhadap kaum Lūṭ.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

51. وَنَبِّئْهُمْ عَن ضَيْفِ إِبْرٰهِيمَ (Dan kabarkanlah kepada mereka tentang tamu-tamu Ibrahim)
Yakni para malaikat yang menjadi tamu-tamunya dengan menyerupa sebagai manusia.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

51. Kabarkanlah kepada hamba-Ku wahai Nabi tentang tamu-tamu Ibrahim kekasih-Ku, yaitu para malaikat berjumlah dua belas, diantaranya adalah Jibril. Agar mereka bisa berharap sekaligus cemas ketika mengambil pelajaran dari kisah itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kabarkanlah kepada mereka} beritahulah mereka {tentang tamu Ibrahim


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

51. Allah berkata kepada NabiNya, Muhammad “dan kabarkanlah kepada mereka tentang tamu tamu Ibrahim” yaitu tentang kisah yang ajaib. Sesungguhnya, di dalam ceritamu kepada mereka tentang kisah kisah para rasul dan peristiwa peristiwa yang terjadi pada mereka terdapat sesuatu yang akan mendatangkan pelajaran dan peneladanan kepada para rasul itu bagi mereka (kaummu). Apalagi kisah tentang Nabi Ibrahim al khalil (kekasih Allah) yang mana Allah memerintahkan kepada kita untuk mengikuti ajarannya. Sedangkan tamunya ialah para malaikat yang mulia. Allah telah memuliakan Nabi Ibrahim dengan menjadikan para malaikat sebagai tamu tamu beliau.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 51-56
Allah SWT berfirman wahai Muhammad beritakanlah kepada mereka tentang kisah: (tamu-tamu Ibrahim) Kata “Ash-dhaifu” dipakai untuk bentuk tunggal dan bentuk jamak, seperti kata “Az-zuur” dan “As-safru”, dan bagaimana (masuk ke tempatnya, lalu mereka mengucapkan, "Salam.”Berkata Ibrahim, "Sesungguhnya kami merasa takut kepada kalian”) yaitu mereka takut.
Disebutkan bahwa rasa takutnya muncul pada diri mereka ketika dia melihat tangan mereka tidak mau pada sesuatu yang ada disediakan kepada mereka berupa jamuan, yaitu anak sapi gemuk yang dipanggang (Mereka berkata, "Janganlah kamu merasa takut”) yaitu janganlah takut (Lalu mereka menyampaikan berita gembira kepada Ibrahim bahwa dia akan mendapat seorang anak yang alim) (Surah Adz-Dzariyat: 28) yaitu nabi Ishaq, sebagaimana yang disebutkan dalam surah Hud. Kemudian nabi Ibrahim (berkata) dengan heran, karena usia lanjutnya, dan usia lanjut istrinya, dan dengan diwujudkannya janji itu: (Apakah kalian memberi kabar gembira kepadaku, padahal usiaku telah lanjut, maka dengan cara bagaimanakah (terlak­sananya) berita gembira yang kalian kabarkan ini?) Lalu mereka menjawabnya seraya menegaskan kepastian dari kejadian berita gembira itu setelah berita gembira itu disampaikan: (Mereka menjawab, "Kami menyampaikan kabar gembira kepada­mu dengan benar, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa” (55)) Sebagian ulama membacanya “Al-Qanithin”
Lalu nabi Ibrahim menjawab mereka, bahwa sesungguhnya dia tidak berputus asa, tetapi berharap kepada Allah terhadap anak, meskipun usianya telah lanjut, begitu juga istrinya. Sesungguhnya nabi Ibrahim mengetahui kekuasaan dan rahmat Allah yang lebih besar dari hal itu.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (ضَيۡفِ إِبۡرَٰهِيمَ) dhaifi ibraahiim :”tamu Ibrahim.” Mereka adalah para malaikat yang turun kepadanya, seraya berjalan untuk membinasakan kaum Luth. Dan diantara mereka ada Jibril yang berubah dalam bentuk seorang pemuda.

Makna ayat: Firman-Nya ta’ala (وَنَبِّئۡهُمۡ عَن ضَيۡفِ إِبۡرَٰهِيمَ) “Dan kabarkanlah mereka tentang tamu Ibrahim,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 51: Karena pada kisah tersebut terdapat pelajaran dan teladan, terlebih yang dikisahkan adalah tentang kekasih Allah yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang kita diperintahkan untuk mengikuti agamanya. Tamu-tamu itu adalah para malaikat Allah, termasuk di antaranya malaikat Jibril ‘alaihis salam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 51

Pada ayat-ayat sebelumnya Allah meminta nabi Muhammad menyampaikan berita penting terkait beberapa sifat Allah kepada yang bertakwa dan keadilan Allah kepada yang durhaka. Pada ayat-ayat berikut Allah juga meminta beliau menyampaikan kabar penting menyangkut sikap orang-orang musyrik yang menuntut turunnya malaikat kepada nabi ibrahim. Perintah Allah itu berbunyi, dan kabarkanlah pula berita penting yang lain kepada mereka tentang para malaikat yang Allah turunkan sebagai tamu ibrahim. Kabarkanlah bagaimana ketika mereka masuk ke tempatnya, yaitu rumah nabi ibrahim, lalu mereka mengucapkan, 'salam kepadanya. Nabi ibrahim pun menjawab, salam. Tidak lama kemudian nabi ibrahim menyuguhkan daging sapi muda yang dipanggang. Tidak satu pun dari para tamu itu menjamah suguhan nabi ibrahim. Ini merupakan hal yang tidak wajar. Melihat keanehan itu, dia (ibrahim) berkata, kami, yakni aku dan istriku, benar-benar merasa takut kepadamu. (lihat: surah hud/11: 70).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjelasan dari para mufassirun berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 51 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Sokonglah kemajuan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dibaca

Telaah berbagai materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 286, Al-Ma’idah 2, Ali Imran, Asy-Syams, Al-Mujadalah 11, Al-Baqarah 83. Serta An-Nur 2, Al-Isra 23, Yunus 40-41, Az-Zalzalah, At-Takatsur, Al-Hujurat 12.

  1. Al-Baqarah 286
  2. Al-Ma’idah 2
  3. Ali Imran
  4. Asy-Syams
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Al-Baqarah 83
  7. An-Nur 2
  8. Al-Isra 23
  9. Yunus 40-41
  10. Az-Zalzalah
  11. At-Takatsur
  12. Al-Hujurat 12

Pencarian: al baqarah ayat 159, al baqarah ayat 240, surah an nisa ayat 7, surat 28 ayat 1, surah al baqarah ayat 25

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: