Surat An-Nahl Ayat 98

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِذَا قَرَأْتَ ٱلْقُرْءَانَ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ

Arab-Latin: Fa iżā qara`tal-qur`āna fasta'iż billāhi minasy-syaiṭānir-rajīm

Artinya: Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.

« An-Nahl 97An-Nahl 99 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat An-Nahl Ayat 98

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 98 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah mendalam dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penjelasan dari kalangan ahli tafsir terhadap makna surat An-Nahl ayat 98, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian, bila kamu (wahai orang mukmin) hendak membaca sebagian dari al-qur’an, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari keburukan setan yang terusir dari rahmat Allah dengan membaca, ”a’udzu billahi minasy syaithanirrajiim”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

98-100. Hai orang yang beriman, Jika kamu hendak membaca al-Qur'an maka mintalah kepada Allah agar menjagamu dari godaan setan yang telah dijauhkan dari rahmat Allah yang mencegahmu untuk mentadaburi al-Qur'an, yaitu dengan mengucapkan: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk”, dengan menghayati maknanya.

Setan itu tidak dapat menguasai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan senantiasa bertawakal kepada-Nya; akan tetapi setan itu hanya dapat menguasai orang-orang yang mentaatinya dan menjadikannya sebagai penolong, sehingga dengan godaan setan mereka menjadi orang-orang yang menyekutukan Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. Bila kamu hendak membaca Al-Qur`ān -wahai Mukmin- maka mintalah kepada Allah perlindungan dari was-was setan yang terusir dari rahmat Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْءَانَ (Apabila kamu membaca Al Quran)
Yakni jika kamu hendak membaca al-Qur’an.

فَاسْتَعِذْ بِاللهِ (hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah)
Yakni mohonlah kepada Allah agar menjauhkanmu dari godaan setan yang terkutuk.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Dan diantara keajaiban "isti'adzah" sebagai pembersih bagi lisan yang kerap melontarkan kata-kata keji, juga sebagai pengantar sebelum membaca ayat-ayat Allah, ia sebagai permohonan bantuan kepada Allah, dan pengakuan untuk-Nya yang maha kuasa, dan bagi seorang hamba pasti akan lemah menghadapi musuh yang halus ini (syaithon) tanpa pertolongan dari Allah.

2 ). Diantara faidah lain dari "isti'adzah" adalah agar syaithon menjauh dari hati seseorang ketika akan membaca a-Qur'an, sehingga ia dapat menghadirkan penghayatan dalam mentadabburi ayat-ayat Allah dan memahami maknanya, dan tentunya semakin banyak manfaat yang akan ia dapatkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

98. Dan jika kamu hendak membaca Al-Qur’an maka meminta pertolonganlah kepada Allah agar menjagamu dari ganguan setan dalam membacanya, yaitu setan yang tertolak dari rahmat Allah, dengan mengucapkan “A’uudzu billahi minasy-syaithaanir rajiim”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apabila kamu hendak membaca Al-Qur’an} hendak membaca Al-Qur’an {maka mohonlah pelindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk} yang terusir dari rahmat Allah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

98-100. Maksudnya, jika kamu hendak membaca Kitabullah yang merupakan kitab termulia dan paling agung, -di dalamnya terkandung muatan yang memperbaiki hati dan ilmu yang banyak-, maka sesungguhnya setan sangat antusias menggoda seorang hamba saat ia akan memulai mengerjakan amalan-amalan yang utama, lalu berusaha untuk membelokannya dari tujuan dan nilai-nilainya. Jalan menuju keselamatan dari gangguan setan ialah kembali kepada Allah dan berlindung kepada Allah dari kejahatannya, membaca Taawudz dengan merenungi maknanya dan hatinya berserah diri kepada Allah agar menyingkirkan setan darinya, tekun untuk mengenyahkan bisikan-bisikan dan imajinasi-imajinasinya, mengerahkan tenaga untuk menempuh faktor paling kuat guna mengusirnya. Yaitu menghiasi diri dengan baju iman dan tawakal. Sesungguhnya setan itu “tidak ada kekuasaannya,” maksudnya, penguasaan “atas orang-orang yang beriman, dan kepada Rabbnya,” semata, tiada sekutu bagiNya “mereka bertawakal,” maka Allah menyingkirkan keburuukan setan dari kaum Mukminin yang bertawakal kepadaNya, sehingga tiada celah tersisa baginya atas mereka. “Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah,” maksudnya penguasaannya “atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin,” menjadikannya sebagai pemimpin bagi mereka. Demikian itu, dengan cara melepaskan diri dari (bimbingan) kepemimpinan Allah dan masuk ke dalam ketaatan kepada setan serta bergabung dengan pasukannya. Mereka sendirilah yang memberikan (tongkat) kepemimpinan bagi setan atas diri mereka. Maka setan betul-betul mendorong mereka ke kubangan maksiat dan menghalau mereka ke neraka dengan sungguh-sungguh.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 98-100
Ini adalah perintah dari Allah SWT kepada para hambaNya melalui lisan NabiNya SAW, bahwa ketika mereka hendak membaca Al-Qur'an, maka hendaklah mereka meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Ini adalah perkara yang dianjurkan bukan wajib, menurut kesepakatan ulama atas hal itu yang diriwayatkan Abu Ja'far bin Jarir dan lainnya dari kalangan para imam.
Makna memohon perlindungan kepada Allah pada permulaan membaca Al-Qur'an, agar orang yang membacanya keliru dan mengakibatkan campur aduk dalam bacaannya dan membuatnya terhalang dari merenungkan dan memikirkannya.
Firman Allah: (Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya (99))
Ats-Tsauri berkata,bahwa setan tidak mempunyai kekuasaan atas mereka untuk menjerumuskannya ke dalam suatu dosa tanpa bertaubat darinya.
(Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin) Mujahid mengatakan, yaitu menaatinya.
Ulama’ lain berkata bahwa orang-orang yang menjadikannya sebagai penolongnya selain Allah (sedangkan mereka mempersekutukannya dengan Allah) yaitu mereka mempersekutukannya dalam menyembah Allah. Bisa diartikan bahwa huruf “ba’’” ini adalah “ba’” sababiyah, yaitu karena ketaatan mereka kepada setan, maka mereka menyekutukan Allah SWT“


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
(فَإِذَا قَرَأۡتَ ٱلۡقُرۡءَانَ) Fa`idzaa qara`tal qur`aan : jika kamu hendak membaca Al-Qur’an.
(فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ ) Fasta’idz billaahi minasy syaithaanir rajiim : Katakanlah: `A’uudzu billahi minasy syaithaanir rajiim untuk melindungimu dari bisikannya.


Makna ayat:
Konteks ayat yang mulia ini masih mengenai hidayah bagi kaum muslimin dan menyempurnakan mereka. firman-Nya “Apabila engkau hendak membaca Al-Qur’an” Wahai Muhammad, atau salah seorang dari kaum mukminin pengikutmu “Hendaklah engkau meminta perlindungan dari Allah dari setan yang terkutuk.” Ketika engkau hendak akan membaca Al-Qur’an, maka katakanlah: a’uudzu billah minasy syaithaanir rajiim. Karena bacaan itu dapat melindungimu dari hal-hal yang dapat merusak bacaanmu.

Pelajaran dari ayat:
• Dianjurkan mengucapkan “A’uudzu billaahi minasy syaithaanir rajiim” ketika hendak membaca Al-Qur’an.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 98: Yang di dalamnya terdapat kebaikan bagi hati dan ilmu yang banyak.

Yakni dengan mengucapkan, “A’uudzu billahi minasy syaithaanir rajiim” (artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Hal itu, karena setan berusaha memalingkan manusia dari maksud dan makna Al Qur’an, maka jalan keluarnya adalah dengan meminta perlindungan kepada Allah dari godaannya agar perhatian seseorang tertuju kepada Al Qur’an dan tidak berpaling daripadanya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 98

Usai menjelaskan pahala yang disiapkan-Nya sebagai balasan amal saleh orang beriman, pada ayat ini Allah lalu menjelaskan bahwa membaca Al-Qur'an adalah salah satu dari amal saleh itu. Allah menyatakan, apabila engkau hendak membaca Al-Qur'an, mohonlah perlindungan dengan tulus kepada Allah dengan mengucapkan kalimat a'udzu billa'hi minasy syaitho'nir rajim, baik secara keras maupun lirih, agar engkau dihindarkan oleh Allah dari bisikan, rayuan, dan godaan setan yang terkutuk karena dijauhkan dari rahmat Allah. Dengan memohon perlindungan secara tulus, Allah pasti akan melindungimu. Sungguh, setan itu dengan segala bisikan, rayuan, dan godaannya tidak akan berpengaruh negatif terhadap orang yang beriman dengan mantap dan bertawakal kepada tuhan, sebagai pemelihara, penjaga, dan pelindung mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat An-Nahl ayat 98 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Support dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dicari

Nikmati berbagai konten yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Yasin 40, Al-Baqarah 216, Al-A’raf, Assalaamualaikum, Luqman 13-14, Al-Fatihah 2. Termasuk Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 284-286, Yunus 41, Ali ‘Imran 104, Al-Fatihah 1, Al-Fatihah 7.

  1. Yasin 40
  2. Al-Baqarah 216
  3. Al-A’raf
  4. Assalaamualaikum
  5. Luqman 13-14
  6. Al-Fatihah 2
  7. Ali ‘Imran 191
  8. Al-Baqarah 284-286
  9. Yunus 41
  10. Ali ‘Imran 104
  11. Al-Fatihah 1
  12. Al-Fatihah 7

Pencarian: surat an naba ayat 38, nurun ala nur, wal ngasri, al an am artinya, al hijr ayat 28

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: