Surat Asy-Syu’ara Ayat 82

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱلَّذِىٓ أَطْمَعُ أَن يَغْفِرَ لِى خَطِيٓـَٔتِى يَوْمَ ٱلدِّينِ

Arab-Latin: Wallażī aṭma'u ay yagfira lī khaṭī`atī yaumad-dīn

Artinya: Dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat".

« Asy-Syu'ara 81Asy-Syu'ara 83 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Surat Asy-Syu’ara Ayat 82

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syu’ara Ayat 82 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir mendalam dari ayat ini. Diketemukan beragam penjelasan dari berbagai pakar tafsir terkait makna surat Asy-Syu’ara ayat 82, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

75-82. Ibrahim berkata, “Apakah kalian sudah melihat dengan penuh perhatian apa yang kalian sembah berupa berhala-berhala yang tidak mendengar, tidak memberi manfaat dan tidak dapat mendatangkan mudarat terhadap kalian dan nenek moyang kalian terdahulu sebelum kalian? Sesungguhnya apa yang kalian sembah selain Allah itu adalah musuh-musuhku, dan Tuhan alam semesta dan Pemilik urusan mereka, itulah semata yang aku sembah. Dia-lah Yang menciptakanku dalam bentuk terbaik, lalu Dia menunjukkan kepadaku jalan menuju kemaslahatan dunia dan akhirat. Dan Dia-lah Yang melimpahkan kepadaku kenikmatan makanan dan minuman. Dan apabila suatu penyakit menimpaku, maka Dia-lah yang menyembuhkanku dan menyehatkanku darinya. Dan Dia-lah Yang mematikanku di dunia dengan mencabut ruhku, kemudian Dia akan menghidupkanku pada Hari Kiamat. Tidak ada yang kuasa untuk melakukan semua itu selain Dia. Dan Dia-lah satu-satunya yang aku amat berharap akan mengampuni dosa-dosaku pada Hari Pembalasan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

82. Dan hanya Dia lah yang amat kuharapkan untuk mengampuni dosa-dosaku pada hari pembalasan kelak.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

82. وَالَّذِىٓ أَطْمَعُ أَن يَغْفِرَ لِى خَطِيٓـَٔتِى يَوْمَ الدِّينِ (dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat)
Imam Mujahid mengatakan yang dimaksud dengan kesalahannya adalah ucapannya:
(بل فعله كبيرهم هذا) “namun ini dilakukan oleh berhala yang paling besar itu”, dan ucapannya: (إني سقيم) “aku sedang sakit”, serta ucapannya bahwa Sarah adalah saudarinya. Dan Imam Hasan al-Bashri menambahkan yaitu ucapan Nabi Ibrahim kepada bintang-bintang “ini adalah Tuhanku.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

82. Dan sifat keenam adalah pemberi ampunan. Allah adalah Dzat yang aku harapkan ampunanNya kepadaku atas kelalaian dan dosa-dosaku pada hari pembalasan dan hari perhitungan. Sesungguhnya dia (Ibrahim) berkata seperti itu untuk memberitahu bahwa dia belum melakukan apapun terhadap nikmat Allah SWT.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dzat yang aku harapkan} aku harapkan {untuk mengampuni kesalahanku pada hari pembalasan”} hari pembalasan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

75-82 lalu Ibrahim berkata kepada mereka, ”kalian dan nenek moyang kalian semuanya adalah penentang dalam perkara [ini], dan pembicaraan bersama orang-orang di atas adalah sama,” maka apakah kamu telah memperhatikan apa yang sellau kamu sembah, kamu dan nenek moyang kamu yang dahulu? Karena sesungguhnya semua itu adalah musuhku,” maka silahkan mereka menimpakan bahaya apa pun terhadapku, dan silahkan mereka melakukan tipu daya terhadapku, maka pasti mereka tidak akan mampu melakukannya, “kecuali Rabb semesta alam, Yang telah menciptakanku, maka Dia-lah yang menunjukiku.” Dia-lah [semata] yang memberikan nikmat penciptaan dan nikmat hidayah untuk kemaslahatan agam dan dunia. Llau dia menyebutkan secara khusus sebagian dari hal-hal yang sudah pasti, seraya berkata,”dan yang memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkanku, dan yang akan mematikanku, kemudian akan menghidupkanku (kembali), dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesahanku pada Hari kiamat,”
Dia-lah semata yang bisa melakukan itu semua sendirian, maka dari itu wajib diesakan dengan ibadah dan ketaatan, sedangkan berhala-berhala yang tidak bisa menciptakan, tidak bisa menyembuhkan, tidak bisa memberi makan dan tidak bisa memberi minum, tidak dapat mematikan dan tidak dapat menghidupkan, tidak berguna bagi penyembahnya, baik dalam menghilangkan kesusahan atau pun memberikan ampunan dosa itu harus ditinggalkan. Ini adalah dalil yang sangat akurat dan hujjah yang mematahkan di mana kalian dan nenek moyang kalian tidak kuasa menentangnya, maka itu membuktikan keikutsertaan kalian dalam kesesatan dan dalam meninggalkan jalan hidayah dan jalan yang lurus. Allah berfirman,
“dan dia dibantah oleh kaumnya. Dia berkata, ’apakah kamu hendak membantahku tentang Allah, padahal sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepadaku…” (al-an’am:80)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 78-82
Yaitu, aku tidak menyembah kecuali Tuhan menjadikan segala sesuatu ini ((yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjukkan aku (78)) yaitu Dialah Dzat yang Menciptakan, yang telah menentukan ukuran dan memberi petunjuk semua makhluk kepadaNya. Maka setiap makhluk diciptakan berjalan menurut apa yang telah ditakdirkan baginya; Dialah Dzat yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki, dan menyesatkan kepada siapa yang Dia kehendaki (dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku (79)) yaitu Dialah Penciptaku dan Pemberi rezekiku dengan apa yang telah ditundukkan dan dimudahkan olehNya dari yang ada di langit dan bumi. Dia menggiring awan dan menurunkan hujan, lalu menghidupkan bumi dan mengeluarkan darinya semua buah-buahan sebagai rezeki buat hamba-hambaNya. Dia juga menurunkan air tawar yang mudah diminum untuk minum semua makhlukNya, yaitu berbagai macam hewan ternak dan manusia yang jumlahnya banyak.
Firman Allah SWT: (dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (80)) disandarkan kepada dirinya, dan itu berasal dari takdir dan ketetapan Allah, juga sebagai ciptaanNya, tetapi disandarkan kepada dirinya sebagai etika. Sebagaimana Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada orang shalat agar mengucapkan: (Tunjukkanlah kami jalan yang lurus (6) (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat (7)) (Surah Al-Fatihah) nikmat dan petunjuk disandarkan kepada Allah, dan murka fa'ilnya dibuang karena etika, dan kesesatan disandarkan kepada hamba-hambaNya, sebagaimana yang dikatakan jin: (Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan ini) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka (10)) (Surah Al-Jin)
Demikian juga yang dikatakan nabi Ibrahim (dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (80)) yaitu, jika aku sakit, sesungguhnya tidak ada seorang pun yang mampu menyembuhkanku selain Dia dengan berbagai macam cara untuk memberikan kesembuhan. (dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali) (81)) yaitu, Dialah Dzat yang menghidupkan dan yang mematikan; tidak ada seorangpun yang mampu melakukan hal itu, karena sesungguhnya Dialah Dzat yang memulai penciptaan dan yang mengulanginya (dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat (82)) yaitu tidak ada seorangpun yang mampu mengampuni dosa-dosa di dunia dan akhirat kecuali hanya Dia. Tidak ada seorang pun yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Allah, Dia Maha Berbuat sesuai dengan apa yang Dia kehendaki.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syu’ara ayat 82: Berkata Ibrahim : Seluruh harapanku dan keinginanku adalah agar Allah ampunkan segala kesalahanku pada hari kiamat dan memaafkanku dan menghapuskan dosa-dosa dariku.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Tuhan yang seperti inilah yang berhak untuk disembah dan ditaati, berbeda dengan berhala dan patung yang tidak mampu menciptakan, tidak mampu menunjukkan, tidak mampu menyembuhkan yang sakit, tidak mampu memberi makan dan tidak mampu memberi minum, tidak mampu menghidupkan dan tidak mampu mematikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syu’ara Ayat 82

Dan yang sangat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat, ' hari di mana aku harus mempertanggungkanjawabkan atas semua amalku. 83. Nabi ibrahim lantas berdoa untuk kebaikan dirinya, orang tuanya dan orang lain, baik di dunia maupun akhirat, 'ya tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan pemahaman terhadap rahasia agama dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh yang selalu berada pada jalan yang benar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penafsiran dari kalangan mufassir berkaitan makna dan arti surat Asy-Syu’ara ayat 82 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dilihat

Nikmati ratusan materi yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 1-5, Al-Waqi’ah 35-38, Al-Baqarah 155, At-Taubah 128-129, At-Tahrim 6, As-Sajdah. Juga Al-Furqan 63, Ar-Ra’d 28, Al-Baqarah 275, Al-Hujurat, Ath-Thariq, An-Nahl 125.

  1. Al-Baqarah 1-5
  2. Al-Waqi’ah 35-38
  3. Al-Baqarah 155
  4. At-Taubah 128-129
  5. At-Tahrim 6
  6. As-Sajdah
  7. Al-Furqan 63
  8. Ar-Ra’d 28
  9. Al-Baqarah 275
  10. Al-Hujurat
  11. Ath-Thariq
  12. An-Nahl 125

Pencarian: surat al-insyirah ayat 6, surat al anbiya 89-90, zuyyina linnasi hubbu syahwat urdu translation, quran surah alfurqon ayat 63, innal munafiqina

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: