Surat Al-Hijr Ayat 58

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوٓا۟ إِنَّآ أُرْسِلْنَآ إِلَىٰ قَوْمٍ مُّجْرِمِينَ

Arab-Latin: Qālū innā ursilnā ilā qaumim mujrimīn

Artinya: Mereka menjawab: "Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa,

« Al-Hijr 57Al-Hijr 59 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-Hijr Ayat 58

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 58 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir berharga dari ayat ini. Ada bermacam penjabaran dari beragam ulama terkait makna surat Al-Hijr ayat 58, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

58-60. Mereka berkata, “ Sesungguhnya Allah telah mengutus kami untuk menghancurkan kum Luth yang menyekutukan Allah lagi sesat jalan, kecuali Luth dan keluarganya yang beriman kepadanya. Kami tidak akan membinasakan mereka dan akan menyelamatkan mereka semua. Akan tetapi, istrinya yang kafir, kami telah menetapkan berdasarkan perintah Allah untuk membinasakannya dan orang-orang lain yang ada dalam siksaan.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

58-60. Mereka menjawab: “Kami diutus Allah untuk membinasakan kaum Luth yang selalu melakukan dosa yang keji. Adapun Luth dan keluarganya yang beriman akan Kami selamatkan mereka semua dari kebinasaan. Akan tetapi istrinya yang kafir itu telah kami tetapkan untuk dibinasakan bersama kaumnya yang lain dalam azab ini.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

58. Para utusan dari Malaikat itu berkata, “Sesungguhnya Allah mengutus kami untuk membinasakan kaum yang melakukan kerusakan besar, keburukan besar, mereka adalah kaum Lūṭ.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

58. قَالُوٓا۟ إِنَّآ أُرْسِلْنَآ إِلَىٰ قَوْمٍ مُّجْرِمِينَ (Mereka menjawab: “Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa)
Mereka adalah kaum Nabi Luth.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

58. Malaikat menjawab: “Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang kafir untuk membinasakan mereka, mereka adalah kaum Luth


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka menjawab,“Sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang berdosa


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

58. “mereka menjawab’kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa’” yaitu kepada kaum yang kerusakannya sudah merajalela dan keburukannya sudah besar, agar kami timpakan siksa dan hukuman atas mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 57-60
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Ibrahim setelah rasa takutnya lenyap dan mendapat berita gembira bahwa sesungguhnya dia bertanya kepada mereka tentang apa yang mereka bawa kepadanya. Lalu mereka menjawab: (Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa) yang mereka maksud adalah kaum nabi Luth. Lalu mereka memberitahukan kepadanya bahwa mereka akan menyelamatkan keluarga nabi Luth dari kalangan kaumnya, kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya termasuk orang-orang yang binasa. Oleh karena itu mereka berkata: (kecuali istrinya. Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (60)) yaitu orang-orang yang tertinggal dan dibinasakan.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (إِلَىٰ قَوۡمٖ مُّجۡرِمِينَ) Ilaa qaumim mujrimiin : “Kepada kaum yang berdosa.” Yaitu kaum Nabi Luth ‘alaihissalam

Makna ayat: “Mereka berkata, sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang berdosa.” Berbuat kejahatan kepada diri mereka sendiri dan orang lain, mereka orang yang melakukan liwath (homoseksual), semoga Allah melaknat mereka.

Pelajaran dari ayat:
• Peringatan dari perbuatan dosa dan hukuman bagi orang-orang yang berdosa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 58: Yakni kaum Luth untuk membinasakan mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 58

Mereka menjawab, selain membawa berita gembira tentang kelahiran anakmu, sesungguhnya kami juga diutus oleh Allah kepada kaum nabi lut yang berdosa dan durhaka. Kami diutus untuk membinasakan mereka. Allah menyatakan bahwa kami akan membinasakan kaum nabi lut yang berdosa, kecuali para pengikut lut. Sesungguhnya kami pasti menyelamatkan mereka semuanya dari kebinasaan itu, kecuali istrinya. Dia dibinaskan bersama kaum nabi lut lainnya. Kami telah menentukan keputusan sesuai perintah Allah kepada kami bahwa sesungguhnya dia termasuk orang yang tertinggal bersama orang kafir lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjabaran dari banyak ahli tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Hijr ayat 58 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dilihat

Kaji banyak topik yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: At-Taubah 40, Al-Baqarah 285-286, Al-Lail, Al-Ma’idah 32, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Luqman 13. Ada juga Yasin 9, ‘Abasa, Al-Hujurat 10, Maryam, An-Naas, Al-Fatihah 6.

  1. At-Taubah 40
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Al-Lail
  4. Al-Ma’idah 32
  5. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  6. Luqman 13
  7. Yasin 9
  8. ‘Abasa
  9. Al-Hujurat 10
  10. Maryam
  11. An-Naas
  12. Al-Fatihah 6

Pencarian: ar rahman 55, assalamualaikum tulisan arab, terjemahan surah al baqarah, surat at tin dan terjemahannya, maryam ayat 14

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: