Surat Al-Isra Ayat 95

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُل لَّوْ كَانَ فِى ٱلْأَرْضِ مَلَٰٓئِكَةٌ يَمْشُونَ مُطْمَئِنِّينَ لَنَزَّلْنَا عَلَيْهِم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ مَلَكًا رَّسُولًا

Arab-Latin: Qul lau kāna fil-arḍi malā`ikatuy yamsyụna muṭma`innīna lanazzalnā 'alaihim minas-samā`i malakar rasụlā

Artinya: Katakanlah: "Kalau seandainya ada malaikat-malaikat yang berjalan-jalan sebagai penghuni di bumi, niscaya Kami turunkan dari langit kepada mereka seorang malaikat menjadi rasul".

« Al-Isra 94Al-Isra 96 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Isra Ayat 95

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 95 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapatkan beraneka penjabaran dari berbagai mufassir berkaitan kandungan surat Al-Isra ayat 95, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah (wahai rasul) sebagai bantahan terhadap pengingkaran kaum musyrikin perihal rasul yang berasal dari bangsa manusia. ”kalau seandainya di muka bumi ada malaikat-malaikat yang berjalan-jalan di atasnya dengan tenang, pastilah kami akan mengutuus kepada mereka seorang rasul dari bangsa malaikat. Hanya saja, penghuni bumi adalah manusia. Maka utusan Allah kepada mereka sepantasnya dari bangsa mereka sendiri, agar memungkinkan terjadinya komunikasi baik dengannya dan memahami ucapannya. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

95-96. Hai Rasulullah, katakanlah kepada mereka: “Seandainya di bumi hidup malaikat sebagai ganti dari manusia yang hidup di sana, niscaya Kami akan menurunkan dari langit seorang rasul dari golongan malaikat; akan tetapi penduduk bumi adalah manusia.”

Katakanlah: “Cukuplah Allah sebagai saksiku; Dia Maha Mengetahui segala keadaan hamba-hamba-Nya dan Maha Melihat segala perbuatan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

95. Katakanlah -wahai Rasul- sebagai bantahan kepada mereka, "Sekiranya di bumi ada Malaikat yang menetap dan berjalan di atasnya dengan rasa tenang sebagaimana halnya keadaan kalian, niscaya Kami akan turunkan kepada mereka seorang Malaikat dari langit sebagai Rasul dari bangsa mereka sendiri, karena hanya Dia lah yang bisa memahamkan mereka tentang risalah yang diembannya, dan bukanlah suatu kebaikan bila Kami mengutus kepada para Malaikat tersebut seorang Rasul dari kalangan manusia, dan hal ini persis dengan keadaan kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

95. قُل لَّوْ كَانَ فِى الْأَرْضِ مَلٰٓئِكَةٌ يَمْشُونَ مُطْمَئِنِّينَ (Katakanlah: “Kalau seandainya ada malaikat-malaikat yang berjalan-jalan sebagai penghuni di bumi)
Yakni seandainya yang di bumi sebagai ganti dari manusia adalah para malaikat yang berjalan dengan kedua kaki dengan tenang dan tentram sebagaimana manusia berjalan.

لَنَزَّلْنَا عَلَيْهِم مِّنَ السَّمَآءِ مَلَكًا رَّسُولًا(niscaya Kami turunkan dari langit kepada mereka seorang malaikat menjadi rasul)
Agar rasul itu berasal dari golongan mereka sehingga ia dapat menyampaikan dan memberikan pemahaman dengan lebih sempurna.
Yakni bukanlah sebuah kebijaksanaan jika ketika itu Kami mengutus seorang manusia kepada golongan malaikat tersebut.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

95. Katakanlah kepada mereka wahai rasul: “Sesungguhnya tiap-tiap rasul itu dari golongan yang diutus kepadanya, maka jika di bumi itu ada malaikat-malaikat yang berjalan kaki dan menetap di sana, niscaya Kami akan mengutus kepada mereka seorang malaikat sebagai rasul dari golongan mereka, supaya mereka bisa saling memahami”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Jika di bumi ada para malaikat yang berjalan dengan tenang} tinggal dan menetap di sana {sungguh Kami menurunkan kepada mereka malaikat dari langit untuk menjadi rasul”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

95. Seandainya “ada malaikat-malaikat yang berjalan-jalan sebagai penghuni di bumi,” sedangkan mereka (kamu musyrikin) sanggup untuk menyaksikan dan menerima wahyu dari para malaikat “niscaya Kami turunkan dari langit kepada mereka seorang rasul,” agar memungkinkan mereka untuk bertemu dengannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 94-95
Firman AJlah SWT: (Dan tidak ada sesuatu yang menghalangi manusia) yaitu sebagian besar dari mereka (untuk beriman) dan mengikuti seorang rasul, melainkan karena mereka merasa heran jika Allah menjadikan seorang rasul dari kalangan manusia. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Patutkah menjadi keheranan bagi manusia bahwa Kami mewah­yukan kepada seorang laki-laki di antara mereka, "Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman (Surah Yunus: 2) dan (Yang demikian itu karena sesungguhnya ketika rasul-rasul datang kepada mereka (membawa) keterangan-ke-terangan lalu mereka berkata, “Apakah (pantas) manusia yang memberi petunjuk kepada kami?” Lalu mereka ingkar dan berpaling; padahal Allah tidak memerlukan (mereka). Dan Allah Mahakaya, Maha Terpuji (6)) (Surah At-Taghabun). Fir'aun berkata kepada pembesar-pembesar kaumnya: (Apakah (patut) kita percaya kepada dua orang manusia seperti kita (juga). padahal kaum mereka (Bani Israil) adalah orang-orang yang menghambakan diri kepada kita?”) (Surah Al-Mu’minun: 47) Demikian juga umat-umat lainnya mengatakan hal yang sama terhadap para rasul mereka (Kalian tidak lain hanyalah manusia seperti kami juga. Kalian menghendaki untuk menghalang-halangi (membelokkan) kami dari apa yang selalu disembah nenek moyang kami. Karena itu, datangkanlah kepada kami bukti nyata) (Surah Ibrahim: 10) dan ayat-ayat lain tentang hal ini sangat banyak
Kemudian Allah SWT berfirman seraya mengingatkan atas kelembutan dan rahmatNya kepada para hambaNya bahwa Dia mengu­tus rasulNya kepada mereka dari bangsa dan jenis mereka agar mereka bisa memahami dan mengerti dia melalui.percakapan dan pembicaraan dengannya. Seandainya Allah mengutus rasulNya dari kalangan malaikat, maka mereka tidak mampu berta­tap muka dengannya, tidak pula bisa memahaminya. Sebagaimana Allah berfirman: (Sesungguhnya Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri) (Surah Ali Imran: 164) Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (Katakanlah, "Kalau sekiranya ada malaikat-malaikat yang ber­jalan-jalan sebagai penghuni di bumi”) yaitu sebagaimana kalian berjalan-jalan di bumi (niscaya Kami turunkan dari langit kepada mereka seorang ma­laikat menjadi rasul) yaitu dari jenis mereka. Karena kalian adalah jenis manusia, maka Kami mengutus rasul Kami kepada kalian dari kalangan kalian sendiri sebagai kelembutan sayang dan rahmat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 95: Hal itu, karena tidaklah diutus kepada suatu umat seorang rasul kecuali dari kalangan mereka, agar dapat berbicara dengan mereka dan agar pembicaraannya dipahami. Di samping itu, mereka tidak sanggup menimba pelajaran dari para malaikat karena mereka tidak berjalan-jalan di bumi dengan tenang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 95

Katakanlah wahai nabi Muhammad, sekiranya di bumi ada para malaikat, yang berjalan-jalan dengan tenang, dan melakukan aneka kegiatan di muka bumi ini, niscaya kami turunkan kepada mereka malaikat dari langit untuk menjadi rasul bagi mereka. Itulah ketetapan Allah yang berlaku baik dahulu mapun sekarang, yaitu mengutus para rasul dari jenis makhluk yang sama dengan jenis makhluk kepada siapa ia diutus menyampaikan wahyu kepadanya. Katakanlah wahai nabi Muhammad kepada orang-orang yang tidak mau beriman, cukuplah Allah menjadi saksi antara aku dan kamu sekalian bahwa aku adalah seorang manusia yang diutus oleh Allah menyampaikan wahyu kepadamu. Sungguh, dia maha mengetahui keadaan setiap makhluk-Nya, maha melihat akan tingkah laku dan perbuatan hamba-hamba-Nya baik yang tampak maupun yang tersembunyi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penafsiran dari kalangan ulama terhadap isi dan arti surat Al-Isra ayat 95 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita semua. Sokong kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dibaca

Tersedia berbagai materi yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 285-286, Luqman 13, At-Taubah 40, Al-Fatihah 6, An-Naas. Termasuk Yasin 9, ‘Abasa, Al-Lail, Maryam, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Luqman 13
  4. At-Taubah 40
  5. Al-Fatihah 6
  6. An-Naas
  7. Yasin 9
  8. ‘Abasa
  9. Al-Lail
  10. Maryam
  11. Al-Hujurat 10
  12. Al-Ma’idah 32

Pencarian: surat hud ayat 61, qs al anbiya 89, ali imran 135, al waqiah 1-10, huruf idgham

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: