Daftar Isi > Maryam > Maryam 19

Surat Maryam Ayat 19

قَالَ إِنَّمَآ أَنَا۠ رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَٰمًا زَكِيًّا

Arab-Latin: Qāla innamā ana rasụlu rabbiki li`ahaba laki gulāman zakiyyā

Artinya: Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci".

« Maryam 18Maryam 20 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Maryam Ayat 19 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 19 dengan text arab, latin dan artinya. Ada pelbagai penjabaran dari banyak ahli ilmu berkaitan makna surat Maryam ayat 19, misalnya seperti di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Malaikat berkata kepadanya, ”sesungguhnya aku hanyalah seorang utusan tuhanmu, Dia mengutusku kepadamu untuk memberimu seorang anak lelaki yang suci dari dosa-dosa.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

19. Jibril -'alaihissalām- berkata, "Aku bukanlah manusia, namun aku adalah seorang utusan Tuhanmu. Dia mengutusku untuk menyampaikan anugerah padamu berupa anak laki-laki yang baik lagi suci."


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. قَالَ إِنَّمَآ أَنَا۠ رَسُولُ رَبِّكِ (Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu)
Yakni aku bukan hendak berlaku buruk padamu, namun aku utusan Tuhanmu yang kamu mintai perlindungan itu, serta aku bukanlah orang yang mencurigakan yang ingin berbuat buruk.

لِأَهَبَ لَكِ غُلٰمًا زَكِيًّا (untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.)
Makna (الزكي) yakni anak yang bersih dari dosa-dosa, yang tumbuh dalam kesucian dan kehormatan.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Jibril dengan lemah lembut berkata: "Wahai Maryam, sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu yang engkau mintakan perlindungan dariku. Allah mengutusku kepadamu dan aku bukanlah orang jahat. Aku diutus untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci dari dosa, dengan meniup bajumu"


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia berkata} Jibril berkata kepadanya {“Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu untuk memberikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci”} yang suci dari dosa


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. Saat malaikat Jibril melihat gejela gemetaran dan ketakutan pada diri Maryam, maka dia mengatakan “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Rabbmu,” maksudnya tugas dan pekerjaanku hanya melaksanakan perintah Rabbku padamu “untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci.” Ini adalah kabar gembira dengan kehadiran seorang anak dan kesuciannya. Sesungguhnya kesucian diri mengharuskan bersihnya anak itu dari sifat-sifat tercela dan menyandang sifat-sifat yang terpuji.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 19: Yakni tugasku hanyalah menyampaikan risalah Tuhanku kepadamu.

Yakni suci dari sifat-sifat tercela dan memiliki sifat-sifat terpuji.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 19

Jibril menyadari ketakutan maryam. Dia lalu memperkenalkan diri dan berkata, 'sesungguhnya aku ini hanyalah utusan tuhanmu yang menjaga dan melindungimu. Aku mendapat tugas untuk menyampaikan berita tentang anugerah yang akan dikaruniakan Allah kepadamu, yaitu seorang anak laki-laki yang suci dari segala dosa dan noda. '20. Mendengar perkataan jibril tentang anak tersebut, dia berkata keheranan, 'bagaimana mungkin aku melahirkan dan mempunyai anak laki-laki, padahal selama ini tidak pernah ada satu orang pun pria yang menyentuhku, yaitu berhubungan suami istri secara halal denganku, dan aku juga bukan seorang pezina. '.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah kumpulan penafsiran dari berbagai mufassir terkait kandungan dan arti surat Maryam ayat 19 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Fil
  2. al-Kahfi
  3. Al-Isra 23
  4. Al-Baqarah 83
  5. At-Taubah 122
  6. Ar-Ra’d 11
  7. An-Nisa 36
  8. ar-Rahman
  9. Yunus 40-41
  10. al-‘Ashr
  11. Al-Ma’idah 2
  12. Luqman 13
  13. al-Waqi’ah
  14. Al-Jumu’ah 9
  15. al-Kautsar
  16. al-Insyirah
  17. al-Balad
  18. Al-Mujadalah 11
  19. Yasin
  20. al-Baqarah
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: