Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 44

Surat Al-Qashash Ayat 44

وَمَا كُنتَ بِجَانِبِ ٱلْغَرْبِىِّ إِذْ قَضَيْنَآ إِلَىٰ مُوسَى ٱلْأَمْرَ وَمَا كُنتَ مِنَ ٱلشَّٰهِدِينَ

Arab-Latin: Wa mā kunta bijānibil-garbiyyi iż qaḍainā ilā mụsal-amra wa mā kunta minasy-syāhidīn

Artinya: Dan tidaklah kamu (Muhammad) berada di sisi yang sebelah barat ketika Kami menyampaikan perintah kepada Musa, dan tiada pula kamu termasuk orang-orang yang menyaksikan.

« Al-Qashash 43Al-Qashash 45 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qashash Ayat 44 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 44 dengan text arab, latin dan artinya. Tersedia kumpulan penjabaran dari banyak pakar tafsir terkait kandungan surat Al-Qashash ayat 44, di antaranya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

. Dan tidaklah kamu (wahai Rasul) berada di sisi sebelah barat dari Musa ketika Kami bebankan kepadanya perintah dan larangan Kami, dan kamu tidaklah termasuk orang-orang yang menyaksikannya, sehingga dapat dikatakan bahwa ia sampai kepadamu melalui jalan ini.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

44. Dan tidaklah engkau -wahai Rasul- hadir di samping lereng gunung sebelah barat dari Musa -'alaihissalām- tatkala Kami menyampaikan perintah kepada Musa dengan mengutusnya kepada Fir'aun dan para pembesarnya, dan engkau tidak termasuk orang-orang yang hadir hingga engkau mengerti kabar tentang hal itu lalu engkau mengisahkannya kepada manusia. Dan apa yang engkau ceritakan kepada mereka adalah wahyu dari Allah kepadamu.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

44. Hai Rasulullah, Kami telah membacakan kepadamu kisah-kisah tentang Nabi Musa. Kamu tidak berada di sisi gunung sebelah barat dari lembah yang terletak di sebelah kanan ketika Kami menetapkan perjanjian Kami kepada Musa dan Kami tugaskan dia untuk mengemban risalah; dan kamu tidak termasuk orang yang menyaksikan kejadian itu sehingga dapat mengetahui kejadian sebenarnya; serta kamu dan kaummu bukan termasuk orang-orang yang mengetahui kisah para rasul dan umat-umat terdahulu. Dan jika telah jelas bahwa mengetahui kisah-kisah ini secara terperinci tidak mungkin dapat dilakukan kecuali dengan menyaksikannya secara langsung, maka jelaslah bahwa kisah-kisah ini berasal dari wahyu Allah.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. وَمَا كُنتَ بِجَانِبِ الْغَرْبِىِّ (Dan tidaklah kamu (Muhammad) berada di sisi yang sebelah barat)
Yakni Hai Muhammad, kamu tidak pernah berada di sisi barat dari lembah Sinai, ketika Musa bermunajat kepada Tuhannya.
Dari sini jelas bahwa lembah itu mengalirkan air dari arah timur ke utara, sebab arah barat tidak akan berada di sisi kanan kecuali jika air itu mengalir dari arah timur ke barat.

إِذْ قَضَيْنَآ إِلَىٰ مُوسَى الْأَمْرَ(ketika Kami menyampaikan perintah kepada Musa)
Yakni ketika Kami mengambil perjanjian darinya dan Kami tegaskan perintah kepadanya untuk menyampaikan risalah kepada Fir’aun dan kaumnya.

وَمَا كُنتَ مِنَ الشّٰهِدِينَ(dan tiada pula kamu termasuk orang-orang yang menyaksikan)
Yakni tidak menyaksikan hal itu, sehingga kamu dapat mengetahui kejadian sebenarnya untuk kamu ceritakan kepada kaummu.
Dengan demikian jelaslah bahwa kisah itu berasal dari Allah dengan wahyu yang disampaikan kepada Rasulullah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

44. Dan engkau wahai Muhammad tidaklah berada di sisi gunung sebelah barat ketika nabi Musa bermunajat. Yaitu ketika Kami menyampaikan wahyu kepada Musa berupa kitab Taurat dan perintah untuk menyampaikan risalah kepada Fir’aun dan kaumnya. Engkau juga bukan termasuk orang-orang yang menyaksikan peristiwa zaman itu, maka pelajari dan sampaikanlah


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kamu tidak berada di sebelah barat} bukit di bagian barat {ketika Kami menyampaikan} membuat perjanjian {risalah} risalah untuk Fir’aun dan kaumnya {kepada Musa. Kamu juga tidak termasuk orang-orang yang menyaksikan} termasuk orang-orang yang hadir pada waktu itu


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

44. Setelah Allah menceritakan kepada RasulNya apa yang telah dikisahkanNya, berupa kabar-kabar ghaib di atas, maka Dia mengingatkan hamba-hambaNya bahwa ini semua adalah kabar ilahi murni; Rasulullah sama sekali tidak punya jalan untuk mengtahui selain dari jalur wahyu. Maka dari itu, Dia berfirman, “Dan tidaklah kamu (Muhammad) berada di sisi yang sebelah barat,” maksudnya di sebelah barat bukit Thur pada waktu Kami memberikan keputusan kepada Musa, “dan tiada pula kamu termasuk orang-orang yang menyaksikan” semua itu, sehingga dikatakan “bahwa sesungguhnya berita itu sampai kepadamu dari jalur ini.”


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 44: Allah berfirman kepada Nabi-Nya Muhammad ﷺ : Tidaklah engkau ada di atas gunung Thur yang terletak di sebelah barat, ketika Allah berbicara dengan Musa, dan Allah membebankan perintah-perintah dan larangan-larangan, engkau tidaklah menyaksikannya sampai Kami yang mengisahkannya kepada kaummu, dan semua itu adalah termasuk dari ilmu ghaib yang Kami kabarkan keada engkau.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menceritakan kepada Rasul-Nya (Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam) apa yang Dia ceritakan, seperti berita-berita di masa lalu, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengingatkan manusia bahwa berita tersebut adalah berita murni dari Allah, tidak ada jalan bagi rasul untuk mengetahuinya kecuali dengan jalan wahyu.

Maksudnya, di sebelah barat lembah suci Thuwa, lihat surat Thaha ayat 12.

Sehingga dikatakan, bahwa engkau mengetahuinya karena ikut hadir ketika itu.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 44

Setelah selesai dipaparkan kisah nabi musa, Allah menyampaikan kepada nabi Muhammad tentang penegasan tentang kenabian dan kerasulannya. Dan engkau wahai nabi Muhammad tidak bersama nabi musa berada di sebelah barat lembah suci 'uwa di gunung ''r ketika kami menyampaikan perintah kepada musa untuk menyampaikan risalah dan menghadapi fir`aun, dan engkau tidak pula hidup sezaman de-ngannya sehingga termasuk orang-orang yang menyaksikan kejadian itu. Namun demikian engkau dapat mengetahuinya secara benar, padahal engkau pun tidak pandai membaca atau pernah belajar. Ini bukti bahwa engkau mendapat wahyu dari Allah. Maka, bagaimana kaummu mendustakan risalahmu sedangkan kamu hanya membacakan kabar orang-orang terdahulu pada mereka'45. Engkau tidak mengalami peristiwa-peristiwa itu, tetapi kami telah menciptakan beberapa umat dalam berbagai generasi setelah nabi musa, dan telah berlalu atas mereka masa yang panjang, sehingga mereka lupa dengan perjanjian yang telah mereka ambil dan meninggalkan perintah Allah. Kami utus engkau untuk memperbaharui kembali dakwah yang pernah disampaikan oleh nabi-nabi terdahulu. Dan demikian pula engkau wahai nabi Muhammad tidak tinggal bersama-sama penduduk madyan dengan membacakan ayat-ayat kami kepada mereka, sehingga dapat memberitahu penduduk mekah tentang kabar mereka. Engkau tidak tinggal bersama mereka di madyan, akan tetapi kami telah me-ngutus rasul-rasul dan kami beritahukan kepadamu tentang kisah-kisah mereka melalui wahyu.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah aneka ragam penafsiran dari beragam mufassirun mengenai makna dan arti surat Al-Qashash ayat 44 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Sokong kemajuan kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Ma’un
  2. al-Mulk
  3. al-Kahfi
  4. Ar-Ra’d 11
  5. Al-Isra 32
  6. Al-Mujadalah 11
  7. Inna Lillahi
  8. al-A’la
  9. Al-Ma’idah 2
  10. An-Nur 2
  11. Al-Isra 23
  12. Al-Isra 1
  13. al-Kautsar
  14. Yusuf 4
  15. al-‘Ashr
  16. An-Nisa 36
  17. Luqman 14
  18. At-Taubah 122
  19. Al-Hujurat 12
  20. Luqman 13-14
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: