Surat Ar-Rum Ayat 44

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

مَن كَفَرَ فَعَلَيْهِ كُفْرُهُۥ ۖ وَمَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا فَلِأَنفُسِهِمْ يَمْهَدُونَ

Arab-Latin: Mang kafara fa 'alaihi kufruh, wa man 'amila ṣāliḥan fa li`anfusihim yam-hadụn

Artinya: Barangsiapa yang kafir maka dia sendirilah yang menanggung (akibat) kekafirannya itu; dan barangsiapa yang beramal saleh maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang menyenangkan),

« Ar-Rum 43Ar-Rum 45 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Ar-Rum Ayat 44

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 44 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan mendalam dari ayat ini. Ada sekumpulan penjabaran dari banyak mufassirin berkaitan isi surat Ar-Rum ayat 44, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

barangsiapa kafir, maka dia memikul hukuman atas kekafirannya, yaitu dia dikekalkan di dalam api neraka. Tetapi barangsiapa beriman dan beramal shalih, maka itu adalah untuk diri mereka sendiri, Allah menyiapkan tempat-tempat tinggal di surga untuk mereka, disebabkan keteguhan mereka dalam menjalankan ketaatan kepada tuhan mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

44-45. Barangsiapa yang mendustakan Allah dan para rasul-Nya maka dia sendiri yang akan menanggung dosa kekafirannya. Dan barangsiapa yang melakukan kebaikan dan mentaati Allah, maka pahala perbuatan itu bagi dirinya sendiri, karena dialah yang menyiapkan kedudukannya sendiri di surga.

Hal ini agar Allah membalas orang-orang beriman yang mengerjakan amal shalih dengan pahala yang besar dari karunia-Nya. Allah tidak menyukai orang-orang yang mengingkari kenikmatan-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

44. Barangsiapa kafir kepada Allah, maka bahaya kekafirannya -yaitu kekal di Neraka- kembali kepada dirinya sendiri, dan barangsiapa mengerjakan amal saleh demi mengharapkan wajah Allah, maka manfaatnya kembali kepada diri mereka sendiri, mereka mempersiapkan diri untuk masuk ke Surga dan mendapat kenikmatan yang ada di dalamnya, kekal di dalamnya selama-lamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. مَن كَفَرَ فَعَلَيْهِ كُفْرُهُۥ ۖ (Barangsiapa yang kafir maka dia sendirilah yang menanggung (akibat) kekafirannya itu)
Yakni balasan atas kekafirannya berupa neraka.

وَمَنْ عَمِلَ صٰلِحًا فَلِأَنفُسِهِمْ يَمْهَدُونَ(dan barangsiapa yang beramal saleh maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan)
Yakni mereka menyiapkan bagi diri mereka sendiri tempat tinggal di surga dengan amalan keshalihan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

44. Barangsiapa mengingkari Allah, maka baginya itu malapetaka atas kekufurannya, yaitu neraka yang abadi. Dan barangsiapa beriman dan beramal shalih untuk menaati apa yang diperintahkan Allah, maka bagi diri mereka itu dihamparkan atau disiapkan tempat tinggal di surga


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Terpecah belah, satu kelompok di surge dan satu kelompok di neraka {Siapa saja yang ingkar, maka kekufuran itu atas dirinya. Siapa saja yang beramal shalih, maka mereka menyiapkan untuk diri mereka sendiri} menyiapkan tempat mereka di surga


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

44-45. maka “barangsiapa yang kafir,” di antara mereka “maka dia sendirilah yang menanggung akibat kekafirannya,” dialah yang akan disiksa disebabkan dirinya sendiri, setiap diri yang berdosa tidak menanggung dosa orang lain. “dan barangsiapa yang beramal shalih,” berupa (menunaikan) hak-hak Allah dan hak-hak manusia yang wajib dan yang dianjurkan, “maka untuk diri mereka sendiri,” bukan untuk orang lain “mereka menyiapkan,” maksudnya, mereka mempersiapkan, dan untuk diri mereka sendiri, mereka memakmurkan akhiratnya, mereka bersiap-siap untuk meraih tempat-tempat tinggal dan bilik-biliknya. Walau demikian, balasan untuk mereka tidak terbatas pada amal perbuatan mereka. Bahkan Allah memberi mereka balasan dari karuniaNya yang berlimpah dan kemurahanNya yang tidak terbatas yang sama sekali tidak bisa dicapai dengan amal mereka. Yang demikian itu adalah karena Allah mencintai mereka. Apabila Allah telah mencintai seorang hamba, maka Allah mencurahkan karuniaNya padanya sebanyak-banyaknya, dan melipat gandakan pemberianNya yang sangat mewah, menganugerahkan kepadanya berbagai nikmat lahir dan batin. Ini berbeda dengan orang-orang kafir. Sesungguhnya Allah, tatkala membenci dan murka terhadap mereka, maka Dia menyiksa dan menghukumnya, dan tidak menambah sebagaimana Dia menambah kepada orang-orang sebelumnya (yang beriman). Maka dari itu Dia berfirman, ”sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar,”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 43-45
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk bersegera beristiqamah untuk taat kepadaNya dan bersegera kepada kebaikan-kebaikan (Oleh karena itu, hadapkanlah wajahmu kepada agama yang lurus (Islam) sebelum datang dari Allah suatu hari yang tak dapat ditolak (kedatangannya)) yaitu hari kiamat, apabila Dia menghendaki kejadiannya, maka tidak dapat ditolak (pada hari itu mereka terpisah-pisah) yaitu terpecah-belah. satu golongan masuk surga dan golongan lain masuk neraka. Oleh karena Allah SWT berfirman: (Barang siapa yang kafir, maka dia sendirilah yang menanggung (akibat) kekafirannya itu; dan barang siapa yang beramal saleh, maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang menyenangkan) (44) agar Allah memberi pahala kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh dari karunia-Nya) yaitu Allah membalas mereka dengan balasan dari karuniaNya, yaitu suatu kebaikan dengan sepuluh kebaikan yang serupa sampai tujuh ratus kali lipat dan sampai kelipatan yang dikehendaki Allah (Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar) Dengan semua itu, Dia Maha Adil dalam memperlakukan mereka dan tidak berbuat aniaya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 44: Allah mengabarkan barangsiapa yang kufur dan menolak ayat-ayat Tuhannya, maka baginya akan menerima akibat dari perbuatannya itu, yaitu kekal di dalam neraka jahannam selamanya. Adapun bagi siapa yang mentauhidkan Allah dan beriman kepada-Nya serta mengikuti para Rasul-Nya; Mereka akan mendapatkan kebahagiaan dan kemenangan dengan ridha Allah dan kenikmatan di dalam surga-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Baik terkait dengan hak Allah maupun hak hamba, demikian pula yang wajib maupun yang sunat.

Di samping itu, mereka tidak diberi balasan hanya sebatas yang mereka kerjakan, bahkan Allah akan menambahkan lagi dari karunia-Nya dan kepemurahan-Nya yang tidak dicapai oleh amal mereka. Hal itu, karena Allah mencintai mereka, dan apabila Dia mencintai seorang hamba, maka Dia melimpahkan ihsan dan pemberian yang membanggakan, serta memberikan nikmat yang banyak, baik nikmat zahir (lahir) maupun batin. Berbeda dengan orang kafir, maka Allah membenci dan murka kepada mereka, Dia akan menghukum dan mengazab mereka. Oleh karena itu pada lanjutan ayatnya, Allah berfirman, “Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar (kafir).”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 44

Di akhirat nanti setiap manusia akan memperoleh balasan perbuatannya dengan adil. Barang siapa kafir maka dia sendirilah yang menanggung akibat kekafirannya itu, dan barang siapa mengerjakan kebajikan dengan penuh keimanan maka pada dasarnya mereka telah menyiapkan untuk diri mereka sendiri tempat yang menyenangkan di surga sebagai tempat kebahagiaan abadi. 45. Allah memasukkan mereka ke surga agar Allah memberi balasan pahala kepada orang-orang yang beriman dan diwujudkan dengan mengerjakan kebajikan dari sebab karunia-Nya, bukan semata-mata keimanan dan amal salehnya. Sungguh, kenikmatan surga bagi orang mukmin sebagai wujud rahmat-Nya dan azab neraka bagi orang-orang kafir sebagai benuk keadilan-Nya, karena sesungguhnya dia tidak menyukai orang-orang yang kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari kalangan ahli tafsir terkait makna dan arti surat Ar-Rum ayat 44 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Tersedia berbagai halaman yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Alaq 1-5, At-Tahrim 8, At-Taubah 122, Al-Mu’minun, At-Taubah 105, Al-Baqarah 148. Ada juga Al-Isra 26-27, Ath-Thalaq 2-3, Al-Insyirah 8, Al-Insyiqaq, At-Takwir, Al-Hujurat 10-12.

  1. Al-Alaq 1-5
  2. At-Tahrim 8
  3. At-Taubah 122
  4. Al-Mu’minun
  5. At-Taubah 105
  6. Al-Baqarah 148
  7. Al-Isra 26-27
  8. Ath-Thalaq 2-3
  9. Al-Insyirah 8
  10. Al-Insyiqaq
  11. At-Takwir
  12. Al-Hujurat 10-12

Pencarian: surat al an nas, surah al maidah ayat 2 berisi perintah tentang, arti dari al kautsar, al mu'minun ayat 115-118, pada ayat ketiga surah al maun berbunyi tidak menganjurkan memberi makan orang miskin jelaskan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: