Surat Al-Isra Ayat 87

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَّا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ إِنَّ فَضْلَهُۥ كَانَ عَلَيْكَ كَبِيرًا

Arab-Latin: Illā raḥmatam mir rabbik, inna faḍlahụ kāna 'alaika kabīrā

Artinya: Kecuali karena rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya karunia-Nya atasmu adalah besar.

« Al-Isra 86Al-Isra 88 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Mengenai Surat Al-Isra Ayat 87

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 87 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah mendalam dari ayat ini. Didapati beraneka penjabaran dari banyak ulama terhadap kandungan surat Al-Isra ayat 87, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Akan tetapi, Allah merahmatimu, sehingga meneguhkannya dalam hatimu. Sesungguhnya karuniaNya terhadap dirimu sangatlah besar. Dia telah menganugerahkan kepadamu al-qur’an al-azhim dan maqam mahmud (kedudukan yang terpuji) serta karunia-karunia lainnya yang tidak diberikanNya kepada seorangpun dari seluruh makhluk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

87. Akan tetapi Kami tidaklah melenyapkannya sebagai rahmat dari Tuhanmu, bahkan membiarkannya terjaga (dalam dada dan lembaran kitab), sungguh karunia Tuhanmu kepadamu begitu besar yang mana Dia menjadikanmu sebagai Rasul, menutup para Nabi dengan dirimu, serta menurunkan kitab Al-Qur`ān kepadamu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. إِلَّا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ (kecuali karena rahmat dari Tuhanmu)
Yakni, akan tetapi Kami tidak menghendaki hal itu karena rahmat dari Tuhanmu.

إِنَّ فَضْلَهُۥ كَانَ عَلَيْكَ كَبِيرًا(Sesungguhnya karunia-Nya atasmu adalah besar)
Yang telah menjadikanmu seorang Rasul, menurunkan kepadamu al-Qur’an, menjadikanmu pemimpin bani Adam, memberimu kedudukan yang terpuji, dan kenikmatan lainnya yang Allah karuniakan kepadamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Akan tetapi Kami tidak mengendaki itu dan Kami tetap membuatnya terpelihara di dadamu sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya keutamaanNya kepadamu itu sangat besar wahai Nabi, dengan menjadikanmu seorang rasul


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tetapi tidak} tetapi kami tidak menginginkan itu {karena rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya karuniaNya atasmu sangat besar


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

86-87. Allah mengabarkan bahwa al-Quran dan wahyu yang Allah wahyukan kepada RasulNya, adalah rahmat bagi Rasul itu sendiri dan bagi para hambaNya. Hal itu adalah nikmat terbesar yang diberikan kepada RasulNya secara mutlak. Sungguh karunia yang Allah berikan kepada beliau sangat besar, tak terukur kadarnya. Maka Dzat yang telah berkenan mengutumakan kamu dengan itu, mampu untuk melenyapkannya kemudian engkau tidak dapat menjumpai orang yang mampu mengemballikannya (kepadamu) dan tidak ada seorang penolong pun yang memintakannya kepada Allah. Oleh karenanya, bergembiralah kamu dan tenanglah. Jangan risau terhadap tuduhan dusta dari orang-orang yang mendustakan dan olokan dari orang-orang sesat. Mereka telah ditawari nikmat yang paling besar, akan tetapi menolaknya disebabkan kehinaan mereka di hadapan Allah dan penelantaranNya terhadap mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-89
Allah SWT menyebutkan nikmat dan karuniaNya yang agung atas hamba dan RasulNya SAW yang mulia, dalam Al-Qur'an yang diwahyukan kepada beliau (tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana, Maha Terpuji (42)) (Surah Fushshilat)
Kemudian Allah SWT mengingatkan tentang kemuliaan Al-Qur'an yang agung ini. Jadi Allah SWT memberitahukan bahwa seandainya seluruh manusia dan jin berkumpul, lalu mereka sepakat membuat hal yang serupa dengan kitab yang Dia turunkan kepada RasulNya maka mereka tidak akan mampu, sekalipun mereka saling membantu dan menolong satu sama lain. Karena sesungguhnya ini merupakan sesuatu yang mustahil mereka lakukan, bagaimana bisa kalam makhluk itu serupa dengan kalam Tuhan Yang Maha Pencipta yang tidak ada suatu tandingan, hal yang serupa dan setara denganNya.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya kami telah mengulang-ulang kepada manu­sia). yaitu Kami menjelaskan kepada mereka hujjah dan bukti-bukti yang pasti dan jelas, dan Kami telah menerangkan kepada mereka kebenaran dengan keterangan terperinci dan jelas. Akan tetapi, meski begitu (sebagian besar manusia tidak menyukai, melainkan menging­karinya) yaitu mereka tetap mengingkari dan menentang kebenaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 87: Yakni tidak dilenyapkan-Nya Al Qur’an itu adalah karena rahmat Allah.

Karena Dia telah menurunkan Al Qur’an kepadamu, memberikan kamu maqam mahmud (lihat Al Israa’: 79), dan memberikan keutamaan lainnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 87

Kecuali karena rahmat dari tuhanmu yang dicurahkan kepadamu dan semua makhluk-Nya. Sungguh, karunia-Nya atasmu, wahai nabi Muhammad, yang aku cintai dan aku pilih sebagai utusan-ku, sangat besar. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul bersama-sama dan mengerahkan semua upaya untuk membuat yang serupa dengan Al-Qur'an ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, dalam kesempurnaan isinya dan keindahan bahasanya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari banyak ulama mengenai kandungan dan arti surat Al-Isra ayat 87 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dilihat

Tersedia ratusan konten yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, An-Naas, Al-Lail, ‘Abasa. Serta Yasin 9, Maryam, Al-Ma’idah 32, Al-Fatihah 6, Luqman 13, At-Taubah 40.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Al-Hujurat 10
  4. An-Naas
  5. Al-Lail
  6. ‘Abasa
  7. Yasin 9
  8. Maryam
  9. Al-Ma’idah 32
  10. Al-Fatihah 6
  11. Luqman 13
  12. At-Taubah 40

Pencarian: at taghabun ayat 4, al ankabut 17, terjemahan surat alfatihah, lukman 14, surat an nisa 140

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: