Daftar Isi > Maryam > Maryam 85

Surat Maryam Ayat 85

يَوْمَ نَحْشُرُ ٱلْمُتَّقِينَ إِلَى ٱلرَّحْمَٰنِ وَفْدًا

Arab-Latin: Yauma naḥsyurul-muttaqīna ilar-raḥmāni wafdā

Artinya: (Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat,

« Maryam 84Maryam 86 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Maryam Ayat 85 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 85 dengan text arab, latin dan artinya. Didapatkan beberapa penafsiran dari berbagai ahli tafsir terhadap isi surat Maryam ayat 85, sebagiannya seperti termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

85-86. Pada hari Kami akan mengumpulkan orang-orang yang bertakwa kepada tuhan mereka yang penyayang kepada mereka sebagai rombongan utusan yang dimuliakan. Dan Kami mengiring kaum yang kafir kepada Allah dengan cara yang keras menuju neraka dalam keadaan berjalan lagi penuh kehausan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

85. Ingatlah -wahai Rasul- tentang hari Kiamat, yaitu hari ketika Kami mengumpulkan orang-orang yang bertakwa -dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya- di hadapan Tuhan mereka dalam kafilah-kafilah yang dimuliakan lagi terhormat.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

85. Pada hari kiamat Kami akan mengumpulkan kepada Allah orang-orang yang takut azab-Nya sehingga mereka mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya sebagai perutusan yang terhormat dengan menunggangi tunggangan.

Dari Abu Hurairah dari Nabi, beliau bersabda: “Manusia dibangkitkan atas tiga kelompok, ada yang dalam keadaan senang ada pula yang merasa ketakutan. Ada dua orang yang menunggangi satu unta, ada tiga orang yang menunggangi satu unta, ada empat orang yang menunggangi satu unta bahkan ada sepuluh orang yang menunggangi satu unta; lalu sisanya digiring oleh api yang selalu menyertai mereka, api itu akan menyertai mereka ketika mereka tidur siang, ketika tidur malam, ketika mereka memasuki waktu pagi, dan ketika mereka memasuki waktu petang.”

(Shahih al-Bukhari 11/377 no. 6522, kitab raqaiq, bab hari kebangkitan. Shahih Muslim 4/2195 no. 2861, kitab surga, bab kefanaan dunia dan penjelasan hari kebangkitan.. dan dalam riwayatnya memakai kata (راغبين راهبين) tanpa dipisahkan huruf و).


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

85. يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمٰنِ وَفْدًا (hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat)
Yakni utusan menuju surga dan negeri kesejahteraan-Nya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

85. Ingatlah hari ketika Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai utusan yang terhormat yang menyeru kepada tempat yang penuh dengan karamah Yang Maha Pengasih yaitu surga


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Hari (ketika) Kami mengumpulkan} mengumpulkan {orang-orang yang bertakwa (menghadap) kepada Dzat Yang Maha Pengasih sebagai utusan} dengan berkendara sebagai bangsawan yang keluar dari cahaya


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85. Allah memberitahukan tentang perbedaan mencolok antara dua kelompok pelaku maksiat. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa kepadaNya dengan sebab menghindari perbuatan syirik, bid’ah-bid’ah dan aneka macam maksiat, akan dihimpun oleh Allah pada Hari Kiamat dalam keadaan dimuliakan, terhormat lagi diagungkan. Dan tempat kembali mereka adalah ar-Rahman (Dzat Yang Maha Pemgasih), tujuan mereka adalah al-Mannan (Dzat Yang Maha Pemberi), sebagai delegasi kepadaNya. Dan seorang utusan, tentunya menyimpan harapan dalam hatinya dan persangkaan baik (optimisme) terhadap yang dituju, sesuatu hal yang sudah diketahui bersama. Orang-orang yang bertakwa mendatangi ar-Rahman (sebagai tamu), dengan mengharap rahmatNya dan curahan kebaikanNya yang merata, serta keberuntungan memperoleh berbagai macam karuniaNya di tempat keridhaanNya (surga).
Hal ini lantaran mereka telah mempersembahkan amalna-amalan dengan penuh takwa dan mengikuti keridhaanNya. Dan Allah pun telah menjanjikan ganjaran ppahala buat mereka ini melalui lisan para rasulNya. (Di Hari KIamat) mereka berjalan menuju Rabb mereka dengan ketenangan dan penuh keyakinan (akan memperoleh) karuniaNya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 85: Mereka dikumpulkan ke mauqif (padang mahsyar) dalam keadaan dimuliakan sambil mengharap rahmat, ihsan dan pemberian-Nya sebagaimana halnya kafilah utusan (delegasi) yang dimuliakan. Yang demikian disebabkan ketakwaan yang mereka kerjakan dan mencari keridhaan-Nya, dan bahwa Allah telah menjanjikan pahala itu melalui lisan rasul-Nya, maka mereka dengan tenang datang menghadap Tuhan mereka lagi yakin dengan karunia-Nya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 85

Balasan Allah pasti akan terjadi. Wahai manusia, ingatlah pada hari ketika kami bersama para malaikat mengumpulkan orang-orang yang bertakwa kepada Allah yang maha pengasih dan membawa mereka ke tempat yang dijanjikan sebagai balasan atas ketaatan mereka. Kemudian kami sambut mereka bagaikan kafilah yang terhormat. 86. Sebaliknya, orang yang ingkar akan kami kumpulkan bersama sejawat mereka, dan kami akan menggiring orang yang durhaka dan enggan bertobat ke neraka jahanam untuk menerima hukuman atas keingkarannya tanpa diberi minum sehingga kondisi yang panas menyebabkan mereka dalam keadaan dahaga.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah aneka ragam penjabaran dari para pakar tafsir mengenai makna dan arti surat Maryam ayat 85 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita. Bantu dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. ar-Rahman
  2. Al-Jumu’ah 9
  3. al-Waqi’ah
  4. Ali ‘Imran 159
  5. al-Fil
  6. Inna Lillahi
  7. Ar-Ra’d 11
  8. al-A’la
  9. Al-Baqarah 153
  10. Luqman 13
  11. Al-Hujurat 13
  12. Al-Isra 23
  13. Al-Ma’idah 2
  14. Al-Mujadalah 11
  15. al-Insyirah
  16. al-‘Ashr
  17. al-Fatihah
  18. Luqman 13-14
  19. Yusuf 4
  20. al-Ma’un
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: