Surat Al-Hijr Ayat 61

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَمَّا جَآءَ ءَالَ لُوطٍ ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin: Fa lammā jā`a āla lụṭinil-mursalụn

Artinya: Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya,

« Al-Hijr 60Al-Hijr 62 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 61

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 61 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Ditemukan kumpulan penjabaran dari banyak ahli tafsir berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 61, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

61-62. Maka para malaikat yang diutus kepada Luth datang, dia berkata kepada mereka, “ Sesungguhnya kalian orang-orang asing bagiku.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

61-62. Ketika para malaikat itu sampai di rumah Luth, Luth berkata dengan penuh keheranan: “Kalian adalah kaum yang tidak aku kenali, apa sebenarnya yang kalian inginkan?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

61. Manakala para Malaikat datang kepada keluarga Lūṭ dalam wujud lelaki.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

61-62. فَلَمَّا جَآءَ ءَالَ لُوطٍ الْمُرْسَلُونَ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُّنكَرُونَ (Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya. ia berkata: “Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang tidak dikenal)
Yakni Nabi Luth berkata kepada mereka “aku tidak mengenal kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

61. Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka ketika para utusan itu datang kepada para pengikut Luth


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

61-62. “maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum luth berkata kepada mereka, ”sesungguhnya kamu adalah orang orang yang tidak dikenal“ maksudnya aku tidak mengenal kalian dan tidak mengetahui siapakah gerangan kalian itu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 61-64
Allah SWT memberitahukan tentang nabi Luth ketika datang kepadanya para malaikat dalam wujud pemuda yang tampan wajahnya, lalu mereka masuk ke rumahnya. lalu nabi Luth berkata: ("Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal” Para utusan menjawab, "Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa azab yang selalu mereka dustakan” (63)) yang mereka maksud adalah dengan mengazab, membinasakan, dan menghancurkan mereka yang sebelumnya mereka meragukan terjadinya azab itu atas mereka, dan membinasakan kampung halaman mereka (Dan Kami datang kepadamu dengan membawa kebenaran) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami tidak menurunkan malaikat melainkan dengan benar) (Surah Al-Hijr: 8) Firman Allah: (dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang yang benar) yaitu menegaskan pemberitaan tentang mereka kepada­nya, yaitu bahwa mereka memberitahukan tentang keselamatannya dan pembinasaan kaumnya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: Kemudian mereka berpindah menuju negeri Luth ‘alaihissalam, Allah berfirman “Maka ketika para utusan datang kepada keluarga Luth.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 61

Usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23)usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari berbagai ulama terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 61 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita. Sokonglah dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dibaca

Kami memiliki ratusan konten yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 6, An-Naas, Maryam, ‘Abasa, Al-Lail, Luqman 13. Ada juga Yasin 9, Al-Baqarah 285-286, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32.

  1. Al-Fatihah 6
  2. An-Naas
  3. Maryam
  4. ‘Abasa
  5. Al-Lail
  6. Luqman 13
  7. Yasin 9
  8. Al-Baqarah 285-286
  9. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  10. At-Taubah 40
  11. Al-Hujurat 10
  12. Al-Ma’idah 32

Pencarian: walau anna ahlal quro, surat al-maun ayat ke 7, kulluman alaihafan, al hadid ayat 22 latin, surat maryam dan terjemahannya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: