Surat Al-Mu’minun Ayat 49

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى ٱلْكِتَٰبَ لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

Arab-Latin: Wa laqad ātainā mụsal-kitāba la'allahum yahtadụn

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami berikan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, agar mereka (Bani Israil) mendapat petunjuk.

« Al-Mu'minun 48Al-Mu'minun 50 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat Al-Mu’minun Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran menarik dari ayat ini. Ditemukan variasi penjabaran dari para mufassir berkaitan isi surat Al-Mu’minun ayat 49, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sesungguhnya kami telah memberikan kitab Taurat kepada musa, supaya kaumnya mendapatkan petunjuk dengannya menuju kepada jalan kebenaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

49. Sungguh Kami telah memberi Musa kitab Taurat sebagai hidayah bagi Bani Israil.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Dan sungguh Kami telah anugrahkan kepada Musa kitab Taurat, dengan harapan agar kaumnya mendapatkan petunjuk kepada kebenaran, dan mengamalkannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى الْكِتٰبَ (Dan sesungguhnya telah Kami berikan Al Kitab kepada Musa)
Yakni kitab Taurat.

لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ(agar mereka (Bani Israil) mendapat petunjuk)
Yakni agar kaum Nabi Musa dapat menjadikannya petunjuk menuju kebenaran dan menjalankan syariat-syariat yang terkandung di dalamnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Sesungguhnya telah Kami berikan Kitab Taurat kepada Musa, agar mereka kaum Bani Israil mendapat petunjuk


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami benar-benar telah menganugerahkan kitab} Taurat {kepada Musa agar mereka mendapat petunjuk


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49 “Dan sesungguhnya telah kami berikan al-kitab (taurat) kepada Musa,” usai Allah membinasakan fir’aun dan menyelamatkan bangsa israil bersama Musa dan berhasil menegakkan perintah Allah dan menampakkan symbol-simbol (agama)Nya, Allah menyampaikan janji kepadanya untuk menurunkan Taurat kepadanya dalam jangka empat puluh malam, maka beliau pergi untuk menepati waktu pertemuan dengan Rabbnya.
“dan telah kami tuliskan untuk Musa pada kepingan-kepingan (untuk menulis Taurat) segala sesuatu, sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu,” karena itu, disini Allah mengatakan “Agar mereka (bani israil) mendapat petunjuk,” dengan mengetahui rincian perintah-perintah dan larangan-larangan, pahala dan hukuman ndan mengenal Rabb mereka melalui nama-nama dan sifat-sifatNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 45-49
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah mengutus rasulNya, nabi Musa dan saudaranya, nabi Harun sebagai kepada Fir'aun dan kaumnya dengan membawa mukjizat-mukjizat dan hujjah-hujjah yang melemahkan musuh dan bukti-bukti yang jelas. Tetapi Fir'aun dan kaumnya enggan mengikuti keduanya dan menolak apa yang diperintahkan keduanya, karena keduanya adalah manusia biasa. Sebagaimana sikap umat-umat terdahulu yang menentang para rasul, hanya karena para rasul itu dari kalangan manusia biasa. Hati mereka meragukannya. Maka Allah membinasakan Fir'aun dan para pembesarnya, yaitu menenggelamkan mereka semua dalam hari yang sama. Allah menurunkan kepada nabi Musa kitab Taurat, yang di dalamnya terdapat hukum-hukum, perintah-perintah, dan larangan-larangan Allah. Hal ini terjadi setelah Allah membinasakan Fir'aun dan kaumnya, dan menghukum mereka sebagai hukuman dari Dzat Yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa. Setelah Allah menurunkan kitab Taurat, Allah tidak membinasa­kan suatu umat secara menyeluruh, tetapi Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk memerangi orang-orang kafir. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) sesudah Kami binasakan generasi-generasi yang terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia dan petunjuk dan rahmat, agar mereka ingat (43)) (Surah Al-Qashash)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 49: Setelah Allah membinasakan Fir’aun dan menyelamatkan Bani Israil bersama Musa, dan ketika itu perintah Allah dapat ditegakkan dan dapat ditampakkan syi’ar-syi'ar-Nya, maka Allah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) setelah berlalu waktu empat puluh malam. Musa kemudian pergi untuk bermunajat dengan Allah pada waktu yang telah ditentukan.

Yakni agar mereka mengetahui secara rinci perintah dan larangan, pahala dan siksa, serta kenal dengan Tuhan mereka dengan nama dan sifat-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 49

Usai menceritakan dakwah nabi musa kepada fir'aun, Allah lalu menyusulinya dengan paparan tentang dakwah nabi musa kepada bani israil. Dan sungguh, kami telah menganugerahkan kepada musa kitab taurat, agar mereka, yakni bani israil, mendapat petunjuk ke jalan yang benar dan sungguh-sungguh menjalankannya. 50. Dan telah kami jadikan dengan kuasa kami isa putra maryam bersama ibunya sebagai suatu bukti yang nyata bagi kekuasaan dan kebesaran kami, dan kami melindungi mereka dari berbagai keadaan yang meresahkan di sebuah dataran tinggi, tempat yang tenang, rindang, dan ba-Nyak buah-buahan untuk dimakan, dan di sana juga tersedia mata air yang mengalir untuk diminum.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari beragam ahli tafsir terkait makna dan arti surat Al-Mu’minun ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Dukunglah kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dilihat

Ada berbagai konten yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 275, Ar-Ra’d 28, Al-Waqi’ah 35-38, Al-Baqarah 155, At-Tahrim 6, Al-Hujurat. Ada pula As-Sajdah, At-Taubah 128-129, An-Nahl 125, Ath-Thariq, Al-Baqarah 1-5, Al-Furqan 63.

  1. Al-Baqarah 275
  2. Ar-Ra’d 28
  3. Al-Waqi’ah 35-38
  4. Al-Baqarah 155
  5. At-Tahrim 6
  6. Al-Hujurat
  7. As-Sajdah
  8. At-Taubah 128-129
  9. An-Nahl 125
  10. Ath-Thariq
  11. Al-Baqarah 1-5
  12. Al-Furqan 63

Pencarian: yasin 60, al anam 70, al imran 106, ali imran ayat 12, surat albaqarah ayat 286

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: