Surat Al-Hijr Ayat 81

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَءَاتَيْنَٰهُمْ ءَايَٰتِنَا فَكَانُوا۟ عَنْهَا مُعْرِضِينَ

Arab-Latin: Wa ātaināhum āyātinā fa kānụ 'an-hā mu'riḍīn

Artinya: Dan Kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami, tetapi mereka selalu berpaling daripadanya,

« Al-Hijr 80Al-Hijr 82 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Surat Al-Hijr Ayat 81

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 81 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan sekumpulan penjabaran dari para ahli tafsir berkaitan kandungan surat Al-Hijr ayat 81, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kami telah mendatangkan kepada kaum Shaleh ayat-ayat kami yang menunjukan kebenaran risalah kebenaran yang di bawa oleh Shaleh, termasuk di dalamnya unta betina, namun mereka tidak memperdulikannya, dan mereka menjauh lagi berpaling darinya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

81. Kami telah menyodorkan hujah-hujah dan dalil-dalil kebenaran Ṣāleḥ tentang apa yang dia bawa dari Rabbnya, di antaranya adalah unta betina, namun mereka tidak mengambil pelajaran dari bukt-bukti tersebut dan mengacuhkannya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

81. وَءَاتَيْنٰهُمْ ءَايٰتِنَا (dan Kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami)
Yakni Kami berikan mukjizat-mukjizat yang Kami turunkan kepada nabi mereka, diantaranya adalah unta betina.

فَكَانُوا۟ عَنْهَا مُعْرِضِينَ(tetapi mereka selalu berpaling daripadanya)
Yakni tidak menganggapnya. Oleh sebab itu mereka menyembelih unta itu dan melanggar perintah Nabi mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

81. Kami telah menunjukkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami, tetapi mereka selalu berpaling dari kebenaran para rasul Kami, yaitu nabi Shaleh. Diantaranya adalah unta, lalu mereka tidak mau menerimanya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami telah mendatangkan kepada mereka ayat-ayat Kami, tetapi mereka berpaling darinya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

81. “dan kami telah mendatangkan kepada mereka tanda tanda (kekuasaan) kami” yang menjadi bukti petunjuk akan kebenaran ajaran yang dibawa oleh shaleh kepada mereka, termasuk dalam contohnya, seekor unta yang menjadi salah satu tanda kekuasaan Allah yang agung. ”tetapi mereka selalu berpaling darinya" karena sifat takabur dan arogansi kepada Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 80-84
Penduduk kota Al-Hijr adalah kaum Tsamud yang mendustakan nabi Shalih. Barangsiapa mendustakan seorang rasul, maka dia men­dustakan semua rasul. Oleh karena itu dalam ayat ini disebutkan bahwa mereka mendustakan para rasul. Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaanNya yang menunjukkan kebenaran dari apa yang dibawa nabi Saleh kepada mereka, seperti unta betina yang dikeluarkan Allah dari batu besar kepada mereka melalui doa nabi Shalih. Unta itu hidup bebas di kota mereka dan mempunyai waktu minumnya, begitu juga mereka mempunyai waktu minumnya yang telah ditentukan.Setelah mereka melampaui batas dan menyembelihnya, maka nabi Shalih berkata kepada mereka: (Bersuka rialah kalian di rumah kalian selama tiga hari, itu adalah janji yang tidak dapat didustakan) (Surah Hud: 65) Allah SWT juga berfirman: (Dan adapun kaum Tsamud, maka mereka telah Kami beri petunjuk, tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan) dari petunjuk itu) (Surah Fushshilat: 17)
Allah SWT menyebutkan tentang mereka: (dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman (82)) yaitu, tanpa takut dan tidak membutuhkan hal itu, melainkan mereka karena keangkuhan, kecongkakan serta kejahatan mereka. sebagaimana hal itu terlihat dari sisa-sisa peninggalan rumah mereka di lembah Al-Hijr, yang dilewati Nabi SAW ketika beliau pergi ke perang Tabuk. Lalu beliau menundukkan kepalanya dan memacu kendaraannya dan bersabda kepada para sahabatnya,”Janganlah kalian memasuki tempat tinggal kaum yang telah diazab melainkan kalian dalam keadaan menangis. Jika kalian tidak menangis, maka berpura-puralah menangis, karena dikhawatirkan kalian akan tertimpa apa yang telah menimpa mereka”
Firman Allah: (Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur di waktu pagi (83)) yaitu, saat pagi di hari keempat (maka tak dapat menolong mereka apa yang telah mereka usaha­kan (84)) yaitu apa yang mereka hasilkan dari pertanian dan buah-buahan mereka yang lebih mereka pentingkan untuk diairi daripada unta betina itu, sehingga mereka menyembelihnya agar tidak mempersulit mereka dalam melakukan pengairan. Maka harta itu tidak dapat melindungi dan memberi mereka manfaat bagi mereka terhadap perintah Tuhanmu yang datang menimpa mereka.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (وَءَاتَيۡنَٰهُمۡ ءَايَٰتِنَا) wa aatainaahum aayaatinaa : “Dan Kami telah memberikan mereka ayat-ayat Kami.” Yaitu unta, itu merupakan tanda yang terbesar.

Makna ayat:
Firman-Nya “Dan Kami memberikan mereka ayat-ayat Kami, namun mereka berpaling darinya.” Yang dimaksud dari ayat-ayat ini adalah unta, bahwasanya unta tersebut keluar dari sebongkah batu. Dia sehari minum dari air negeri tersebut dan berhenti disetiap rumah agar penghuninya memerah susunya sesuka hati mereka. Mereka berpaling dari tanda ini dan tidak beriman serta bertaubat kepada Allah ta’ala setelah memberikan apa yang mereka minta berupa ayat-ayat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 81: Yang menunjukkan kebenaran yang dibawa Nabi Saleh, di antaranya adalah unta betina.

Sambil menyombongkan diri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 81

Dan kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan kami, yakni mukjizat kepada nabi saleh berupa unta betina yang membuktikan kerasulannya. Nabi saleh mengingatkan kaumnya untuk tidak mengganggu apalagi menyakiti unta tersebut. Namun, mereka melanggar pesan nabi saleh dan menyembelih unta itu. Mukjizat itu telah mereka saksikan, tetapi mereka selalu berpaling darinya dengan selalu abai. Dan mereka, yakni kaum samud, memahat gunung-gunung batu untuk dijadikan rumah-rumah yang kokoh sebagai tempat tinggal. Rumahrumah itu mereka diami dengan rasa aman dari segala gangguan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari berbagai mufassir terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 81 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Bantulah perjuangan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikunjungi

Kaji ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Mulk, Al-Kautsar, Yasin, Do’a Sholat Dhuha, Ayat Kursi, Ar-Rahman. Ada pula Al-Baqarah, Al-Waqi’ah, Al-Ikhlas, Shad 54, Al-Kahfi, Asmaul Husna.

  1. Al-Mulk
  2. Al-Kautsar
  3. Yasin
  4. Do’a Sholat Dhuha
  5. Ayat Kursi
  6. Ar-Rahman
  7. Al-Baqarah
  8. Al-Waqi’ah
  9. Al-Ikhlas
  10. Shad 54
  11. Al-Kahfi
  12. Asmaul Husna

Pencarian: surat taha, at taubah 40, surat mujadalah ayat 11, tulisan innalillahi yang benar, surat al hujurat ayat 12 beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: