Surat Al-Furqan Ayat 62

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ูˆูŽูฑู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ุฎูู„ู’ููŽุฉู‹ ู„ู‘ูู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฐู‘ูŽูƒู‘ูŽุฑูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุดููƒููˆุฑู‹ุง

Arab-Latin: Wa huwallaลผฤซ ja'alal-laila wan-nahฤra khilfatal liman arฤda ay yaลผลผakkara au arฤda syukแปฅrฤ

Artinya: Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.

ยซ Al-Furqan 61 โœต Al-Furqan 63 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat Al-Furqan Ayat 62

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Furqan Ayat 62 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi beragam penjelasan dari kalangan ahli ilmu mengenai kandungan surat Al-Furqan ayat 62, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Dia-lah yang menjadikan malam dan siang saling silih berganti, salah satunya menggantikan yang lain bagi orang yang mau mengambil pelajaran dengan apa yang terjadi di dalamnya karena dorongan keimanan kepada Dzat Yang Mengatur lagi Menciptakan, atau orang yang hendak bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat dan karunia-karuniaNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

62. Dan Dia pula yang menjadikan malam dan siang silih berganti, masing-masing datang dan pergi; bagi orang yang ingin mengambil pelajaran dari tanda-tanda kebesaran Allah agar ia mendapat petunjuk, atau bagi orang yang ingin bersyukur atas nikmat-nikmat Allah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ูŽู‘ูŠู’ู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ู‡ูŽุงุฑูŽ ุฎูู„ู’ููŽุฉู‹ (Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti)
Yakni salah satunya mengganti yang lain, kemudian ia akan pergi kembali dan datang yang sebelumnya, saling silih berganti antara cahaya dan gelap, berubah-ubah panjang pendeknya, dan panas dan dinginnya.

ู„ูู‘ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฐูŽู‘ูƒูŽู‘ุฑูŽ(bagi orang yang ingin mengambil pelajaran)
Maknanya adalah seorang yang mengambil pelajaran apabila melihat pergantian siang dan malam akan mengetahui bahwa pasti ada yang Dzat menjalankan pergantian itu.

ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุดููƒููˆุฑู‹ุง(atau orang yang ingin bersyukur)
Yakni hendak bersyukur kepada Allah atas kenikmatan yang besar dan rahmat yang banyak yang terkandung pada siang dan malam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Tadabbur 'amali : diriwayatkan bahwa suatu ketika Umar radhiyallahu 'anhu memanjangkan shalat Dhuha lalu seseorang berkata kepadanya: hari ini engkau melakukan seuatu yang belum engkau lakukan sebelumnya! beliau kemudian mengatakan: sesungguhnya ada wiridku yang belum aku selesaikan, dan aku ingin menyelesaikannya, kemudian beliau membaca ayat :

{ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ูˆูŽูฑู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ุฎูู„ู’ููŽุฉู‹ ู„ู‘ูู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฐู‘ูŽูƒู‘ูŽุฑูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุดููƒููˆุฑู‹ุง }
"Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur"

2 ). { ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูฑู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽ ูˆูŽูฑู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑูŽ ุฎูู„ู’ููŽุฉู‹ ู„ู‘ูู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฐู‘ูŽูƒู‘ูŽุฑูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุดููƒููˆุฑู‹ุง } Al-Bukhori berkata : { ุฎูู„ู’ููŽุฉู‹ } yakni siapa yang terlewatkan olehnya suatu amalan pada malam hari, maka hendaknya menegerjakannya pada siang hari, atau terlewatkan suatu amalan pada siang hari maka mengerjakannya pada malam hari. Dan pendapat ini dikuatkan oleh hadits Umar :

(( ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุงู…ูŽ ุนูŽู†ู’ ุญูุฒู’ุจูู‡ู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ู…ูู†ู’ู‡ู ุŒ ููŽู‚ูŽุฑูŽุฃูŽู‡ู ูููŠู’ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ููŽุฌู’ุฑู ูˆูŽุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ุธูู‘ู‡ู’ุฑู ุŒ ูƒูุชูุจูŽ ู„ูŽู‡ู ูƒูŽุฃู†ูŽู‘ู…ูŽุง ู‚ูŽุฑูŽุฃู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ))
"Barangsiapa yang tidur sampai terlewat bacaan hizb Alqurannya, atau sebagian dari hizbnya tersebut, lalu ia membacanya antara shalat Shubuh dan Zhuhur, maka ditulis baginya seolah ia telah membacanya pada malam hari.โ€ (Shahih Al-Bukhori)"


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

62. Allah SWT adalah Dzat yang menciptakan malam dan siang saling bergantian. Keduanya saling menggantikaan satu sama lain dan datang setelahnya. Keduanya saling bergantian dalam memberikan cahaya dan kegelapan, serta kelebihan dan kekurangan bagi orang yang mau mengingat. Dan salah satu yang harus direnungkan yaitu bahwa dalam pergantian keduanya itu ada Dzat yang membawa dan menggantinya bagi orang yang mau mensyukuri nikmat Tuhannya yang diberikan pada malam dan siang hari sebagai nikmat yang agung.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dialah yang menjadikan malam dan siang silih berganti} saling mengikuti satu sama lain {bagi orang yang ingin mengambil pelajaran} mengambil teladan dan pelajaran {atau ingin bersyukur} bersyukur atas nikmat Tuhannya kepadanya pada siang dan malam


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

62 โ€œdan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti,โ€ maksudnya, yang satu berlalu, lalu datang yang lain. Demikianlah seterusnya selama-lamanya tidak akan pernah bersatu dan tidak pernah hilang. โ€œbagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur,โ€ maksudnya bagi siapa saja yang ingin (melalui keduanya) mengambil pelajaran dan merenung dan beragumen dengan keduanya atas berbagai tuntutan-tuntutan ilahi, dan untuk bersyukur kepada Allah atas semua itu, dan bagi siapa saja yang wiridnya tertinggal pada siang hari, maka dia menunaikannya pada malam hari. Sesungguhnya hati itu selalu berbolak balik dan berubah-ubah pada waktu-waktu di malam dan siang hari, sehingga terjadi rasa giat, malas, ingat, lalai, pelit, memberi, menghadap dan berpaling. Maka Allah menjadikan malam dan siang bergantian atas manusia dan selalu berulang-ulang agar terjadi dzikir. Giat dan bersyukur kepada Allah pada waktu yang lain, malam atau siang, karena waktu ibadah selalu berulang dengan berulangnya malam dan siang. Maka setiap kali itu berulang, terjadilah suatu semangat baru bagi seseorang, bukan semangatnya yang telah mengendur pada waktu yang telah lalu, sehingga ia bisa makin menyadarinya dan makin mensyukurinya. Sesungguhnya tugas-tugas ketaatan itu laksana siraman iman yang menyiraminya. Kalau saja bukan karena itu, niscaya tanaman iman menjadi layu dan kering. Maka segala puji bagi Allah atas semua itu.
Kemudian Allah menyebutkan di antara sejumlah kebaikan dan karunia atas hamba-hambaNya yang shalih dan taufikNya kepada mereka untuk bisa beramal shalih yang membuat mereka mampu meraih kedudukan tertinggi di istana surga.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 61-62
Allah SWT berfirman seraya mengagungkan dan membesarkan atas keindahan apa yang Dia ciptakan di langit berupa gugusan-gugusan bintang yang besar-besar, menurut pendapat Mujahid, Sa'id bin Jubair, Abu Shalih, Al-Hasan, dan Qatadah.
Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari) yaitu matahari yang bersinar seakan-akan pelita di alam, sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari) (13)) (Surah An-Naba')
(dan bulan yang bercahaya) yaitu, bercahaya dan terang dengan cahaya sendiri, bukan dari cahaya matahari, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dialah Yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya) (Surah Yunus: 5) Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Nuh, bahwa dia berkata kepada kaumnya: (Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (15) Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? (16)) (Surah Nuh) Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti) yaitu masing-masing dari keduanya silih berganti, tanpa henti. Jika yang ini datang, dan yang itu pergi. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan Dia telah menundukkan (pula) bagi kalian matahari dan bulan yang terus-menerus beredar) (Surah Ibrahim: 33)
Firman Allah SWT: (bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur) yaitu, Allah menjadikan siang dan malam silih berganti sebagai pertanda waktu untuk hamba-hambaNya untuk menyembahNya SWT, maka barangsiapa yang meninggalkan suatu amal di malam hari, dan menyusulnya di siang hari, dan barangsiapa yang meninggalkan suatu amal di siang hari, maka dia dapat menyusulnya di malam hari. Disebutkan dalam hadits shahih,โ€Sesungguhnya Allah SWT membuka lebar tanganNya di malam hari untuk menerima taubat orang yang melakukan dosa di siang hari, dan Dia membuka lebar tanganNya di siang hari untuk menerima taubat orang yang berbuat dosa di malam hariโ€
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang ayat ini, bahwa barangsiapa yang meninggalkan amalan di malam hari, maka boleh mengerjakannya di siang hari, atau barangsiapa yang meninggalkan amalan di siang hari, maka dia dapat mengerjakannya di malam hari. Demikian juga dikatakan Ikrimah, Sa'id bin Jubair, dan Al-Hasan.
Mujahid dan Qatadah berkata tentang firmanNya, "Khilfah" adalah saling bertentangan, yaitu ini mempunyai ciri kegelapan, dan yang lain mempunyai ciri terang.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Furqan ayat 62: Yakni bagi orang yang ingin mengambil pelajaran dan menjadikannya dalil terhadap tuntutan-tuntutan ilahi.

Syaikh As Saโ€™diy rahimahullah berkata, โ€œSesungguhnya hati berubah-ubah dan berpindah-pindah di waktu-waktu malam dan siang hari, terkadang muncul semangat dan muncul pula malas, muncul ingat dan muncul lalai, muncul sempit dan muncul lapang, muncul mendatangi dan muncul berpaling, maka Allah jadikan malam dan siang melewati para hamba dan dan datang berulang-ulang agar muncul ingat dan semangat serta bersyukur kepada Allah di waktu yang lain, di samping itu wirid ibadah berulang dengan berulangnya malam dan siang. Setiap kali waktu berulang, maka muncul bagi hamba keinginan yang bukan keinginan yang melemah di waktu yang lalu, sehingga bertambahlah ingat dan syukurnya. Tugas-tugas ketaatan ibarat siraman iman yang membantunya, jika tidak ada tugas itu tentu tanaman iman itu akan layu dan kering, maka pujian yang paling sempurna dan lengkap atas hal itu adalah milik Allah.โ€

Oleh karena itu, sudah sepatutnya seorang mukmin mengambil pelajaran dari pergantian malam dan siang, karena malam dan siang membuat sesuatu yang baru menjadi bekas, mendekatkan hal yang sebelumnya jauh, memendekkan umur, membuat muda anak-anak, membuat binasa orang-orang yang tua, dan tidaklah hari berlalu kecuali membuat seseorang jauh dari dunia dan dekat dengan akhirat. Orang yang berbahagia adalah orang yang menghisab dirinya, memikirkan umurnya yang telah dia habiskan, ia pun memanfaatkan waktunya untuk hal yang memberinya manfaat baik di dunia maupun akhiratnya. Jika dirinya kurang memenuhi kewajiban, ia pun bertobat dan berusaha menutupinya dengan amalan sunat. Jika dirinya berbuat zhalim dengan mengerjakan larangan, ia pun berhenti sebelum ajal menjemput, dan barang siapa yang dianugerahi istiqamah oleh Allah Ta'ala, maka hendaknya ia memuji Allah serta meminta keteguhan kepada-Nya hingga akhir hayat. Ya Allah, jadikanlah amalan terbaik kami adalah pada bagian akhirnya, umur terbaik kami adalah pada bagian akhirnya, hari terbaik kami adalah hari ketika kami bertemu dengan-Mu, Allahumma aamiin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Furqan Ayat 62

Dan bentuk kekuasaan Allah lainnya adalah bahwa dia pula yang menjadikan malam dan siang silih berganti sesuai dengan perputaran bumi mengelilingi matahari. Siang dan malam saling berkejaran. Kejadian alam seluruh ini haruslah menjadi bahan renungan bagi orang yang ingin mengambil pelajaran bahwa semua ciptaan Allah pasti mempunyai hikmah yang besar bagi makhluk-Nya, atau bagi yang ingin bersyukur dengan hati, lisan dan anggota badannya untuk mencari rida Allah. 63. Jika pada ayat-ayat yang lalu disebutkan sifat-sifat orang kafir yang tidak mau bersujud kepada Allah, pada ayat berikut ini disebutkan ciri dan sifat 'ib'durrahm'n atau para pengabdi Allah. Adapun hamba-hamba tuhan yang maha pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati tidak dibuat-buat, tapi berjalan secara wajar, tidak menyombongkan diri, dalam sikap dan tindakan, karena dia tahu bahwa sikap itu tidak terpuji, akan mengakibatkan hal-hal yang negatif dalam pergaulan. Dan apabila orang-orang bodoh yang tidak tahu nilai-nilai sosial kemasyarakatan menyapa mereka dengan kata-kata yang menghina, atau kasar, mereka tidak membalasnya dengan ucapan yang semisal, namun dengan penuh sopan dan rendah hati mereka mengucapkan 'sal'm, ' yang berarti mudah-Mudahan kita berada dalam keselamatan, damai, dan sejahtera. Nabi Muhammad telah memberikan contoh sendiri, bahwa semakin dikasari, beliau semakin santun, arif dan bijaksana.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjabaran dari berbagai mufassirin mengenai kandungan dan arti surat Al-Furqan ayat 62 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dilihat

Kaji ratusan topik yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: An-Nahl 125, Al-Furqan 63, Ath-Thariq, At-Taubah 128-129, Ar-Ra’d 28, Al-Baqarah 275. Ada pula Al-Waqi’ah 35-38, Al-Baqarah 155, As-Sajdah, At-Tahrim 6, Al-Hujurat, Al-Baqarah 1-5.

  1. An-Nahl 125
  2. Al-Furqan 63
  3. Ath-Thariq
  4. At-Taubah 128-129
  5. Ar-Ra’d 28
  6. Al-Baqarah 275
  7. Al-Waqi’ah 35-38
  8. Al-Baqarah 155
  9. As-Sajdah
  10. At-Tahrim 6
  11. Al-Hujurat
  12. Al-Baqarah 1-5

Pencarian: surah ar rahman ayat 60, at taubah 128 dan 129, 10 ayat tentang ibadah, surat ar rad ayat 8, surat al imron ayat 110

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: