Daftar Isi > Maryam > Maryam 55

Surat Maryam Ayat 55

وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱلزَّكَوٰةِ وَكَانَ عِندَ رَبِّهِۦ مَرْضِيًّا

Arab-Latin: Wa kāna ya`muru ahlahụ biṣ-ṣalāti waz-zakāti wa kāna 'inda rabbihī marḍiyyā

Artinya: Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.

« Maryam 54Maryam 56 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Maryam Ayat 55 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 55 dengan text arab, latin dan artinya. Terdapat bermacam penjabaran dari beragam mufassirin mengenai isi surat Maryam ayat 55, di antaranya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan dia menyuruh keluarganya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Dan dia di sisi tuhannya adalah seorang yang diraidhai.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

55. Dan dia memerintahkan keluarganya untuk mendirikan salat, dan menunaikan zakat. Dan dia adalah orang yang diridai di sisi Tuhannya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِالصَّلَوٰةِ وَالزَّكَوٰةِ (Dan ia menyuruh ahlinya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ahlinya di sini adalah umatnya. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah kerabat, istri, dan anak-anaknya.
Sedangkan yang dimaksud dengan shalat dan zakat di sini adalah ibadah yang disyariatkan kepadanya.

وَكَانَ عِندَ رَبِّهِۦ مَرْضِيًّا (dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya)
Yakni diridhai, suci, dan shalih.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

54-55
1. Allah berfirman tentang Nabi-Nya Isma'il : { وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱلزَّكَوٰةِ } "Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat" dari ayat ini kita memahami bahwa majlis qurani adalah yang mampu membawa pundi-pundi keimanan dari majlisnya ke dalam keluarganya, dengan membuat majlis qur'an di dalam keluarganya.

2. "Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat" maka janganlah seseorang membebankan perkara ini kepada orang lain, karena Allah telah memuji para nabi dengan tanggung jawab itu di pundak mereka.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Ia memerintahkan keluarganya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat kepada yang berhak, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya. Sebab keistiqamahan perkataan dan perbuatannya. Adapun orang yang diridhoi Allah adalah orang yang beruntung dalam setiap ketaatan dengan derajat yang tinggi


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia selalu menyuruh keluarganya untuk shalat dan zakat. Dia di sisi Tuhannya adalah orang yang diridhai


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “Dan dia menyuruh keluarganya untuk melaksanakan shalat dan menunaikan zakat,” maksudnya Ismail melaksanakan perintah Allah pada keluarganya. Dia menyuruh keluarganya melaksanakan shalat yang memuat unsur keikhlasan kepada Dzat yang diibadahi, dan menyuruh keluarganya mengeluarkan zakat yang mengandung perbuatan baik kepada sesama manusia. Jadi, dia telah menyempurnakan dirinya dan menyempurnakan orang lain. Terutama orang terdekatnya yaitu keluarga. Karena merekalah orang yang paling berhak untuk menerima dakwahnya dibandingkan dengan yang lain. “Dan dia adalah orang yang diridhai di sisi Rabbnya.” Ini disebabkan oleh ketaatannya dan kesungguhannya dalam perkara-perkara yang diridhai Allah. Maka, Allah meridhainya dan memasukannya ke dalam deretan hambaNya yang paling unggul dan waliNYa yang dekat dengan Allah. Allah meridhainya, dan dia pun ridha kepada Rabbnya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 55: Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan “ahl” di ayat tersebut adalah umatnya, wallahu a’lam. Beliau menyuruh keluarga atau umatnya untuk senantiasa mendirikan shalat yang di sana terdapat ikhlas kepada Allah, dan memerintahkan berzakat, yang di sana terdapat sikap ihsan kepada makhluk. Beliau menyempurnakan diri dan orang lain, terutama sekali keluarganya yang lebih berhak disempurnakan sebelum yang lain.

Yang demikian disebabkan karena ia melakukan perbuatan-perbuatan yang diridhai Allah dan berusaha mencari keridhaan-Nya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 55

Dengan kerasulan itu nabi ismail mengajak kaumnya mematuhi Allah dan dia selalu menyuruh keluarganya untuk melaksanakan salat sebagai ibadah dan ungkapan syukur kepada-Nya dan menunaikan zakat kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Dengan ketulusan dan keteguhannya memegang janji, dia menjadi salah seorang yang diridai di sisi tuhannya. 56. Kisah nabi ismail disusul dengan kisah nabi idris. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah idris seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Jelaskanlah bahwa sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai dan melaksanakan kebenaran dalam kehidupannya. Kami memberinya anugerah dan menetapkannya sebagai seorang nabi yang memiliki kedudukan tinggi, .


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah variasi penjabaran dari berbagai ahli ilmu berkaitan kandungan dan arti surat Maryam ayat 55 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukunglah dakwah kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Inna Lillahi
  2. al-Kautsar
  3. Al-Ma’idah 32
  4. An-Nisa 36
  5. Ali ‘Imran 159
  6. al-Insyirah
  7. Luqman 13-14
  8. Al-Mujadalah 11
  9. Al-Hujurat 13
  10. Ar-Ra’d 11
  11. al-Kahfi
  12. Yunus 40-41
  13. al-A’la
  14. Luqman 13
  15. Al-Isra 23
  16. An-Nur 2
  17. At-Taubah 122
  18. Yasin
  19. Al-Jumu’ah 9
  20. al-Fil
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: