Surat Al-Isra Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كُلًّا نُّمِدُّ هَٰٓؤُلَآءِ وَهَٰٓؤُلَآءِ مِنْ عَطَآءِ رَبِّكَ ۚ وَمَا كَانَ عَطَآءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا

Arab-Latin: Kullan numiddu hā`ulā`i wa hā`ulā`i min 'aṭā`i rabbik, wa mā kāna 'aṭā`u rabbika maḥẓụrā

Artinya: Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi.

« Al-Isra 19Al-Isra 21 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Surat Al-Isra Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan variasi penjabaran dari berbagai ulama berkaitan makna surat Al-Isra ayat 20, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Masing-masing golongan yang berusaha untuk dunia yang fana dan golongan yang beramal untuk akhirat yang kekal, Kami memberinya tambahan bagian dari rizki Kami. Kami memberi rizki kepada kaum mukminin dan orang-orang kafir di dunia. Sebab sesungguhnya rizki itu berasal dari pemberian tuhanmu sebagai karunia dariNya. Dan pemberian tuhanmu tidak terhalangi bagi siapapun, orang mukmin maupun kafir.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

20. Dan bagi setiap orang yang beramal untuk dunia dan yang beramal untuk akhirat akan Kami berikan kepada mereka karunia Kami yang luas. Kami memberi rezeki di dunia kepada orang beriman dan orang kafir, kepada orang yang taat dan orang yang bermaksiat; dan karunia Tuhanmu tidak pernah terhalang dari seorang pun.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Kepada masing-masing dua golongan ini yaitu golongan buruk dan golongan baik, Kami berikan bantuan dan tambahan kemurahan dari karunia Tuhanmu -wahai Rasul- tanpa henti. Sungguh karunia dan kemurahan Tuhanmu di kehidupan dunia ini tidak terhalangi dari seorangpun, sama saja ia orang baik-baik ataupun orang yang buruk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. كُلًّا نُّمِدُّ هٰٓؤُلَآءِ وَهٰٓؤُلَآءِ (Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu Kami berikan bantuan)
Yakni Kami menambah pemberian Kami kepada setiap golongan secara terus menerus tanpa terputus, kemaksiatan seseorang tidak menjadikan rezekinya terputus.

مِنْ عَطَآءِ رَبِّكَ ۚ( dari kemurahan Tuhanmu)
Yakni seluruh rezeki tersebut hanya karena karunia dan kemurah-Nya.

وَمَا كَانَ عَطَآءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا(Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi)
Yakni tidak terlarang.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

20. Masing-masing golongan itu akan Kami beri anugerah dan Kami mudahkan setelah beberapa kesempatan dari rejeki Tuhanmu dengan kemurahan anugerahNya. Dan rejeki dan keutamaan Tuhanmu itu pasti diberikan kepada orang yang layak menerimanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tiap-tiap (golongan) Kami beri tambahan} Kami tambah {dari anugerah Tuhanmu, golongan itu dan golongan ini dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi} tidak bisa dicegah siapapun


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

20. Walaupun demikian, jatah mereka di dunia tidak terlewatkan. Masing-masing pihak dibantu oleh Allah dari bagian kenikmatan dunia, karena itu merupakan cerminan curahan karunia dan kebaikan Allah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 20-21
Allah SWT berfirman: (Kepada masing-masing) yaitu, kepada setiap orang dari kedua kelompok itu dimana kelompok yang mengharapkan dunia dan kelompok yang mengharapkan akhirat, Kami memberikan bantuan kepada mereka dalam hal itu (dari kemurahan Tuhanmu) yaitu Dia adalah Dzat yang mengatur dan memutuskan sesuatu, serta tidak berbuat aniaya. Maka Dia memberikan kepada setiap tiap orang apa yang berhak dia terima, berupa kebahagiaan dan kecelakaan. Tidak ada yang dapat menolak keputusanNya, mencegah pemberianNya, dan mengubah kehendakNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi) yaitu, tidak ada seorangpun yang dapat mencegahnya dan menolak apa yang Dia kehendaki.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi) yaitu dikurangi.
Al-Hasan dan Ibnu Juraij berkata bahwa makna yang dimaksud adalah dicegah.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain)) yaitu di dunia, sehingga di antara mereka ada yang kaya dan yang miskin, serta ada yang di antara keduanya. Ada yang tampan, ada yang buruk, serta ada yang di antara keduanya. Ada yang mati saat masih kecil, ada yang diberi usia panjang sehingga berusia lanjut, serta ada pula yang di antara keduanya.
(Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatannya dan lebih besar keutamaannya) karena perbedaan mereka di akhi­rat lebih besar daripada di dunia. Di antara mereka ada yang tinggal di serajat bawah neraka Jahannam dalam keadaan terbelenggu oleh rantai-rantainya, ada pula yang tinggal pada kedudukan tertinggi dengan kenikmatan dan kegembiraan. Kemudian penduduk neraka berbeda-beda tingkatan tempatnya, sebagaimana berbeda tingkatan penduduk surga, karena sesungguhnya surga itu terdiri atas seratus derajat , jarak antara satu tingkatan ke yang lain sama dengan jarak antara langit dan bumi. Dalam hadits shahih Bukhari Muslim bahwa,”Sesungguhnya penduduk surga tingkatan tinggi, benar-benar dapat melihat penduduk surga yang lebih tinggi darinya sebagaimana kalian melihat bintang-bintang yang terletak jauh di langit” Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatannya dan lebih besar keutamaannya)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

(كُلّٗا نُّمِدُّ هَٰٓؤُلَآءِ وَهَٰٓؤُلَآءِ) kullan numiddu haa`ulaa`i wa haa`ulaa`i : Kami memberi keduanya.
(وَمَا كَانَ عَطَآءُ رَبِّكَ مَحۡظُورًا) wa maa kaana ‘athaa`u rabbika mahzhuuraa : karunia Allah ta’ala di dunia tidak terbatas dari siapapun.

Makna ayat:
Firman-Nya ta’ala “Kepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (golongan) itu (yang menginginkan akhirat), Kami berikan bantuan dari kemurahan Rabbmu. Dan kemurahan Rabbmu tidak dapat terhalangi.” Setiap dari yang menginginkan dunia dan yang menginginkan akhirat, Allah memberikan mereka pemberian-Nya; karunia-Nya yang luas. Mereka semua makan, minum, dan mengenakan pakaian sesuai dengan apa yang telah ditakdirkan untuk mereka, baik luas ataupun sempit, kemudian mereka meninggal dan jelaslah perbedaan tergantung pada keinginan yang rusak atau yang baik. Firman-Nya ta’ala “Dan kemurahan Rabbmu tidak dapat terhalangi.” Jika Allah ta’ala menginginkan untuk memberi kepada seseorang, maka tidak ada yang dapat menghalangi pemberian tersebut.

Pelajaran dari ayat:
• Kedua negeri; kebahagian dan kesengsaraan, tergantung kepada usaha dan perbuatan hamba. Ini merupakan ketetapan Allah ta’ala kepada para hamba-Nya.
• Usaha untuk mendapatkan dunia adalah dengan perdagangan, pertanian, dan produksi.
• Usaha untuk mendapatkan akhirat adalah dengan iman, amal saleh, dan membersihkan diri dari syirik dan maksiat.
• Allah ta’ala memberikan dunia kepada yang Dia cintai dan tidak Dia cintai, pemberiannya tergantung kepada ketetapan-Nya yang harus diketahi di dunia, serta perbuatan sesuai dengan aturan-Nya bagi mereka yang ingin dunia ataupun akhirat.
• Apa yang Allah berikan, tidak mungkin akan dihalangi oleh siapa pun, sehingga wajib bertawakkal kepada Allah dan berpaling dari selain-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 20: Bahkan semua makhluk mendapatkan karunia dan ihsan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 20

Kepada masing-masing golongan, baik golongan ini yang mengharapkan pembalasan dunia maupun golongan itu yang mengharapkan pembalasan akhirat, kami berikan bantuan dari kemurahan tuhanmu, yakni kami berikan bagi keduanya itu pembalasan sesuai dengan amal perbuatannya. Dan kemurahan tuhanmu tidak dapat dihalangi oleh siapa pun. Pembalasan di dunia kami berikan kepada siapa saja yang berusaha meraihnya, baik kafir maupun mukmin, sedangkan pembalasan berupa pahala di akhirat, khusus kami anugerahkan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh dengan sungguh-sungguh sesuai dengan ketentuan tuhanmu. Kemudian Allah menyatakan kepada kedua golongan itu, perhatikanlah dan ambillah pelajaran bagimu bagaimana kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian yang lain, dari kesenangan duniawi maupun kesenangan ukhrawi yang diperoleh sebagai ganjaran dari amal perbuatannya. Dan pasti pembalasan berupa kesenangan dalam kehidupan akhirat lebih tinggi derajatnya dan lebih besar keutamaanya dibandingkan dengan pembalasan di dunia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari beragam mufassir mengenai isi dan arti surat Al-Isra ayat 20 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Support usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dilihat

Nikmati berbagai topik yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: Ayat Kursi, Shad 54, Ar-Rahman, Asmaul Husna, Al-Baqarah, Al-Kautsar. Ada pula Yasin, Al-Mulk, Al-Waqi’ah, Al-Kahfi, Do’a Sholat Dhuha, Al-Ikhlas.

  1. Ayat Kursi
  2. Shad 54
  3. Ar-Rahman
  4. Asmaul Husna
  5. Al-Baqarah
  6. Al-Kautsar
  7. Yasin
  8. Al-Mulk
  9. Al-Waqi’ah
  10. Al-Kahfi
  11. Do’a Sholat Dhuha
  12. Al-Ikhlas

Pencarian: wa nunazzilu minal quran, qs ar rum ayat 21, bacaan setelah adzan, huwal awwalu wal akhiru, at tahrim

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: