Surat Al-Isra Ayat 106

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَقُرْءَانًا فَرَقْنَٰهُ لِتَقْرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ وَنَزَّلْنَٰهُ تَنزِيلًا

Arab-Latin: Wa qur`ānan faraqnāhu litaqra`ahụ 'alan-nāsi 'alā mukṡiw wa nazzalnāhu tanzīlā

Artinya: Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

« Al-Isra 105Al-Isra 107 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Mengenai Surat Al-Isra Ayat 106

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 106 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir penting dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penafsiran dari berbagai mufassirun mengenai isi surat Al-Isra ayat 106, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kami telah menurunkan kepadamu (wahai rasul) al-qur’an yang telah kami jelaskan, kami rapikan dan kami uraikan untuk menjadi pembeda antara petunjuk dan kesesatan, kebenaran, dan kebatilan; agar engkau membacakannya kepada manusia dengan pelan-pelan dan perlahan-lahan, dan kami turunkan al-qur’an itu secara terpisah-pisah sedikit demi sedikit, sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi dan tuntutan kondisi-kondisi.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

106-109. Kami telah menjelaskan al-Qur’an agar manusia membacanya dengan perlahan supaya mereka dapat memahaminya; dan Kami menurunkannya sedikit demi sedikit.

Hai Rasulullah, katakanlah kepada orang-orang kafir: “Sama saja apakah kalian beriman kepada al-Qur’an atau tidak, ia tetaplah kitab yang benar.

Sungguh orang-orang yang memiliki ilmu tentang kitab-kitab terdahulu, jika al-Qur’an dibacakan kepada mereka niscaya mereka akan mengimaninya dan mendengarnya dengan khusyu’ dan bersujud bersungkur di atas wajah mereka seraya berkata: ‘Maha Suci Tuhan kami, sungguh janji-Nya pasti akan terjadi’.

Dan jika kembali dibacakan al-Qur’an kepada mereka, maka mereka akan kembali sujud dan bersungkur di atas wajah mereka sambil menangis dan kekhusyu’an dan ketundukan mereka kepada Allah akan semakin bertambah.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

106. Dan Al-Qur`ān itu Kami turunkan dengan keterangan yang jelas, dengan harapan agar engkau membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan, dan tidak tergesa-gesa, karena hal itu lebih mudah untuk dipahami dan diperhatikan, dan Kami pula yang menurunkannya secara berangsur-angsur dan bertahap sesuai dengan peristiwa dan kondisi tertentu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

106. وَقُرْءَانًا فَرَقْنٰهُ (Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur)
Yakni Kami menurunkannya sedikit demi sedikit, bukan sekaligus.

لِتَقْرَأَهُۥ عَلَى النَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ(agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia)
Yakni membacakannya selama masa diturunkannya sedikit demi sedikit dengan perlahan, hal ini menjadikannya lebih mudah dipahami dan dihafal.

وَنَزَّلْنٰهُ تَنزِيلًا(dan Kami menurunkannya bagian demi bagian)
Yakni Kami turunkan sedikit demi sedikit untuk kemaslahatan. Andai saja seluruh kewajiban diperintahkan dalam satu waktu niscaya orang-orang tidak akan mampu menjalankannya dan akan lari menjauh.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Diriwayatkan dari Mujahid bahwa seseorang bertanya bertanya kepadanya mengenai orang yang membaca al-Baqarah dan Ali 'Imran, dan seseorang lagi membaca al-Baqarah saja, kedua memulai shalat secara bersamaan, rukuk mereka sama, sampai sujud pun sama, Mujahid berkata: yang membaca al-Baqarah saja lebih afdhol, kemudian beliau membaca : { وَقُرْءَانًا فَرَقْنَٰهُ لِتَقْرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ } "Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

106. Alquran itu telah Kami turunkan secara berangsur-angsur selama dua puluh tiga tahun tidak secara sekaligus, agar engkau membacakannya perlahan-lahan kepada manusia. Kami menurunkannya bagian demi bagian sesuai dengan kebutuhan dan konteks masalah dan hikmah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan Al-Qur’an Kami menurunkannya berangsur-angsur} Kami menjelaskan dan menguraikannya {agar kamu membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan} secara perlahan dan pelan {dan Kami benar-benar menurunkannya secara bertahap} dan Kami menurunkan Al-Qur’an terpisah secara berangsur-angsur sesuai kemaslahatan dan peristiwa yang terjadi


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

106. Maksudnya, Kami menurunkan al-Quran ini secara berangsur-angsur untuk membedakan antara petunjuk dan kesesatan yang haq dan yang batil, “agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia,” maksudnya dengan pelan-pelan supaya mereka merenunginya, menghayati makna-maknanya dan mengambil ilmu darinya “dan Kami menurunkannya bagian demi bagian,” maksudnya sedikit demi sedikit selama 23 tahun.
"Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu (membawa) sesuatu yang ganjil, melainkan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya." (Al-Furqan:33).


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 105-106
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kitabNya, yaitu Al-Qur'an, bahwa Al-Qur'an itu diturunkan dengan sebenar-benarnya, yaitu di da­lamnya terkandung kebenaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (tetapi Allah mengakui Al-Qur’an yang diturunkan-Nya kepada­mu, Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya; dan malaikat-malaikat pun menjadi saksi (pula)) (Surah An-Nisa: 166) yaitu, di dalamnya terkandung ilmu Allah yang Dia kehen­daki untuk diperlihatkan kepada kalian, berupa hukum-hukum­, perintah, dan laranganNya. Firman Allah: (Dan Kami turunkan (Al-Qur'an) itu dengan sebenar-benarnya) yaitu Al-Qur'an diturunkan kepadamu, wahai Muhammad, seraya dijaga dan dipelihara, tidak ada sesuatu pun selainnya yang mencampuri, menambahi dan menguranginya, melainkan disampaikan kepadamu dengan sebenar-benarnya. Karena sesungguhnya Al-Qur'an itu diturunkan melalui malaikat yang sangat kuat, dipercaya, berkedudukan, dan ditaati di kalangan malaikat tertinggi.
Firman Allah: (Dan Kami tidak mengutus kamu) wahai Muhammad (melainkan sebagai pembawa berita gembira dan pemberi per­ingatan) yaitu membawa berita gembira kepada orang-orang yang taat kepadamu dari kalangan orang-orang mukmin, dan pemberi peringatan terhadap orang-orang yang durhaka kepadamu dari kalangan orang-orang kafir.
Firman Allah: (Dan Al-Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur) Adapun pembacaan dengan takhfif maka maknannya adalah Kami turunkan dari Lauhil Mahfudz ke Baitl Al- Izzah di langit dunia, kemudian diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan kejadian-kejadian yang beliau alami dalam masa dua puluh tiga tahun. Pendapat ini dikatakan Ikrimah, dari Ibnu Abbas.
Oleh karena itu Allah berfirman: (agar kamu membacakannya kepada manusia) yaitu untuk kamu sampaikan dan bacakan kepada manusia (secara perlahan-lahan, dan Kami menurunkannya bagian demi bagian) yaitu sedikit demi sedikit.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 106: Dalam waktu 23 tahun.

Agar mereka mentadabburi dan memikirkan kandungannya serta agar mereka paham.

Sesuai situasi dan kondisi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 106

Selanjutnya dijelaskan tentang cara turunnya Al-Qur'an. Dan alqur'an kami turunkan berangsur-angsur, ayat demi ayat dalam masa lebih kurang 23 tahun, tidak kami turunkan secara sekaligus agar engkau wahai nabi Muhammad membacakannya kepada manusia perlahan-lahan, dengan demikian dapat dipahami tuntunannya dengan sebaik-baiknya dan mudah dihafalkan, dan kami menurunkannya secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kemaslahatan manusia. Jika demikian sifat dan ciri-ciri Al-Qur'an sebagaimana dijelaskan oleh ayat-ayat yang lalu, maka wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada orang-orang kafir mekah dan kepada manusia seluruhnya, berimanlah kamu kepadanya, yakni Al-Qur'an, atau tidak usah beriman, itu sama saja bagi Allah. Jika engkau beriman, engkau mendapat manfaat dari keimananmu. Dan jika engkau ingkar, engkau juga yang mendapat kerugian. Tidak ada manfaat sedikit pun bagi Allah dari keimanan kamu, dan tidak ada pula mudarat bagi Allah dari keingkaran kamu. Sesungguhnya orang yang telah diberi pengetahuan sebelumnya, yakni ulama ahli kitab yang beriman kepada nabi Muhammad, mereka diberi pengetahuan tentang wahyu Allah sebelum turunnya Al-Qur'an, apabila Al-Qur'an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkurkan wajah, yakni menjatuhkan wajahnya untuk bersujud mengakui kebesaran Allah dan kebenaran firman-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjabaran dari banyak mufassirun terkait makna dan arti surat Al-Isra ayat 106 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dilihat

Kaji ratusan konten yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 2, Al-Hujurat 12, Asy-Syams, Ali Imran, At-Takatsur, Yunus 40-41. Juga Al-Baqarah 286, Al-Mujadalah 11, Al-Baqarah 83, An-Nur 2, Al-Isra 23, Az-Zalzalah.

  1. Al-Ma’idah 2
  2. Al-Hujurat 12
  3. Asy-Syams
  4. Ali Imran
  5. At-Takatsur
  6. Yunus 40-41
  7. Al-Baqarah 286
  8. Al-Mujadalah 11
  9. Al-Baqarah 83
  10. An-Nur 2
  11. Al-Isra 23
  12. Az-Zalzalah

Pencarian: qs. al hujurat ayat 12, surat amma, quran surat al baqarah, yasin huruf latin, al baqarah ayat 92

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: