Surat Al-Qashash Ayat 52

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ٱلَّذِينَ ءَاتَيْنَٰهُمُ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِهِۦ هُم بِهِۦ يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Allażīna ātaināhumul-kitāba ming qablihī hum bihī yu`minụn

Artinya: Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Al Kitab sebelum Al Quran, mereka beriman (pula) dengan Al Quran itu.

« Al-Qashash 51Al-Qashash 53 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Qashash Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran penting dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penafsiran dari berbagai ulama tafsir mengenai isi surat Al-Qashash ayat 52, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan orang-orang yang telah Kami berikan kepada mereka al-Kitab sebelum al-Qur’an (yaitu orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak mengubah ajaran mereka) mereka itu beriman kepada al-Qur’an dan kepada Muhammad


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

52. Dan jika ada yang bertanya: “Apakah ada orang yang beriman kepada al-Qur’an sebelum ia diturunkan kepadamu?” Maka jawablah: “Segolongan orang yahudi dan Nasrani yang beriman kepada kitab yang diturunkan kepada mereka sebelum kitab-kitab itu diubah telah beriman kepada al-Qur’an dan kepada rasul yang mendapat wahyu al-Qur’an.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Orang-orang yang teguh beriman kepada Taurat sebelum diturunkannya Al-Qur`ān, mereka beriman kepada Al-Qur`ān berdasarkan kabar dan kriteria yang mereka dapati di dalam kitab-kitab mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. الَّذِينَ ءَاتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ مِن قَبْلِهِۦ (Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Al Kitab sebelum Al Quran)
Yakni sebelum al-Qur’an.

هُم بِهِۦ يُؤْمِنُونَ(mereka beriman (pula) dengan Al Quran itu )
Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang telah diberikan kitab dan mempercayainya dengan sebenar-benarnya maka mereka akan beriman pula kepada al-Qur’an, mereka adalah sebagian ahli kitab seperti Abdullah bin Salam dan orang-orang lainnya yang beriman dari mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Orang-orang yang Kami beri kitab Tuhan sebelum Al-Qur’an itu membenarkan Al-Qur’an dan nabi Muhammad SAW karena isinya sesuai dengan apa yang terkandung dalam kitab mereka. Di antara mereka itu adalah Abdullah bin Salam dan orang yang masuk Islam melalui dua kitab. Ayat ini diturunkan untuk para ahli kitab yang selalu berada dalam kebenaran sampai Allah mengutus Muhammad SAW kemudian mereka mengimaninya. Di antara mereka adalah Salman Al-Farisi dan Abdullah bin Salam


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Orang-orang yang telah Kami beri kitab sebelumnya} sebelum Al-Qur’an {mereka beriman kepadanya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52. Allah menjelaskan keagungan al-Quran, kejernihan dan kebenarannya, dan bahwa sesungguhnya para ahli ilmu sebenarnya mengetahuinya dan beriman kepadanya, mereka mengakui bahwa al-quran itu haq (benar) seraya berfirman, “Orang-orang yang telah kami datangkan kepada mereka al-Kitab sebelum al-Quran.” Mereka adalah orang-orang ahli Taurat dan Injil yang tidak merubah dan tidak mengganti (Taurat dan Injil), “mereka kepadanya,” maksudnya, kepada al-quran dan nabi yang datang membawanya, “beriman.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 52-55
Allah SWT memberitahukan tentang para ulama dan para wali dari kalangan Ahli Kitab, bahwa mereka beriman kepada Al-Qur’an, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Orang-orang yang telah Kami berikan Al-Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya) (Surah Al-Baqarah: 121) dan (Dan sesungguhnya di antara Ahli Kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka, sedangkan mereka berendah hati kepada Allah) (Surah Ali Imran: 199)
Yaitu, sebelum Al-Qur'an ini kami adalah orang-orang muslim, yakni orang-orang yang mengesakan Allah, ikhlas kepadaNya, dan memenuhi seruanNya, Allah SWT berfirman: (Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka) yaitu mereka yang disifati dengan sifat ini adalah orang-orang yang beriman kepada kitab terdahulu dan kitab yang selanjutnya. Oleh karena itu Allah berfirman: (disebabkan kesabaran mereka) yaitu dalam mengikuti kebenaran, sekalipun mengakui hal seperti itu merupakan sesuatu yang berat pada diri seseorang.
Firman Allah SWT: (dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan) Mereka tidak membalas kejahatan dengan hal yang serupa, tetapi memaafkan dan melupakannya (dan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka, mereka nafkahkan) yaitu sebagian dari rezeki halal yang mereka dapatkan mereka belanjakan kepada makhluk Allah, yaitu nafkah yang wajib, untuk keluarga mereka dan kerabat mereka, membayar zakat yang wajib dan yang dianjurkan berupa sedekah tathawwu’ dan sedekah nafilah dan kepada kerabat.
Firman Allah SWT: (Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling darinya) yaitu mereka tidak bergaul dan berteman dengan orang yang melakukannya, bahkan sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerja­kan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya) (Surah Al-Furqan: 72)
(dan mereka berkata, "Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil”) yaitu apabila mereka dibodoh-bodohi dan dikata-katai dengan ucapan yang tidak layak bagi mereka, maka jawaban mereka adalah berpaling darinya, dan mereka tidak membalasnya dengan perlakuan yang serupa dari kata-kata yang buruk, dan tidak ada yang dikeluarkan oleh lisan mereka kecuali kata-kata yang baik. Oleh karena itu Allah SWT berfirman tentang mereka, bahwa sesungguhnya mereka berkata: (Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil) yaitu, kami tidak ingin menempuh jalannya orang-orang yang bodoh dan kami tidak menyukainya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 52: Allah menjelaskan bahwa (kepada) mereka yang telah datang satu kitab, yaitu Taurat dan Injil yang mereka adalah yahudi dan nashrani sebelum turunnya Al Qur’an kepada Muhammad ﷺ dan isinya belum diganti dan diselewengkan, maka mereka adalah termasuk orang-orang yang takut akan kedudukan Allah; Mereka akan beriman terhadap Al Qur’an dan Muhammad ﷺ tergantung dari apa yang telah sampai kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini turun berkenaan dengan segolongan orang yang masuk Islam dari kalangan Yahudi (seperti Abdullah bin Salam dan kawan-kawannya) dan Nasrani (yang datang dari Habasyah dan Syam). Ayat ini menerangkan keagungan Al Qur’an dan kebenarannya, di mana orang-orang yang berilmu mengetahuinya dan mengimaninya serta mengakui kebenarannya.

Yaitu kitab Taurat dan Injil yang masih murni.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 52

Siapa pun yang membuka mata hati dan pikirannya menyangkut Al-Qur'an tentu dia akan beriman. Buktinya adalah orang-orang yang telah kami berikan kepada mereka al-kitab, yakni taurat dan injil, sebelum datang Al-Qur'an, kemudian beriman kepada kitab tersebut dan membenarkan apa yang ada di dalamnya tentang Muhammad dan kitab sucinya, maka sesungguhnya mereka telah beriman pula kepadanya, yakni Muhammad dan Al-Qur'an. 53. Karena itu mereka menerimanya dengan tulus, dan apabila Al-Qur'an dibacakan kepada mereka, dengan bergegas tanpa banyak berpikir mereka berkata, 'kami telah beriman kepadanya, karena sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah suatu kebenaran yang sempurna dari tuhan pemelihara kami. Dan kami telah mengetahui Muhammad dan kitab sucinya sebelum kitab itu diturunkan. Sungguh, sebelumnya kami adalah orang muslim yang tunduk patuh dan berserah diri kepada Allah. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penafsiran dari kalangan pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Qashash ayat 52 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Sering Dikunjungi

Nikmati berbagai materi yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 21, Ali ‘Imran 133, Al-Baqarah 2, Al-Baqarah 186, Az-Zariyat 56, Al-Isra 1. Termasuk Al-Baqarah 30, Ar-Ra’d, Al-Jumu’ah 9, Al-Isra 23-24, Al-Infithar, Ali ‘Imran 134.

  1. Al-Ahzab 21
  2. Ali ‘Imran 133
  3. Al-Baqarah 2
  4. Al-Baqarah 186
  5. Az-Zariyat 56
  6. Al-Isra 1
  7. Al-Baqarah 30
  8. Ar-Ra’d
  9. Al-Jumu’ah 9
  10. Al-Isra 23-24
  11. Al-Infithar
  12. Ali ‘Imran 134

Pencarian: surat yasin arab saja lengkap 83 ayat, nikmat mana yang kamu dustakan, penduduk iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi adalah, surat muthaffifin latin, surat al alaq 1-5 arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: