Surat Al-Isra Ayat 88

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُل لَّئِنِ ٱجْتَمَعَتِ ٱلْإِنسُ وَٱلْجِنُّ عَلَىٰٓ أَن يَأْتُوا۟ بِمِثْلِ هَٰذَا ٱلْقُرْءَانِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِۦ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Arab-Latin: Qul la`inijtama'atil-insu wal-jinnu 'alā ay ya`tụ bimiṡli hāżal-qur`āni lā ya`tụna bimiṡlihī walau kāna ba'ḍuhum liba'ḍin ẓahīrā

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain".

« Al-Isra 87Al-Isra 89 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Isra Ayat 88

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 88 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran penting dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penjelasan dari kalangan mufassir terhadap kandungan surat Al-Isra ayat 88, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah, ”seandainya bangsa jin dan manusia sepakat berusaha mendatangkan sesuatu yang serupa dengan al-qur’an yang merupakan mukjizat ini, niscaya mereka tidak sanggup mendatangkan yang semisal dengan keindahan bahasanya, maknanya dan hukumnya, walaupun mereka semua saling membantu dan saling bekerja sama untuk mewujudkannya. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

88. Allah menjelaskan keagungan al-Qur’an dalam kefasihan, hukum-hukum, kalimat-kalimat, dan makna-maknanya. Al-Qur’an adalah mukjizat dari Allah, dan bukan perkataan manusia.

Hai Rasulullah, katakanlah kepada jin dan manusia: “Sungguh jika seluruh jin dan manusia bersepakat untuk bantu membantu dalam mendatangkan sesuatu yang setara dengan al-Qur’an dalam kefasihan dan hikmahnya, niscaya mereka tidak akan mampu melakukannya meskipun mereka telah saling tolong menolong.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

88. Katakanlah wahai Rasul, "Sesungguhnya jika seluruh manusia dan jin berkumpul untuk membuat sesuatu yang serupa dengan Al-Qur`ān yang diturunkan kepadamu dari segi balagah atau sastranya, keindahan susunannya, dan ketepatan penempatan lafal-lafalnya, mereka tidak akan pernah sanggup membuat yang serupa dengannya sekalipun mereka saling membantu dan menolong satu sama lain."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

88. قُل لَّئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰٓ أَن يَأْتُوا۟ بِمِثْلِ هٰذَا الْقُرْءَانِ (Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini)
Yakni al-Qur’an yang diturunkan Allah dengan kefasihan, keindahan rangkaian kata-katanya, dan keringkasan lafadz dengan kedalaman maknanya.

لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِۦ(niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia)
Sebab makhluk tidak akan mampu mendatangkan yang semisal dari yang didatangkan oleh Sang Pencipta.

وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا(sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”)
Yakni pembantu dan penolong.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

88. Katakanlah wahai Rasul: “Jikalau manusia dan jin berkumpul secara bersamaan untuk mendatangkan hal yang menyerupai Al-Qur’an ini dalam segi kesempurnaan balaghah, fashahah dan kefasihan lafaznya, niscaya mereka tidak mungkin bisa melakukannya, meskipun mereka saling membantu satu sama lain” Sebagian orang Yahudi berkata kepada Nabi SAW: “Al-Qur’an ini tidak teratur rapi seperti Taurat. Maka turunkanlah kepada kami sebuah kitab yang kami kenal. Kalau tidak, kami akan mendatangkan kepadamu sesuatu seperti yang engkau bawa.” Maka Allah menurunkan ayat ini”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Sungguh, jika manusia dan jin berkumpul untuk mendatangkan yang serupa dengan Al-Qur’an ini, mereka tidak akan dapat mendatangkan yang serupa dengannya, sekalipun mereka satu sama lain membantu} membantu dan menolong


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

88. Ini adalah dalil yang pasti dan petunjuk yang terang atas kebenaran dan kelurusan apa yang dibawa Rasulullah. Allah menantang kalangan manusia dan jin supaya mendatangkan sesuatu yang serupa dengan al-Quran. Allah memberitahukan bahwasanya mereka tidak akan pernah mampu mendatangkan sesuatu yang semisal al-Quran. Meskipun mereka saling bekerjasama untuk itu, mereka tidak akan mampu. Maka terjadilah sebagaimana yang dikabarkan Allah.
Sesungguhnya motivasi-motivasi dari musuh Allah yang mendustakan al-Quran sangat banyak untuk membantah (al-Quran) yang beliau bawa dengan cara apa pun. Padahal mereka adalah orang-orang yang ahli dalam bahasa dan kefasihan. Seandainya mereka memiliki keahlian dan kemampuan sedikit saja untuk itu, tentu mereka akan melakukannya. Dengan itu bisa diketahui bahwasanya mereka itu tertunduk sangat dalam secara suka rela maupun terpaksa. Mereka itu terlalu lemah untuk mengadakan penentangan terhadap al-Quran.
Bagaimana mungkin makhluk yang berasal dari tanah, memiliki kekurangan dari segala sisi, -yang tidak mempunyai ilmu, kemampuan, kemauan, keinginan, pembicaraan, dan kesempurnaan melainkan datang dari Rabbnya- dapat menantang perkataan Rabb bumi dan langit, Dzat yang memiliki kesempurnaan dan pujian yang mutlak dan kemuliaan yang agung, Dzat yang seandainya lautan itu dijadikan tinta kemudian ditambahkan lagi tujuh lautan sebagai tambahan dan seluruh pepohonan dijadikan pena untuk menuliskan kalimat-kalimatNya, tentulah tinta-tinta itu akan habis dan pena-pena rusak, sementara kalimat-kalimatNya belum selesai dituliskan?
Sebagaimana tidak ada satu makhluk pun yang menyerupai Allah dalam sifat-sifatNYa, maka perkataanNya termasuk sifat-sifat Allah yang tidak ada seorangpun yang dapat menyerupai Allah di dalamnya. Tidak ada sesuatu pun yang menyerupaiNya, baik dalam dzat, sifat, nama maupun perbuatanNYa. Maka celakalah orang yang menyamakan Kalamulllah dengan perkataan makhluk dan menyangkan bahwa Muhammad-lah yang mengada-adakan hal itu atas Nama Allah dan membuatnya sendiri.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-89
Allah SWT menyebutkan nikmat dan karuniaNya yang agung atas hamba dan RasulNya SAW yang mulia, dalam Al-Qur'an yang diwahyukan kepada beliau (tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana, Maha Terpuji (42)) (Surah Fushshilat)
Kemudian Allah SWT mengingatkan tentang kemuliaan Al-Qur'an yang agung ini. Jadi Allah SWT memberitahukan bahwa seandainya seluruh manusia dan jin berkumpul, lalu mereka sepakat membuat hal yang serupa dengan kitab yang Dia turunkan kepada RasulNya maka mereka tidak akan mampu, sekalipun mereka saling membantu dan menolong satu sama lain. Karena sesungguhnya ini merupakan sesuatu yang mustahil mereka lakukan, bagaimana bisa kalam makhluk itu serupa dengan kalam Tuhan Yang Maha Pencipta yang tidak ada suatu tandingan, hal yang serupa dan setara denganNya.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya kami telah mengulang-ulang kepada manu­sia). yaitu Kami menjelaskan kepada mereka hujjah dan bukti-bukti yang pasti dan jelas, dan Kami telah menerangkan kepada mereka kebenaran dengan keterangan terperinci dan jelas. Akan tetapi, meski begitu (sebagian besar manusia tidak menyukai, melainkan menging­karinya) yaitu mereka tetap mengingkari dan menentang kebenaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 88: Ayat ini merupakan bukti kebenaran Al Qur’an, di mana Allah menantang manusia dan jin untuk mendatangkan yang serupa dengan Al Qur’an, dan Dia memberitahukan, bahwa mereka tidak mampu membuatnya meskipun mereka saling bantu-membantu.

Ayat ini turun untuk membantah perkataan orang-orang kafir, “Jika kami mau, kami mampu berkata seperti ini.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 88

Katakanlah, wahai nabi Muhammad, sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul bersama-sama dan mengerahkan semua upaya untuk membuat yang serupa dengan Al-Qur'an ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, dalam kesempurnaan isinya dan keindahan bahasanya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain. Dan sungguh, Allah bersumpah, kami telah menjelaskan kepada manusia dalam Al-Qur'an ini dengan bermacam-macam perumpamaan, yakni dengan bermacam-macam cara dan gaya bahasa, seperti penyampaian kebenaran dengan disertai bukti-bukti, dengan janji dan ancaman, kisah dan perumpamaan yang disampaikan berulang-ulang agar manusia beriman, tetapi kebanyakan manusia tidak menyukainya bahkan mengingkarinya. Mereka tidak tersentuh hatinya sedikit pun untuk dapat menerima tuntunan Al-Qur'an walaupun disampaikan dengan bermacam-macam cara dan gaya bahasa karena kesombongan dan kedengkian mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjelasan dari kalangan mufassir terhadap isi dan arti surat Al-Isra ayat 88 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita bersama. Bantu usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dikaji

Tersedia ratusan halaman yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 183, Al-Bayyinah, Inna Lillahi, Al-Fath, Al-Fil, Al-Insyirah. Ada juga Al-‘Alaq, At-Tin, Yusuf 4, Ali ‘Imran 159, Alhamdulillah, Al-Ma’un.

  1. Al-Baqarah 183
  2. Al-Bayyinah
  3. Inna Lillahi
  4. Al-Fath
  5. Al-Fil
  6. Al-Insyirah
  7. Al-‘Alaq
  8. At-Tin
  9. Yusuf 4
  10. Ali ‘Imran 159
  11. Alhamdulillah
  12. Al-Ma’un

Pencarian: surat al imran ayat 110, latin surat al alaq, anbiya ayat 89, surah addhuha, amanar rasulu bima unzila ilaihi mir rabbihi wal-mu'minun

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: