Surat Ar-Rum Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَتَفَرَّقُونَ

Arab-Latin: Wa yauma taqụmus-sā'atu yauma`iżiy yatafarraqụn

Artinya: Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan.

« Ar-Rum 13Ar-Rum 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat Ar-Rum Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Terdapat kumpulan penjabaran dari beragam pakar tafsir terhadap kandungan surat Ar-Rum ayat 14, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14-15. Di Hari Kiamat, para pengikut iman dan penganut kekafiran akan berpisah. Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya dan beramal Shalih, mereka di surga, mereka dimuliakan, berbahagia dan mengenyam kenikmatan


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14-15. Pada hari kiamat orang-orang beriman akan terpisah dari orang-orang kafir. Orang-orang beriman yang mengerjakan amal shalih akan mendapatkan surga, di dalamnya mereka akan dimuliakan dan merasakan kebahagiaan selamanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Dan ketika hari Kiamat, pada saat itu manusia terbagi berdasarkan amalannya di dunia untuk mendapatkan balasannya, dari mulai yang terangkat sampai ke tempat yang tertinggi hingga yang terjerumus hingga tempat yang paling rendah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَتَفَرَّقُونَ (Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan)
Yakni menjadi dua golongan; golongan orang-orang beriman yang menuju surga dan golongan orang-orang kafir yang menuju neraka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Pada hari terjadinya kiamat dan sempurnanya penghisaban, maka orang-orang mukmin dan kafir akan terpisah. Maka golongan pertama akan menuju surga dan yang lainnya akan menuju neraka.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari (ketika) terjadi kiamat, pada hari itu, manusia terpecah-belah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-16. pada hari itu, terpisahlah para pelaku kebajikan dari para pelaku keburukan, sebagaimana telah terpisah amal perbuatan mereka di dunia.
“adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan aml shalih,” maksudnya, mereka beriman dengan sepenuh hati mereka dan membenarkannya dengan amal-amal shalih “maka mereka di dalam taman,” yang penuh dengan berbagai aneka tumbuh-tumbuhan dan berbagai hal yang digandrungi jiwa “bergembira,” maksudnya, merasa senang dan menikmati berbagai makan lezat, berbagai minuman, bidadari-bidadari cantik jelita, para pelayan, anak-anak, suara merdu, pendengaran yang mengasyikan, pemandangan-pemandangan yang sangat memukau, aroma-aroma wangi yang sedap, kegembiraan, kesenangan, kelezatan dan kesukaan, dari hal-hal yang tidak mungkin dapat diungkapkan oleh seseorang.
“adapun orang-orang yang kafir,” yang mengingkari nikmatNya, dan membalasnya dengan keingkaran, “dan mendustakan ayat-ayat Kami,”yang dibawa oleh para utusan Kami, “maka mereka tetap dihadirkan di dalam siksaan,” berada di dalamnya. Mereka telah dikepung oleh jahanam dari segala penjuru, dan azab yang sangat pedih pun menusuk kedalam jantung mereka, dan bara api panas menghanguskan wajah mereka dan memotong-motong lambung dan usus mereka. Mana persamaan antara orang-orang yang mendapat kenikmatan dan orang-orang yang disiksa?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-16
Allah SWT berfirman: (Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali) yaitu sebagaimana Dia Maha Kuasa menciptakannya pada permulaannya, maka Dia juga Maha Kuasa mengembalikannya seperti semula (kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan) yaitu, pada hari kiamat, maka Dia membalas setiap orang sesuai dengan amal perbuatannya. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan pada hari terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa terdiam berputus asa) (12))
Mujahid berkata yaitu orang-orang yang berdosa itu bersedih (Dan sekali-kali tidak ada pemberi syafaat bagi mereka dari berhala-berhala mereka) yaitu tidak ada suatupun dari tuhan-tuhan mereka yang dahulu mereka sembah selain Allah SWT itu memberi pertolongan kepada mereka, bahkan berhala-berhala itu mengingkari mereka dan berkhianat terhadap mereka di saat mereka membutuhkan apa yang mereka harapkan kepada para berhala itu.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan (14)) Qatadah berkata yaitu,”Demi Allah, itu adalah perpisahan yang tidak ada pertemuan lagi setelahnya" yaitu apabila golongan yang ini diangkat ke kedudukan yang tinggi dan golongan yang itu direndahkan di kedudukan yang rendah, maka itulah akhir pertemuan di antara keduanya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira (15))
Mujahid dan Qatadah berkata bahwa maknanya adalah bersenang-senang.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 14: Ketahuilah juga bahwasanya manusia pada hari kiamat akan terbagi menjadi beberapa kelompok (mukmin dan kafir).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ada orang mukmin dan ada orang kafir.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 14

Dan pada hari ketika terjadi kiamat, pada hari itu manusia terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok. Orang yang beriman akan dimasukkan ke surga dan orang kafir serta pendurhaka akan dimasukkan ke neraka. 15. Masing-masing individu akan memperoleh balasan yang tingkatan dan bentuknya berbeda-beda. Maka adapun orang-orang yang beriman dan dibarengi dengan mengerjakan kebajikan, yaitu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya semata mengharap rida Allah, maka balasan mereka adalah kekal di dalam taman surga dengan bergembira.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjabaran dari beragam ahli ilmu mengenai makna dan arti surat Ar-Rum ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Support dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikaji

Tersedia banyak topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Alaq 1-5, Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, Al-Baqarah 148, At-Takwir, Ath-Thalaq 2-3. Ada juga Al-Insyiqaq, At-Tahrim 8, Al-Isra 26-27, Al-Mu’minun, At-Taubah 122, At-Taubah 105.

  1. Al-Alaq 1-5
  2. Al-Insyirah 8
  3. Al-Hujurat 10-12
  4. Al-Baqarah 148
  5. At-Takwir
  6. Ath-Thalaq 2-3
  7. Al-Insyiqaq
  8. At-Tahrim 8
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Mu’minun
  11. At-Taubah 122
  12. At-Taubah 105

Pencarian: isi kandungan surat al hujurat ayat 10 12, terjemahan surat al ma un, dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain, qs al kafirun dan artinya, surat al kautsar ayat 1

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: