Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 52

Surat Al-Qashash Ayat 52

ٱلَّذِينَ ءَاتَيْنَٰهُمُ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِهِۦ هُم بِهِۦ يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Allażīna ātaināhumul-kitāba ming qablihī hum bihī yu`minụn

Artinya: Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Al Kitab sebelum Al Quran, mereka beriman (pula) dengan Al Quran itu.

« Al-Qashash 51Al-Qashash 53 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qashash Ayat 52 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 52 dengan text arab, latin dan artinya. Ditemukan beberapa penjabaran dari berbagai mufassirun terkait kandungan surat Al-Qashash ayat 52, antara lain sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan orang-orang yang telah Kami berikan kepada mereka al-Kitab sebelum al-Qur’an (yaitu orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak mengubah ajaran mereka) mereka itu beriman kepada al-Qur’an dan kepada Muhammad


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

52. Orang-orang yang teguh beriman kepada Taurat sebelum diturunkannya Al-Qur`ān, mereka beriman kepada Al-Qur`ān berdasarkan kabar dan kriteria yang mereka dapati di dalam kitab-kitab mereka.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

52. Dan jika ada yang bertanya: “Apakah ada orang yang beriman kepada al-Qur’an sebelum ia diturunkan kepadamu?” Maka jawablah: “Segolongan orang yahudi dan Nasrani yang beriman kepada kitab yang diturunkan kepada mereka sebelum kitab-kitab itu diubah telah beriman kepada al-Qur’an dan kepada rasul yang mendapat wahyu al-Qur’an.”


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. الَّذِينَ ءَاتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ مِن قَبْلِهِۦ (Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Al Kitab sebelum Al Quran)
Yakni sebelum al-Qur’an.

هُم بِهِۦ يُؤْمِنُونَ(mereka beriman (pula) dengan Al Quran itu )
Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang telah diberikan kitab dan mempercayainya dengan sebenar-benarnya maka mereka akan beriman pula kepada al-Qur’an, mereka adalah sebagian ahli kitab seperti Abdullah bin Salam dan orang-orang lainnya yang beriman dari mereka.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Orang-orang yang Kami beri kitab Tuhan sebelum Al-Qur’an itu membenarkan Al-Qur’an dan nabi Muhammad SAW karena isinya sesuai dengan apa yang terkandung dalam kitab mereka. Di antara mereka itu adalah Abdullah bin Salam dan orang yang masuk Islam melalui dua kitab. Ayat ini diturunkan untuk para ahli kitab yang selalu berada dalam kebenaran sampai Allah mengutus Muhammad SAW kemudian mereka mengimaninya. Di antara mereka adalah Salman Al-Farisi dan Abdullah bin Salam


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Orang-orang yang telah Kami beri kitab sebelumnya} sebelum Al-Qur’an {mereka beriman kepadanya


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52. Allah menjelaskan keagungan al-Quran, kejernihan dan kebenarannya, dan bahwa sesungguhnya para ahli ilmu sebenarnya mengetahuinya dan beriman kepadanya, mereka mengakui bahwa al-quran itu haq (benar) seraya berfirman, “Orang-orang yang telah kami datangkan kepada mereka al-Kitab sebelum al-Quran.” Mereka adalah orang-orang ahli Taurat dan Injil yang tidak merubah dan tidak mengganti (Taurat dan Injil), “mereka kepadanya,” maksudnya, kepada al-quran dan nabi yang datang membawanya, “beriman.”


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 52: Allah menjelaskan bahwa (kepada) mereka yang telah datang satu kitab, yaitu Taurat dan Injil yang mereka adalah yahudi dan nashrani sebelum turunnya Al Qur’an kepada Muhammad ﷺ dan isinya belum diganti dan diselewengkan, maka mereka adalah termasuk orang-orang yang takut akan kedudukan Allah; Mereka akan beriman terhadap Al Qur’an dan Muhammad ﷺ tergantung dari apa yang telah sampai kepada mereka.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini turun berkenaan dengan segolongan orang yang masuk Islam dari kalangan Yahudi (seperti Abdullah bin Salam dan kawan-kawannya) dan Nasrani (yang datang dari Habasyah dan Syam). Ayat ini menerangkan keagungan Al Qur’an dan kebenarannya, di mana orang-orang yang berilmu mengetahuinya dan mengimaninya serta mengakui kebenarannya.

Yaitu kitab Taurat dan Injil yang masih murni.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 52

Siapa pun yang membuka mata hati dan pikirannya menyangkut Al-Qur'an tentu dia akan beriman. Buktinya adalah orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka al-kitab, yakni taurat dan injil, sebelum datang Al-Qur'an, kemudian beriman kepada kitab tersebut dan membenarkan apa yang ada di dalamnya tentang Muhammad dan kitab sucinya, maka sesungguhnya mereka telah beriman pula kepadanya, yakni Muhammad dan Al-Qur'an. 53. Karena itu mereka menerimanya dengan tulus, dan apabila Al-Qur'an dibacakan kepada mereka, dengan bergegas tanpa banyak berpikir mereka berkata, 'kami telah beriman kepadanya, karena sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah suatu kebenaran yang sempurna dari tuhan pemelihara kami. Dan kami telah mengetahui Muhammad dan kitab sucinya sebelum kitab itu diturunkan. Sungguh, sebelumnya kami adalah orang muslim yang tunduk patuh dan berserah diri kepada Allah. '.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikian beberapa penjabaran dari kalangan mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Qashash ayat 52 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Support perjuangan kami dengan memberi backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Mulk
  2. al-Baqarah
  3. al-Waqi’ah
  4. al-Balad
  5. Al-Isra 1
  6. al-Kahfi
  7. Ar-Ra’d 11
  8. ‘Abasa
  9. Al-Isra 23
  10. Al-Hujurat 12
  11. ar-Rahman
  12. Al-Ma’idah 3
  13. Luqman 14
  14. Yasin
  15. al-A’la
  16. At-Taubah 122
  17. Yusuf 4
  18. al-Fatihah
  19. Al-Ma’idah 2
  20. Inna Lillahi
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: