Surat Al-Anbiya Ayat 70

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَرَادُوا۟ بِهِۦ كَيْدًا فَجَعَلْنَٰهُمُ ٱلْأَخْسَرِينَ

Arab-Latin: Wa arādụ bihī kaidan fa ja'alnāhumul-akhsarīn

Artinya: Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi.

« Al-Anbiya 69Al-Anbiya 71 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Surat Al-Anbiya Ayat 70

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anbiya Ayat 70 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir berharga dari ayat ini. Didapati variasi penjelasan dari beragam mufassirun terhadap kandungan surat Al-Anbiya ayat 70, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang itu menginginkan kebinasaan Ibrahim. Akan tetapi, Allah menggugurkan makar mereka itu dan menjadikan mereka para pecundang lagi nista.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

70-82. Mereka hendak membunuh Ibrahim dengan membakarnya, maka Kami menjadikan mereka sebagai manusia yang paling merugi di dunia dan di akhirat.

Dan Kami menyelamatkan Ibrahim dan Luth, mereka berhijrah menuju Baitul Maqdis yang Kami berkahi dengan berbagai kebaikan bagi manusia dan berbagai macam buah-buahan. Dan Kami memberi Ibrahim seorang anak bernama Ishaq, dan seorang cucu bernama Ya’qub sebagai tambahan atas pengabulan doa Ibrahim; mreka semua adalah para nabi dan orang-orang yang shalih dan taat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

70. Dan kaum Ibrahim -'alaihissalām- hendak berbuat makar kepadanya dengan membakarnya hidup-hidup, namun Kami membatalkan makar mereka, dan menjadikan mereka sebagai orang-orang yang binasa lagi kalah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Pada kisah Ibrahim yang diceritakan dalam surah al-Anbiya' Allah berfirman : { وَأَرَادُوا۟ بِهِۦ كَيْدًا فَجَعَلْنَٰهُمُ ٱلْأَخْسَرِينَ } "Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi", dan dalam surah ash-Shaffat : { فَأَرَادُوا۟ بِهِۦ كَيْدًا فَجَعَلْنَٰهُمُ ٱلْأَسْفَلِينَ } "Mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya, maka Kami jadikan mereka orang-orang yang hina" [ Ash-Shaffat : 98 ], kedua ayat ini menceritakan tentang kisah yang sama lalu apa hikmah di baliknya? maka dijawab : pada surah al-Anbiya' Allah -تعالى- mengabarkan tentang Ibrahim -عليه السلام- bahwa ia telah melakukan tipu daya terhadap berhala-berhala kaumnya { وَتَٱللَّهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَٰمَكُم } "Demi Allah, sesungguhnya aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu" [ Al-Anbiya' 57 ], dan Allah juga mengabarkan bahwa mereka pun juga bermaksud untuk berbuat tipu msulihat terhadap Ibrahim { وَأَرَادُوا۟ بِهِۦ كَيْدًا } "Mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya" maka dua tipu daya pun bertemu, tatkala tipu daya itu kembali kepada mereka ayat kemudian mengungkapkan dengan lafadz "khasarah". Dan pada surah ash-Shaffat dikatakan sebelumnya: { قَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ لَهُۥ بُنْيَٰنًا فَأَلْقُوهُ فِى ٱلْجَحِيمِ } "Mereka berkata: "Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim; lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu" maka ketika mereka melemparkan Ibrahim dari bangunan yang tinggi ke daratan yang rendah, Allah kemudian membalas perbuatan mereka dengan hal yang serupa dan menjadikan mereka benar-benar pada posisi yang hina, dan kedudukan Nabi Ibrahim pun berada di atas.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

70. Mereka hendak membakar dan berbuat makar terhadap Ibrahim dengan mencelakakannya. Lalu kami menjadikan mereka semua merugi di dunia dan akhirat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka hendak berbuat jahat terhadapnya} berencana untuk berbuat jahat kepadanya {tetapi Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling rugi} yang ditaklukkan dan orang yang hina


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

70. “Mereka hendak membuat makar terhadap Ibrahim,” dengan bertekad untuk memmbakarnya, “maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi,” yaitu dunia dan akhirat. Sebagaimana Allah telah menjadikan kekasihNya dan para pengikutnya sebagai golongan orang-orang yang beruntung lagi jaya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 68-70
Setelah nabi Ibrahim mematahkan hujjah mereka, menjelaskan kelemahan mereka, serta menampakkan kebenaran dan menghapuskan kebathilan, mereka membalasnya dengan menggunakan kekuasaan raja mereka, lalu mereka berkata: (Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kalian, jika kalian benar-benar hendak bertindak) Lalu mereka mengumpulkan kayu bakar yang sangat banyak.
Firman Allah: (mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang merugi (70)) yaitu orang-orang yang terkalahkan dan terhina, karena mereka bermaksud berbuat tipu daya terhadap nabi Allah. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menyelamatkannya dari api itu. Maka saat itu mereka kalah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anbiya ayat 70: Yaitu ketika mereka sepakat untuk membakarnya.

Di dunia dan akhirat. Sebaliknya kekasih-Nya dan para pengikutnya, merekalah orang-orang yang beruntung.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anbiya Ayat 70

Raja namrud dan seluruh rakyat babilonia, mesopotamia timur, mengumpulkan kayu bakar dan membakar ibrahim hidup-hidup. Dan mereka hendak berbuat jahat terhadap ibrahim, karena keberanian ibrahim menghancurkan patung dan menyadarkan mereka bahwa menyembah patung itu sesat. Ketahuilah, maka kami, menjadikan mereka itu orang-orang yang paling rugi, baik di dunia karena tidak bisa berpikir jernih, mengikuti akal sehat dan nurani, maupun di akhirat karena mendapatkan murka Allah dan kekal di dalam neraka. 71. Dan kami telah menyelamatkan dia, ibrahim, dari kejahatan warga kota ur yang membakarnya hidup-hidup. Lalu dia hijrah ke harran, kemudian ke palestina. Dan kami juga telah menyelamatkan lut dari bencana alam yang menimpa kota sodom dan gomorah. Keduanya, ibrahim dan luth, pergi ke palestina, sebuah negeri yang telah kami berkahi untuk seluruh alam. Palestina adalah tanah kelahiran para nabi, kelahiran nabi ismail yang melahirkan rasulullah dan nabi ishak yang melahirkan bani israil; dan yerusalem, kota penting di palestina, menjadi kota suci tiga agama, yahudi, nasrani dan islam; dan tempat rasulullah mikraj.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjelasan dari kalangan mufassirun berkaitan isi dan arti surat Al-Anbiya ayat 70 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita. Support usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dicari

Tersedia berbagai materi yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Ar-Rum 21, Al-Isra, Yasin 82, Ayat 15 (Lima Belas), Al-Qashash 77, Ar-Rahman 13. Ada pula Al-Buruj, Ibrahim 7, Fatir 37, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Baqarah 177, An-Nisa 36.

  1. Ar-Rum 21
  2. Al-Isra
  3. Yasin 82
  4. Ayat 15 (Lima Belas)
  5. Al-Qashash 77
  6. Ar-Rahman 13
  7. Al-Buruj
  8. Ibrahim 7
  9. Fatir 37
  10. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  11. Al-Baqarah 177
  12. An-Nisa 36

Pencarian: surat al hujurat ayat 2, terjemahan surat al maidah ayat 3, surat saba ayat 13, bacaan surat al mulk latin, ibrahim ayat 35

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: