Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 69

Surat Al-Qashash Ayat 69

وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ وَمَا يُعْلِنُونَ

Arab-Latin: Wa rabbuka ya'lamu mā tukinnu ṣudụruhum wa mā yu'linụn

Artinya: Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan.

« Al-Qashash 68Al-Qashash 70 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qashash Ayat 69 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 69 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan berbagai penafsiran dari para mufassirin mengenai kandungan surat Al-Qashash ayat 69, misalnya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Tuhanmu mengetahui apa-apa yang disembunyikan oleh hati makhluk-makhlukNya dan apa-apa yang mereka tampakkan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

69. Dan Rabbmu mengetahui apa yang disembunyikan oleh hati dan apa yang diungkapkannya, tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dari-Nya dan Dia akan memberi balasan atas hal itu.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

69. Hai Muhammad, Tuhanmu Maha Mengetahui perkataan dan perbuatan yang disembunyikan dan ditampakkan oleh para hamba-Nya. Adakah para sesembahan kalian itu menyamai derajat-Nya?


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

69. وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ (Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka)
Yakni kesyirikan yang mereka sembunyikan dalam dada mereka.

وَمَا يُعْلِنُونَ(dan apa yang mereka nyatakan)
Yakni kesyirikan yang mereka tampakkan.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

69. Wahai Nabi, Hanya Tuhanmulah yang mengetahui apa yang disembunyikan di dalam dada-dada makhlukNya dan apa yang mereka tampakkan dengan lisan mereka berupa mengumpat nabi dan lain-lain.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan} disembunyikan {dada mereka dan apa yang mereka nyatakan


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

68-70. Ayat-ayat ini mengandung penjelasan tentang cakupan penciptaan Allah terhadap seluruh makhluk, kehendakNya berlaku bagi semua ciptaan, kewenanganNya memilih dan mengistimewakan siapa saja dari manusia dengan perintah, waktu, dan tempat. Sedangkan manusia, siapa pun dia, sama sekali tidak memiliki perintah dan kewenangan memilih; dan bahwa Allah suci dari semua yang mereka persekutukan kepadaNya, berupa sekutu, tandingan, pembantu, anak, istri dan lainnya dari apa saja yang dipersekutukan kepadaNya oleh kaum Musyrikin; dan bahwa sesungguhnya Dia yang mengetahui sesuatu yang disembunyikan oleh hati manusia dan apa saja yang mereka tampakkan; dan bahwa Dia semata sembahan yang terpuji di duia dan akhirat karena sifat-sifat keagungan dan keindahan yang dimilikiNya, dan karena Dia-lah yang telah menganugerahkan kebaikan dan karunia kepada manusia; dan bahwa Dia-lah hakim di dunia dan di akhirat: di dunia dengan ketentuan qadari (takdir) yang jejaknya adalah seluruh apa yang telah Dia cipatakan; dan hukum agama yang jejaknya adalah seluruh syariat, perintah dan laranganNya. Dan di akhirat Dia-lah yang memberikan keputusan dengan ketentuanNya yang bersifat qadari dan jaza’I (pembalasan). Maka dari itu, Dia berfirman, “Hanya kepadaNya-lah kamu dikembalikan.” Maka, kelak Dia akan memberikan pembalasan masing-masing kalian sesuai dengan perbuatannya, berupa amal yang baik dan yang buruk.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 69: Allah mengabarkan bahwasanya Dialah yang maha mengetahui sesuatu yang tersembunyi di hati-hati mereka dan atas apa yang mereka tampakan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 69

Dan, di samping itu, tuhan pemeliharamu wahai rasul, mengetahui apa yang disembunyikan dalam dada mereka berupa permusuhan terhadapmu, dan apa yang mereka nyatakan secara lisan, berupa celaan-celaan kepadamu dan protes terhadap pemilihan dirimu sebagai penyampai pesan-pesan suci. 70. Dan tuhanmu yang mengetahui apa yang disembunyikan dalam dada mereka dan apa yang mereka nyatakan itu dialah Allah yang mahabenar. Tidak ada tuhan yang mahakuasa dan berhak disembah selain dia. Segala puji hanya bagi-Nya di dunia atas segala nikmat dan petunjuk-Nya, dan pujian di akhirat hanya bagi-Nya atas keadilan dan pahala dari-Nya, dan hanya bagi-Nya pula segala penentuan keputusan menyangkut segala sesuatu, dan setelah mati hanya kepada-Nya kamu dikembalikan untuk dimintakan pertanggung-jawaban dan mendapat balasan.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Itulah kumpulan penjabaran dari berbagai pakar tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Qashash ayat 69 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi ummat. Sokong dakwah kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Insyirah
  2. al-Kautsar
  3. al-‘Ashr
  4. al-A’la
  5. Al-Hujurat 13
  6. al-Fatihah
  7. Ali ‘Imran 159
  8. Al-Mujadalah 11
  9. Al-Isra 1
  10. Al-Jumu’ah 9
  11. Yunus 40-41
  12. An-Nur 2
  13. Yasin
  14. al-Balad
  15. al-Waqi’ah
  16. ‘Abasa
  17. Inna Lillahi
  18. al-Fil
  19. Ar-Ra’d 11
  20. al-Mulk
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: