Surat Luqman Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

Arab-Latin: Ulā`ika 'alā hudam mir rabbihim wa ulā`ika humul-mufliḥụn

Artinya: Mereka itulah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

« Luqman 4Luqman 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Surat Luqman Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Luqman Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah mendalam dari ayat ini. Didapati beragam penjelasan dari banyak ahli tafsir mengenai isi surat Luqman ayat 5, misalnya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang memiliki sifat-sifat di atas adalah orang-orang yang berjalan di atas penjelasan dan cahaya dari Tuhan mereka. Dan mereka adalah orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5. Orang-orang yang memiliki sifat-sifat mulia itu berada di atas cahaya dari Tuhan mereka yang memberi petunjuk kepada kebenaran. Mereka yang memiliki derajat yang tinggi tersebut adalah orang-orang yang meraih kehidupan yang baik di dunia, dan mendapat surga di akhirat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Orang-orang yang mempunyai kriteria seperti itu, mereka berada di dalam hidayah dari Rabb mereka, dan mereka adalah orang-orang yang menang dengan mendapatkan apa yang mereka cari dan terhindar dari apa yang mereka takutkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Orang-orang yang digambarkan sesuai yang disebut adalah orang-orang yang diberi petunjuk dan bimbingan dengan cahaya dari Tuhan mereka. Hanya merekalah orang-orang yang mendapatkan ridha Allah di dunia dan akhirat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang beruntung


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5. maka “mereka itulah” orang-orang yang berbuat ihsan, yang memadukan antara ilmu yang sempurna dan amal, “(orang-orang yang tetap) mendapat petunjuk,” yang sangat besar. Demikianlah yang dapat dipahami drai bentuk kata “nakirah”. Petunjuk tersebut mencapai dan sampai kepada mereka “dari Rabbbnya” yang terus membimbing mereka dengan berbagai nikmat dan mencegah berbagai bencana dari mereka. Inilah petunjuk yang Dia sampaikan kepada mereka dari tarbiyah (bimbingan) khususNya kepada para waliNya, dan ini merupakan bentuk tarbiyah yang paling utama.
“dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” Yaitu orang-orang yang meraih keridhaan tuhannya dan pahala duniawi dan ukhrawiNya, mereka selamat drai murka dan siksaanNYa. Dan itu semua terjadi karena mereka menempuh jalan keberuntungan, yaitu jalan yang tidak ada jalan lain selain itu untuk mencapainya.
Setelah Allah menjelaskan orang-orang yang berpedoman kepada al-qur’an dan berorientasi kepadanya, maka Dia menyebutkan orang yang berpaling darinya dan tidak menghiraukannya sama sekali, dan bahwa sesungguhnya orang itu disiksa karena sikapnya memilih setiap kebatilan perkataan. Ia mengabaikan perkataan-perkataan yang bernilai dan ucapan-ucapan yang terbaik, dan menggantikannya dengan perkataan yang paling busuk lagi buruk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Telah disebutkan dalam surah Al-Baqarah secara umum pembahasan yang berkaitan dengan permulaan surah ini, yaitu bahwa Allah SWT menjadikan Al-Qur'an ini sebagai petunjuk, obat, dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat baik. Mereka adalah orang-orang yang berbuat kebaikan dalam mengikuti syariat, mengerjakan shalat fardu dengan memelihara batasan-batasan dan waktu-waktunya, dan mengerjakan shalat sunah yang mengiringinya baik yang ratib maupun tidak. Mereka menunaikan zakat yang diwajibkan kepada mereka untuk orang-orang yang berhak menerimanya, menyambung silaturahmi dan kerabat mereka, serta beriman kepada hari pembalasan di akhirat. Oleh karena itu mereka berharap atas pahala Allah dalam mengerjakan hal itu. Mereka tidak memamerkannya, dan tidak menghendaki balasan dari manusia serta tidak bersyukur. Barangsiapa yang mengerjakan hal itu dengan demikian, maka dia termasuk orang-orang yang disebutkan Allah SWT: (Mereka itulah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya) yaitu dengan terang dan jelas dan berada pada jalan yang terang dan jelas (dan mereka itulah orang-orang yang beruntung) yaitu di dunia dan akhirat


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Luqman ayat 5: Ketahuilah bahwasanya mereka yang disifati dengan sifat-sifat yang mulia ini yang telah lalu dengan di atas hidayah yang besar dari Tuhan mereka dan mereka adalah termasuk orang-orang yang menang di dunia dan akhirat dengan memiliki derajat tinggi.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni orang-orang yang berbuat ihsan tersebut, yang menggabung antara ilmu yang sempurna (yakin) dan amal.

Yang senantiasa mengurus mereka dengan nikmat-nikmat-Nya dan menghindarkan musibah dari mereka. Dialah yang memberikan tarbiyah (pendidikan) khusus, tarbiyah untuk batin mereka dengan kitab yang diturunkan-Nya, dan ini merupakan bentuk tarbiyah yang paling utama.

Mereka memperoleh ridha Tuhan mereka, pahala-Nya di dunia dan akhirat, serta selamat dari kemurkaan dan siksa-Nya, karena mereka menempuh jalan yang mengarah kepada keberuntungan, yang di antara jalannya adalah mendirikan shalat sebagaimana biasa dikumandangkan oleh setiap muazin, Hayya ‘alal falaah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Luqman Ayat 5

4-5. Mereka yang berbuat kebajikan itu ialah orang-orang yang melaksanakan salat secara konsisten dan sempurna sesuai syarat dan rukunnya, menunaikan zakat sebagai bukti komitmen sosialnya, dan mereka tanpa keraguan sedikit pun meyakini adanya akhirat. Merekalah orang-orang yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh ke-beruntung-an hakiki, yakni selamat dari neraka dan masuk surga. 6. Beralih dari penjelasan mengenai fungsi Al-Qur'an dan kriteria orang mukmin, pada ayat ini Allah menggambarkan sikap orang yang lebih senang mendengarkan selain Al-Qur'an. Dan di antara manusia ada orang yang mempergunakan percakapan atau cerita-cerita kosong untuk menyesatkan dan memalingkan manusia dari jalan Allah tanpa ilmu, yakni pemahaman yang benar. Mereka juga menghina ayat-ayat Al-Qur'an dan menjadikannya bahan olok-olokan karena ketidaktahuan mereka tentang manfaat Al-Qur'an atau keengganan mereka mengambil manfaat darinya. Di akhirat nanti mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari kalangan ulama terhadap isi dan arti surat Luqman ayat 5 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Bantulah kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dibaca

Telaah berbagai konten yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Ath-Thalaq 2-3, Al-Baqarah 148, At-Taubah 122, Al-Insyirah 8, Al-Insyiqaq, Al-Hujurat 10-12. Ada pula At-Takwir, Al-Alaq 1-5, Al-Mu’minun, At-Tahrim 8, Al-Isra 26-27, At-Taubah 105.

  1. Ath-Thalaq 2-3
  2. Al-Baqarah 148
  3. At-Taubah 122
  4. Al-Insyirah 8
  5. Al-Insyiqaq
  6. Al-Hujurat 10-12
  7. At-Takwir
  8. Al-Alaq 1-5
  9. Al-Mu’minun
  10. At-Tahrim 8
  11. Al-Isra 26-27
  12. At-Taubah 105

Pencarian: surat alfatikhah, surat an nahl ayat 126, walaqad ataina, surat al waqiah arab latin dan terjemahannya, surat al-buruj latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: