Surat Maryam Ayat 73

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُنَا بَيِّنَٰتٍ قَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَىُّ ٱلْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا

Arab-Latin: Wa iżā tutlā 'alaihim āyātunā bayyināting qālallażīna kafarụ lillażīna āmanū ayyul-farīqaini khairum maqāmaw wa aḥsanu nadiyyā

Artinya: Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang (maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?"

« Maryam 72Maryam 74 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Dengan Surat Maryam Ayat 73

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 73 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir berharga dari ayat ini. Terdapat bermacam penjelasan dari berbagai ahli tafsir terkait isi surat Maryam ayat 73, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan apabila dibacakan ayat-ayat Kami yang diturunkan lagi dijelaskan kepada manusia, maka orang-orang yang kafir kepada Allah berkata kepada orang-orang yang beriman kepadaNya, ”manakah diantara golongan dari kami atau kalian yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih baik tempat duduknya?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

73-74. Dan jika dibacakan ayat-ayat al-Qur’an yang jelas maknanya, maka orang-orang kafir akan berkata kepada orang-orang beriman dengan penuh keangkuhan: “Kami atau kalian yang memiliki kedudukan dan majelis yang paling baik dan pengikut yang paling banyak?”

Sungguh Kami telah membinasakan banyak umat terdahulu yang angkuh, padahal mereka lebih banyak harta bendanya dan lebih baik penampilannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

73. Dan apabila dibacakan kepada manusia ayat-ayat Kami yang diturunkan kepada Rasul Kami dengan membawa maksud yang jelas, maka orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman, "Manakah di antara dua golongan kita ini yang lebih baik tempat tinggalnya, dan lebih bagus tempat pertemuan dan perkumpulannya; golongan kami ataukah golongan kalian?"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

73. أَىُّ الْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَّقَامًا (Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya)
Yakni apakah golongan kami yang lebih baik tempat tinggal dan kedudukannya serta lebih banyak penolongnya ataukah golongan kalian?

وَأَحْسَنُ نَدِيًّا(dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?”)
Makna (الندي) yakni termpat berkumpulnya suatu kaum.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

73. Dan apabila dibacakan ayat-ayat Kami yang terang kepada mereka, maka niscaya orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan kafir dan mukmin yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuannya serta paling banyak penolongnya?"


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang jelas} yang jelas {niscaya orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman,“Manakah di antara kedua golongan yang lebih baik tempat tinggal} tempat tinggal dan tempat kediamannya {dan lebih indah tempat pertemuannya”} majlis dan perkumpulannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

73. Maksudnya, jika ayat-ayat Kami yang nyata dibacakan kepada orang-orang kafir, yaitu ayat-ayat yang jelas penujukannya tentang keesaan Allaah dan kebenaran para RasulNya yang (mestinya) menyebabkan munculnya keimanan yang benar serta keyakinan mantap bagi orang yang mendengarnya, (namun) mereka menyambutnya dengan tindakan yang kontradiktif dari yang semestinya. Mereka menghinanya dan menghina orang yang mengimaninya. Mereka berasumsi (dengan dasar kebaikan keadaan mereka di dunia) sebagai indikasi mereka lebih baik daripada kaum Mukminin. Mereka mengatakan guna menentang al-Haq, “Manakah di antara kedua golongan,” antara kami dan kaum Mukminin “yang lebih baik tempat tinggalnya,” di dunia ini, berupa harta yang melimpah dan anak keturunan yang banyak serta keunggulan nikmat-nikmat kesenangan mereka “dan lebih indah tempat pertemuannya,” yaitu tempat berkumpul. Mereka menarik kesimpulan berdasarkan titik tolak yang rusak ini, lantaran mereka mempunyai lebih banyak harta dan anak keturunan, berhasil meraup kebanyakan dari tuntutan-tuntutan duniawi mereka, tempat-tempat mereka berkumpul atau tempat-tempat pertemuan mereka begitu sarat dengan hiasan indah lagi megah, sementara kondisi kaum Muslimin berbeda dengan ini, bahwasanya mereka (orang-orang kafir ini) lebih baik dari kaum Mukminin!!


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 73-74
Allah SWT memberitahukam tentang orang-orang kafir saat dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah yang jelas ptunjuknya dan terang hujjah dan bukti kebenarannya, bahwa mereka mengingkari dan berpaling darinya. Mereka berkata kepada orang-orang mukmin dengan angkuh dan sombong alasan yang menguatkan kebenaran agama mereka yang bathil, bahwa mereka: (lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan (nya)) yaitu lebih baik dan lebih tinggi tempat tinggal (dan lebih baik tempat pertemuannya) yaitu tempat berkumpul orang laki-laki untuk berbicara. yaitu. lebih ramai dikunjungi orang. Yakni bagaimana bisa kami yang dalam keadaan demikian berada dalam kebathilan, dan mereka yang sedang bersembunyi di perumahan Al-Arqam bin Abu Al-Arqam dan rumah-rumah lainnya berada pada kebenaran? Sebagaimana Allah SWT berfirman sraya memberitahukan tentang mereka: (Dan orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman, "Kalau sekiranya dia (Al-Qur'an) adalah suatu yang baik, tentulah mereka tiada mendahului kami (beriman) kepadanya”) (Surah Al-Ahqaf: 11)
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan (nya)) dia berkata bahwa “Al-Maqam” adalah tempat tinggal, dan “an-nadiy” adalah tempat pertemuan, “al-asas” adalahbarang-barang, sedangkan “ar-ri’ya” adalah penampilan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 73: Yakni orang-orang mukmin dan orang-orang kafir.

Maksudnya, kami atau kamu?

Di dunia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 73

Penjelasan mengenai ancaman Allah kepada orang-orang kafir dikuti dengan uraian tentang tanggapan mereka atas ajakan untuk beriman. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat kami yang jelas maksud, kebenaran, dan petunjuk-Nya, orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman dengan angkuh dan sombong karena merasa memiliki kelebihan atas mereka guna mengalihkan pembicaraan, "manakah di antara kedua golongan di antara kita yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan-Nya' bukankah ini membuktikan bahwa tuhan lebih sayang kepada kami''74. Anggapan orang kafir bahwa mereka lebih baik dan disayang tuhan adalah keliru. Kemuliaan dan kemakmuran mereka tidak membuktikan rida Allah. Dan berapa banyak umat yang hidup sejahtera, tetapi karena ingkar maka mereka termasuk kaum yang telah kami binasakan seperti orang-orang sebelum mereka, padahal mereka lebih bagus dan indah perkakas rumah tangganya dan lebih sedap dipandang mata penampilan dan keadaannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari beragam ahli ilmu terhadap makna dan arti surat Maryam ayat 73 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dikunjungi

Tersedia ratusan materi yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Ayat 15 (Lima Belas), An-Nisa 36, Yasin 82, Al-Qashash 77, Fatir 37, Ar-Rum 21. Termasuk Al-Buruj, Ibrahim 7, Al-Baqarah 177, Al-Isra, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Ar-Rahman 13.

  1. Ayat 15 (Lima Belas)
  2. An-Nisa 36
  3. Yasin 82
  4. Al-Qashash 77
  5. Fatir 37
  6. Ar-Rum 21
  7. Al-Buruj
  8. Ibrahim 7
  9. Al-Baqarah 177
  10. Al-Isra
  11. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  12. Ar-Rahman 13

Pencarian: surat al a'raf ayat, arti surat al-adiyat, surah 10 ayat 1, al baqarah 1-5 dan artinya, surat absa

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: