Daftar Isi > Maryam > Maryam 49

Surat Maryam Ayat 49

فَلَمَّا ٱعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Arab-Latin: Fa lamma'tazalahum wa mā ya'budụna min dụnillāhi wahabnā lahū is-ḥāqa wa ya'qụb, wa kullan ja'alnā nabiyyā

Artinya: Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.

« Maryam 48Maryam 50 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Maryam Ayat 49 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 49 dengan text arab, latin dan artinya. Didapati pelbagai penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait kandungan surat Maryam ayat 49, misalnya sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka ketika dia meninggalkan mereka dan sesembahan mereka yang mereka sembah selain Allah, Kami beri dia anak keturunan; ishaq dan ya’qub bin ishaq, dan Kami jadikan mereka berdua sebagai nabi.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

49. Maka ketika ia menjauhi mereka dan tuhan-tuhan yang mereka sembah selain Allah, Kami pun mengganti rasa kehilangan keluarganya dengan menganugerahkan kepadanya Isḥāq, dan kemudian Ya'qūb sebagai cucunya, yang masing-masing mereka Kami angkat menjadi Nabi.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

49-50. Setalah Ibrahim meninggalkan kaumnya yang kafir dan berhala-berhala mereka, Kami karuniakan kepadanya keturunan yang beriman, yaitu anak yang bernama Ishaq dan cucu yang bernama Ya’qub dan Kami jadikan keduanya sebagai nabi. Dan Kami muliakan mereka semua dari rahmat Kami berupa kebaikan-kebaikan dalam agama dan dunia, dan Kami jadikan bagi mereka pujian yang baik hingga hari kiamat.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. فَلَمَّا اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللهِ (Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah)
Nabi Ibrahim berhijrah di jalan Allah menuju Baitul Maqdis sebagai tempatnya untuk menjalankan ritual agamanya.

وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحٰقَ(Kami anugerahkan kepadanya Ishak)
Anak Nabi Ibrahim.

وَيَعْقُوبَ ۖ( dan Ya’qub)
Cucu Nabi Ibrahim. Mereka adalah sebagai ganti atas keluarga yang ditinggalkan berhijrah.

وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا(Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi)
Yakni keduanya Kami jadikan sebagai Nabi.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari sesembahan yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya´qub. Dan masing-masing mereka Kami angkat menjadi nabi.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka ketika dia sudah menjauh dari mereka} berpisah dengan mereka {dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami menganugerahkan kepadanya Ishaq dan Ya‘qub. Masing-masing Kami angkat menjadi nabi


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. Lantaran meninggalkan negeri, kampung halaman, keluarga dan orang-orang sebangsanya merupakan perkara berat bagi seseorang, karena alasan yang banyak yang sudah dimaklumi bersama, di antaranya (menjalani hidup) sebatang kara jauh dari komunitas yang menjadikannya merasa kkuat lagi merasa diperhitungkan jumlah populasinya; maka barangsiapa meninggalkan sesuatu karean Allah, niscaya Dia akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik, lantas Ibrahim meninggalkan kaumnya. Maka, Allah berfirman tentangnya, “Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishaq, dan Ya’qub. Dan masing-maisngnya,” yaitu Ishaq dan Ya’qub “Kami angkat menjadi nabi.” Anugerah itu berhasil diraih oleh beliau dan orang-orang shalih yang diutus (sebagai rasul) kepada umat manusia, yang diistimewakan oleh Allah dengan wahyunya, dipilih untuk mengemban risalahNya, dan telah diseleksi di antara semua manusia.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 49: Oleh karena meninggalkan kampung halaman, keluarga dan kaumnya adalah sesuatu yang paling berat bagi seseorang, dan Nabi Ibrahim meninggalkan semua itu karena Allah, maka Allah menggantinya dengan yang lebih baik darinya, Allah menganugerahkan kepadanya seorang anak, yaitu Ishak, dan daripadanya lahir Ya’kub.

Dengan pergi menuju negeri yang disucikan (muqaddas).


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 49

Setelah minta izin kepada orang tuanya, maka nabi ibrahim pun pergi. Ketika dia sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, kami muliakan dia dan limpahkan rahmat kepadanya. Kami anugerahkan kepadanya ishak sebagai anak yang sekian lama dirindukan kehadirannya, dan kami anugerahkan pula kepadanya yakub sebagai cucu yang melanjutkan keturunan dan perjuangannya. Keduanya adalah orang-orang saleh dan masing-masing kami angkat menjadi nabi yang menyeru umatnya untuk menaati perintah Allah. 50. Kami limpahkan mereka nikmat dan kami anugerahkan pula kepada mereka sebagian dari rahmat kami di dunia dan akhirat, seperti keturunan yang saleh, kenabian bagi anak cucunya, dan lainnya. Kami angkat derajat mereka dan kami jadikan mereka buah tutur bagi orang-orang sesudahnya sehingga mereka meninggalkan kesan dan nama yang baik dan mulia sepanjang masa.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah kumpulan penjabaran dari para ahli tafsir berkaitan isi dan arti surat Maryam ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Al-Ma’idah 3
  2. An-Nahl 114
  3. al-Kautsar
  4. al-‘Ashr
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Hujurat 12
  7. ‘Abasa
  8. Al-Ma’idah 32
  9. Luqman 13-14
  10. Ar-Ra’d 11
  11. Al-Isra 1
  12. al-Fatihah
  13. Al-Isra 23
  14. Yusuf 4
  15. Al-Jumu’ah 9
  16. Al-Ma’idah 2
  17. Al-Hujurat 13
  18. an-Naba
  19. Ali ‘Imran 159
  20. An-Nur 2
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: