Surat An-Nahl Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱلْأَنْعَٰمَ خَلَقَهَا ۗ لَكُمْ فِيهَا دِفْءٌ وَمَنَٰفِعُ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Arab-Latin: Wal-an'āma khalaqahā lakum fīhā dif`uw wa manāfi'u wa min-hā ta`kulụn

Artinya: Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan.

« An-Nahl 4An-Nahl 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat An-Nahl Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Terdapat bermacam penafsiran dari banyak mufassirin mengenai isi surat An-Nahl ayat 5, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan binatang-binatang ternak, yaitu unta, sapi dan kambing, Allah menciptakannya bagi kalain (wahai sekalain manusia), dan Dia menjadikan pada bulu domba dan bulu unta sumber kehangatan dan manfaat-manfaat lainnya yang berasal dari air susu, kulit dan sebagi tunggangan, dan sebagian kalian konsumsi.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5-6. Allah memberi karunia kepada hamba-hamba-Nya berupa apa yang telah Dia ciptakan bagi mereka seperti unta, sapi, kambing, domba, dan segala hal yang dapat mereka manfaatkan darinya. Mereka dapat membuat pakaian dan karpet dari bulu dan rambut hewan-hewan tersebut, dapat meminum air susunya dan memakan dagingnya; mereka juga dapat menikmati keindahan ketika mereka kembali memasukkan hewan-hewan tersebut ke dalam kandangnya dari tempat penggembalaan pada sore hari, dan ketika mereka mengeluarkannya pada pagi hari.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Allah menciptakan hewan-hewan ternak berupa unta, sapi dan domba untuk kemaslahatan kalian wahai manusia. Di antara kemaslahatan tersebut adalah menggunakan wol dan bulunya untuk pakaian hangat, di samping kemaslahatan lain pada susu, kulit, punggung dan dagingnya yang kalian makan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. وَالْأَنْعٰمَ خَلَقَهَا ۗ (Dan Dia telah menciptakan binatang ternak)
Yakni unta, sapi, dan kambing.

لَكُمْ فِيهَا دِفْءٌ(padanya ada (bulu) yang menghangatkan)
Yaitu apa yang dipakai untuk menghangatkan badan seperti bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing.

وَمَنٰفِعُ(dan berbagai-bagai manfaat)
Seperti untuk diambil air susunya, ditunggangi, diternakkan, dipakai untuk mengolah tanah perkebunan, dan lain sebagainya.

وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ(dan sebahagiannya kamu makan)
Dari daging dan lemaknya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Suhu dingin telah membunuh puluhan manusia di kawasan timur Eropa, sedangkan suhu panas sampai -35 derajat.

Seorang mukmin jika tinggal di daerah dingin , atau mendengar kabar tentangnya, ia akan ingat firman firman Allah : { وَالْأَنْعَامَ خَلَقَهَا ۗ لَكُمْ فِيهَا دِفْءٌ } "Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan" ayat ini menjelaskan nikmat hangat dari Allah, sedangkan nikmat wiqoyah dan panas juga disebutkan dalam surah ini pada bagian akhir, ALlah berfirman : { وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ } "dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas" [ An-Nahl :81 ]. maka tatkala perlindungan dari dingin termasuk inti dari kenikmatan disebutkan pada bagian awal surah, Allah kemudian menyebutkan penyempurna nikmat-Nya dengan perlindungan dari panas.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu seperti unta, sapi dan domba. Dari ternak itu ada bulu yang dapat menghangatkan dan memberi berbagai-bagai manfaat seperti sebagai kendaraan, dan juga dapat kamu makan daging dan lemaknya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia telah menciptakan hewan ternak untuk kalian. Pada hewan itu ada (bulu) yang menghangatkan} sesuatu yang bisa kalian gunakan untuk menghangatkan berupa bulu domba, bulu unta dan bulu-bulu hewan ternak lain {dan berbagai manfaat} dan hal-hal yang bisa dimanfaatkan berupa susu, anak-anaknya, kendaraan, pembawa barang dan lain-lain {serta sebagiannya kalian makan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


5. “dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu” maksudnya bagi kalian dan untuk kemanfaatan dan kebaikan kalian. Diantara bentuk kegunaannya yang penting, ”padanya ada (bulu) yang menghangatkan” kalian membuat pakaian pakaian, permadani rumah yang (bahan bahannya) berasal dari bulu bulu domba, kapas, rambut dan kulit kulitnya “dan” bagi kalian “berbagai jenis manfaat” yang lainnya “dan sebagiannya kamu makan”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 5-7
Allah SWT menyebutkan nikmat yang Dia anugerahkan kepada hamba-hambaNya, berupa binatang ternak yaitu unta, sapi, dan kambing, sebagaimana yang telah dijelaskan secara rinci dalam surah Al-An'am sampai dengan ayat delapan ekor ternak yang berpasang-pasangan. Allah juga menjadikan pada binatang-binatang itu berbagai kegunaan dan manfaat bagi mereka, dari bulunya yang mereka jadikan pakaian dan permadani, dan air susunya yang mereka minum dan dikonsumsi oleh anak-anaknya, dan keindahan pada ternak mereka sebagai perhiasan bagi mereka. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan kalian memperoleh pandangan yang indah ketika kalian membawanya kembali ke kandang) yaitu, waktu kembalinya ternak itu dari tempat penggembalaannya, maka ternak itu sebagai ternak yang memiliki pinggang paling panjang, air susu paling besar, dan punuk yang paling tinggi. (dan ketika kalian melepaskannya ke tempat penggembalaan) yaitu di pagi hari ketika kalian melepaskannya ke tempat penggembalaan (Dan ia memikul beban-beban kalian) yaitu, bawaan kalian yang berat yang tidak mampu kalian angkat dan bawa (ke suatu negeri yang kalian tidak sanggup sampai kepadanya melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang melelahkan) diri) yaitu dalam ibadah haji dan umrah, berperang dan berniaga serta tujuan-tujuan lainnya. kalian bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, berupa kendaraan dan pembawa muatan. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kalian. Kami memberi minum air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kalian, dan sebagian darinya kalian makan (21) dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kalian diangkut (22) (Surah Al-Mu’minun) Oleh karena itu Allah berfirman di sini setelah menyebutkan berbagai macam nikmat ini: (Sesungguhnya Tuhan kalian benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) yaitu Tuhan kalianlah yang telah menyediakan hewan-hewan ternak itu dan yang menundukkannya untuk kalian, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami, lalu mereka menguasainya? (71) Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan (72)) (Surah Yasin)
Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya: (padanya ada (bulu) yang menghangatkan) yaitu pakaian (dan berbagai manfaat) yaitu kalian manfaatkan berupa makanan dan minuman
Abdurrazzaq berkata,”telah bercerita kepada kami Israil, dari Sammak, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan (yang menghangatkan dan berbagai manfaat) yaitu keturunan dari semua hewan ternak.
Mujahid berkata bahwa maknanya adalah bagi kalian itu ada sesuatu yang menghangatkan dari hewan itu. yaitu pakaian yang dirajut, dan berbagai manfaat, yaitu sebagai kendaraan, dagingnya, dan air susunya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (دِفۡءٞ وَمَنَٰفِعُ) dif’uw wa manaafi’ : bisa digunakan untuk menghangatkan diri dan kebutuhan seperti, madu, susu, daging, dan dikendarai.

Makna ayat:
Firman-Nya “Dan hewan ternak telah Dia ciptakan untuk kamu padanya ada bulu yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan.” Ini adalah tanda-tanda kekuasaan ilahi, ilmu, hikmah, dan kasih sayang yang mengharuskan untuk beribadah kepada-Nya dan meninggalkan peribadahan selain-Nya.
Hewan ternak yaitu, unta, sapi, dan kambing telah Allah ta’ala ciptakan untuk keturunan Adam dan tidak menciptakannya untuk selain mereka. “padanya (bulu) yang menghangatkan” darinya kalian membuat pakaian, kasur, dan selimut dari bulu domba, dan bulu unta, dan padanya pula berbagai manfaat, seperti susu, mentega, minyak lemak, keju, dan peternakan sebagaimana ia selalu melahirkan setiap tahunnya, sehingga mereka mendapat manfaat dari anak-anaknya. Dan darinya kalian makan daging yang bermacam-macam, maka Yang Memberi Nikmat wajib untuk disembah, bukan selain-Nya dari kalangan makhluk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 5: Yaitu unta, sapi, dan kambing.

Untuk manfaat dan maslahat kamu, di antaranya kamu memperoleh kehangatan dari bulunya, dan memperoleh manfaat lainnya.

Bisa diternakkan, diambil susunya, dan ditunggangi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 5

Dan tidak saja menciptakan langit, bumi, dan manusia, hewan ternak juga telah diciptakan-Nya, untuk kamu padanya ada bulu dan kulit yang dapat kamu jadikan pakaian yang menghangatkan badan kamu dan berbagai manfaat lain yang dapat kamu ambil dalam kehidupan kamu, dan sebagian dari-Nya juga dapat kamu makan. Dan selain manfaat-manfaat tersebut kamu juga dapat memperoleh keindahan padanya, yakni pada hewan ternak itu, ketika kamu membawanya kembali ke kandang pada sore hari dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan pada pagi hari.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari beragam ulama tafsir mengenai makna dan arti surat An-Nahl ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Isra 23, An-Nur 2, Al-Baqarah 83, Al-Baqarah 286, Al-Mujadalah 11, Asy-Syams. Ada pula Az-Zalzalah, At-Takatsur, Ali Imran, Yunus 40-41, Al-Hujurat 12, Al-Ma’idah 2.

  1. Al-Isra 23
  2. An-Nur 2
  3. Al-Baqarah 83
  4. Al-Baqarah 286
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Asy-Syams
  7. Az-Zalzalah
  8. At-Takatsur
  9. Ali Imran
  10. Yunus 40-41
  11. Al-Hujurat 12
  12. Al-Ma’idah 2

Pencarian: qs 51 ayat 18, an nuh latin, terjemahan surat an nur ayat 2, surah sad ayat 24, an nur litequran

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: