Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 65

Surat Al-Qashash Ayat 65

وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ مَاذَآ أَجَبْتُمُ ٱلْمُرْسَلِينَ

Arab-Latin: Wa yauma yunādīhim fa yaqụlu māżā ajabtumul-mursalīn

Artinya: Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: "Apakah jawabanmu kepada para rasul?"

« Al-Qashash 64Al-Qashash 66 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qashash Ayat 65 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 65 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasi kumpulan penjabaran dari berbagai ulama berkaitan makna surat Al-Qashash ayat 65, di antaranya seperti termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan pada hari Allah menyeru orang-orang musyrik tersebut, lalu berfirman, “Dengan jawaban apa kalian menjawab rasul-rasul terkait risalah yang Kami utus mereka kepada kalian dengan membawanya?”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

65. Dan pada hari ketika Rabb mereka menyeru mereka, “Apa jawaban kalian kepada para Rasul-Ku yang telah Aku utus kepada kalian?”


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

65. Dan datanglah seruan kedua bagi seluruh orang musyrik pada hari kiamat sebagai olokan bagi mereka. Allah menyeru mereka dengan kehadiran para saksi: “Apa yang kalian katakan kepada para rasul yang diutus kepada kalian, ketika mereka mengajak kalian untuk mengesakan Allah dan meninggalkan para sekutu?”


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

65. وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ مَاذَآ أَجَبْتُمُ الْمُرْسَلِينَ (Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata: “Apakah jawabanmu kepada para rasul?”)
Yakni bagaimana kalian menjawab para Nabi yang diutus kepada kalian ketika mereka menyampaikan risalah-Ku?


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

65. Dan hari dimana Allah memanggil orang-orang kafir dengan panggilan ejekan, lalu berfirman kepada mereka: “Apa jawaban kalian terhadap para nabi yang diutus?”


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(Ingatlah) hari ketika Dia menyeru mereka lalu berfirman,“Apa jawaban kalian terhadap para rasul”


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

65-66. “Dan hari di waktu Allah menyeru mereka, seraya berkata, ‘Apakah jawabanmu kepada para rasul?’” apakah kalian membenarkan mereka dan apakah kalian mengikuti mereka? Ataukah kalian mendustakan dan menyalahi mereka? “Maka gelaplah bagi mereka segala macam alasan pada hari itu, karena itu mereka tidak saling Tanya-menanya.” Maksudnya, mereka tidak bingung akan jawaban dari pertanyaan ini, tetapi mereka tidak mendapatkan petunjuk kepada jawaban yang benar. Sudah dimaklumi bahwa pada keadaan itu tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali ketegasan dalam memberikan jawaban yang benar yang sesuai dengan keadaan mereka, yaitu jawaban : “Kami memenuhi seruan mereka dengan iman dan patuh.” Akan tetapi karena mereka mengetahui bahwa mereka telah mendustakan para rasul dan telah menentang perintah mereka, maka mereka sama sekali tidak berbicara apa-apa, dan mereka juga tidak mungkin saling memberitahu tentang apa yang harus mereka jadikan jawaban, walaupun berupa kedustaan.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 65: Pada hari itu, Allah menyeru mereka (orang-orang musyrik) dengan berkata bertanya kepada mereka : Dengan akan kalian memenuhi seruan para utusan-utusan Kami ? Apakah kalian mengikuti (seruan) mereka atau membenarkan mereka ? Atau kalian kufur kepada utusan-utusan kami dan mendustakan mereka ?!


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni, apakah kamu membenarkan mereka dan mengikutinya atau mendustakan mereka dan menyelisihinya?


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 65

Setelah dikecam karena perbuatan syirik, mereka ditanyai tentang sikap mereka terhadap para rasul Allah. Dan ingatlah, dan ingatkan pula umatmu wahai nabi Muhammad pada hari ketika dia menyeru mereka, dan berfirman, 'apakah jawabanmu terhadap para rasul ketika mereka mengajak kamu beriman dan beramal saleh''66. Maka gelap dan tidak tampak lah bagi mereka berita-berita penting dan segala macam alasan untuk menjawab pertanyaan pada hari itu, sehingga mereka bungkam tidak dapat menjawab dan karena itu pula mereka tidak saling bertanya, sebab semua telah yakin bahwa tidak ada jawaban yang dapat menyelamatkan mereka.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah berbagai penjelasan dari kalangan mufassirin mengenai isi dan arti surat Al-Qashash ayat 65 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. An-Nahl 114
  2. An-Nur 2
  3. al-Waqi’ah
  4. Ali ‘Imran 159
  5. al-A’la
  6. Al-Isra 23
  7. al-Ma’un
  8. Yunus 40-41
  9. an-Naba
  10. Al-Ma’idah 32
  11. Al-Jumu’ah 9
  12. Al-Isra 1
  13. An-Nisa 36
  14. Luqman 13
  15. At-Taubah 122
  16. al-Fatihah
  17. al-Mulk
  18. al-Kautsar
  19. ar-Rahman
  20. al-Balad
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: