Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 87

Surat Al-Qashash Ayat 87

وَلَا يَصُدُّنَّكَ عَنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ بَعْدَ إِذْ أُنزِلَتْ إِلَيْكَ ۖ وَٱدْعُ إِلَىٰ رَبِّكَ ۖ وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

Arab-Latin: Wa lā yaṣuddunnaka 'an āyātillāhi ba'da iż unzilat ilaika wad'u ilā rabbika wa lā takụnanna minal-musyrikīn

Artinya: Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu, dan janganlah sekali-sekali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

« Al-Qashash 86Al-Qashash 88 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Qashash Ayat 87 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 87 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan aneka ragam penjabaran dari para ulama tafsir terhadap makna surat Al-Qashash ayat 87, misalnya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan janganlah kaum musyrikin menjadi penghambat bagimu untuk menyebarkan ayat-ayat Tuhanmu dan hujjah-hujjahNya, setelah Kami menurunkannya kepadamu. Dan sampaikanlah risalah dari Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah dalam aspek apa pun.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

87. Dan jangan sampai orang-orang musyrik itu menghalangimu dari ayat-ayat Allah setelah diturunkannya kepadamu sehingga engkau tidak membacanya dan menyampaikannya, dan serulah manusia menuju keimanan kepada Allah dan tauhid-Nya serta menjalankan syariat-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu menjadi bagian dari orang-orang musyrik yang menyembah selain Allah disamping menyembah-Nya, akan tetapi jadilah bagian dari orang-orang bertauhid yang tidak menyembah selain Allah semata.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

87. Hai Rasulullah, Janganlah gangguan dan tipu daya orang-orang kafir menghentikanmu dari menyampaikan risalah, membaca ayat-ayat al-Qur’an, dan mengamalkannya setalah Allah menurunkannya kepadamu.

Dan serulah manusia menuju Allah dan keesaan-Nya, menjalankan kewajiban-kewajiban-Nya, dan menjauhi larangan-larangan-Nya. dan janganlah sekali-kali mendekati kesyirikan.

Jika Rasulullah diperintahkan dengan perkara-perkara ini, maka orang-orang beriman lebih utama untuk menjalankan perintah ini.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. وَلَا يَصُدُّنَّكَ عَنْ ءَايٰتِ اللهِ بَعْدَ إِذْ أُنزِلَتْ إِلَيْكَ ۖ (Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu)
Yakni Hai Muhammad, janganlah sekali-kali orang-orang kafir dan perkataan, kedustaan, dan gangguan mereka itu menghalangimu untuk membacakan ayat-ayat Allah dan mengamalkannya setelah itu diwajibkan atasmu.

وَادْعُ إِلَىٰ رَبِّكَ ۖ (dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu)
Yakni ajaklah manusia menuju Allah dan untuk mengesakan-Nya serta mengamalkan kewajiban-kewajiban terhadap-Nya dan menjauhi kemaksiatan kepada-Nya. dan janganlah sekali-sekali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan-Nya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Dan sungguh mereka tidak dapat menghalangimu untuk membaca, mengamalkan dan menyampaikan ayat-ayat Allah dengan cemoohan mereka sesudah Allah menurunkan ayat-ayat itu kepadamu dan mewajibkanmu (mengamalkannya). Serulah manusia untuk mengesakan Tuhanmu, menyembahNya dan mengamalkan syariatNya. Dan jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah dengan membantu mereka. Sesungguhnya jika kamu menghormati mereka dalam suatu hal, maka kamu termasuk golongan mereka. Dalam hal itu ada saran kepada selainnya. Hal serupa juga ada di ayat selanjutnya


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Janganlah sekali-kali menghalangimu} menghalangimu {untuk (menyampaikan) ayat-ayat Allah setelah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu. Serulah (manusia) menuju Tuhanmu dan janganlah sekali-kali termasuk dalam golongan orang-orang musyrik


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

87. “Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu,” akan tetapi sampaikanlah dan laksanakanlah, dan janganlah kamu mempedulikan makar mereka dan jangan sekali-kali hal itu menipumu darimu, dan jangan kamu ikuti kemauan mereka, “dan seluruh mereka kepada Rabbmu,” maksudnya, jadikanlah dakwah kepada Tuhanmu sebagai puncak tujuanmu dan sebagai visi amalmu. Segala sesuatu yang menyelisihi itu, seperti riya’, sum’ah atau menyetujui kehendak ahli batil, maka tolaklah. Karena sesungguhnya hal itu bisa menyebabkan ikut serta bersama mereka dan membantu mereka atas kehendak yang mereka suka. Maka dari itu, Allah berfirman, “Dan janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Rabb,” baik dalam kesyirikan mereka ataupun dalam sendi-sendi dan cabang-cabangnya, yang merupakan pengumpul semua kemaksiatan.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 87: Orang-orang kafir tidak akan mengusirmu wahai Nabi Allah (yaitu ketika engkau membacakan) ayat-ayat Allah setelah Allah turunkan kepadamu, dan engkau akan tersibukkan membacanya dan menyampaikannya serta beramal dengannya, serulah wahai Nabi Allah manusia kepada jalan tauhid dan iman, dan meninggalkan kesyrikn dan kekufuran, dan janganlah engkau termasuk orang-orang yang musyrik.
Ini adalah ayat sebagai perintah Allah kepada Nabi ﷺ, begitu juga perintah kepada ulama dan dai setelah Nabi ﷺ, sebab ungkapan itu ditinjau dari keumuman lafadz.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bahkan sampaikanlah dan jangan pedulikan makar mereka serta jangan mengikuti hawa nafsu mereka.

Agar mentauhidkan-Nya dan beribadah kepada-Nya. Bisa juga maksudnya, jadikanlah dakwahmu kepada Allah karena-Nya menjadi pusat perhatianmu, semua yang menyalahinya maka tolaklah, seperti karena riya, sum’ah, dan mengikuti hawa nafsu orang-orang yang berada di atas kebatilan, karena yang demikian menjadikan engkau bersama mereka dan membantu perkara mereka.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 87

Dan jangan sampai mereka menghalang-halangi engkau wahai nabi Muhammad untuk menyampaikan ayat-ayat Allah, setelah ayat-ayat itu diturunkan oleh Allah kepadamu, dan serulah manusia dengan sekuat kemampuanmu melalui dakwah yang santun dan bijak kepada agama Allah agar mereka beriman kepada tuhanmu, jangan bosan berdakwah kendati mereka enggan mendengar atau menghalang-halangi, dan sekali-kali dalam keadaan apa pun janganlah engkau diam tidak menegur kedurhakaan yang mengandung kemusyrikan, apalagi merestuinya, karena jika demikian engkau termasuk orang-orang musyrik yang mempersekutukan tuhan. 88. Dan jangan pula engkau sembah tuhan yang lain selain Allah. Tidak ada tuhan pengendali dan penguasa seluruh alam yang berhak disembah selain dia yang maha esa lagi mahakekal itu. Segala sesuatu pasti binasa dan fana, kecuali Allah. Segala keputusan di dunia dan akhirat menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dan seluruh makhluk dikembalikan.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikian aneka ragam penafsiran dari kalangan ahli tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Qashash ayat 87 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Waqi’ah
  2. al-Kahfi
  3. al-Ma’un
  4. Al-Baqarah 153
  5. Yunus 40-41
  6. Al-Jumu’ah 9
  7. ‘Abasa
  8. al-Kautsar
  9. al-Fil
  10. Al-Isra 23
  11. Al-Hujurat 12
  12. Ar-Ra’d 11
  13. al-Balad
  14. Al-Ma’idah 3
  15. al-Mulk
  16. al-Baqarah
  17. al-A’la
  18. Luqman 14
  19. An-Nur 2
  20. an-Naba
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: