Surat As-Sajdah Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

۞ قُلْ يَتَوَفَّىٰكُم مَّلَكُ ٱلْمَوْتِ ٱلَّذِى وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Arab-Latin: Qul yatawaffākum malakul-mautillażī wukkila bikum ṡumma ilā rabbikum turja'ụn

Artinya: Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan".

« As-Sajdah 10As-Sajdah 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Mengenai Surat As-Sajdah Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat As-Sajdah Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah berharga dari ayat ini. Ditemukan beberapa penjabaran dari para ulama tafsir terhadap makna surat As-Sajdah ayat 11, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musrik itu, “Malaikat maut yang ditugaskan pada kalian akan mewafatkan kalian. Bila ajal kalian habis, malaikat tersebut akan mencabut arwah kalian, tidak tertunda sesaat pun. Kemudian kalian dipulangkan kepada Tuhan kalian, lalu Dia akan membalas kalian atas seluruh amal perbuatan kalian, bila baik, dengan balasan baik, dan bila buruk, maka dengan balasan buruk.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

11. Maka Allah membantah mereka, Hai Rasulullah katakanlah: “Malaikat maut yang bertugas mencabut nyawa akan mematikan kalian, kemudian kalian akan kembali kepada Tuhan kalian agar Dia memberi siksaan atas kekafiran kalian.”

Syeikh as-Syinqithi berkata, secara dzahir ayat ini menjelaskan malaikat yang bertugas mencabut nyawa adalah satu malaikat tertentu, akan tetapi Allah menjelaskan dalam beberapa ayat yang lain bahwa manusia akan dicabut nyawa mereka oleh banyak malaikat, bukan oleh satu malaikat saja, seperti dijelaskan dalam firman Allah:

إِنَّ ٱلَّذِينَ تَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ ظَالِمِىٓ أَنفُسِهِمْ قَالُوا۟ فِيمَ كُنتُمْ ۖ قَالُوا۟ كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِى ٱلْأَرْضِ ۚ قَالُوٓا۟ أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةً فَتُهَاجِرُوا۟ فِيهَا ۚ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَسَآءَتْ مَصِيرًا

Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali, (an-Nisa: 97).

Dan dalam firman Allah:

فَكَيْفَ إِذَا تَوَفَّتْهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَٰرَهُمْ

Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka? (Muhammad: 27).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Katakan -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrik yang mendustakan adanya hari Kebangkitan, “Malaikat maut yang ditugaskan untuk mencabut ruh kalian, mewafatkan kalian kemudian hanya kepada Kami semata pada Hari Kiamat kalian dikembalikan untuk perhitungan amal dan pembalasannya.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. قُلْ يَتَوَفَّىٰكُم مَّلَكُ الْمَوْتِ (Katakanlah: “Malaikat maut akan mematikanmu)
Terdapat mendapat mengatakan bahwa nama malaikat itu adalah Izra’il.

الَّذِى وُكِّلَ بِكُمْ(yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu)
Yakni ditugaskan untuk mencabut nyawa kalian saat ajal kalian telah datang.

ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ(kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan)
Yakni kalian dikembalikan kepada-Nya dalam keadaan hidup, kemudian Allah akan membalas amal perbuatan kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Katakanlah wahai Nabi: Malaikat maut akan benar-benar mencabut nyawa kalian. Dia adalah malaikat Izrail yang diberi tugas untuk mencabut arwah kalian ketika ajal kalian telah tiba. Kemudian mengembalikannya kepada Sang Pencipta


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Malaikat maut yang ditugaskan untuk (mencabut nyawa) kalian} yang ditugaskan oleh Allah untuk mencabut nyawa kalian {akan mematikan kalian} mencabut nyawa kalian {kemudian kepada Tuhan kalianlah akan dikembalikan”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. “Kataknalah, ‘Malakul maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikanj kamu’.” Maksudnya, malaikat yang telah ditugaskan oleh Allah untuk mencabut ruh, dan ia mempunyai banyak malaikat pembantu, “kemudian hanya kepada Rabbmulah kamu akan dikembalikan.” Lalu Allah memberikan balasan kepada kalian sesuai dengan amal perbuatan kalian; dan kalian telah mengingkari kebangkitan, maka tunggulah apa yang dilakukan Allah terhadap kalian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-11
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang anggapan mustahil mereka tentang hari kebangkitan dimana mereka berkata (Apakah apabila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah), yaitu mencabik-cabik tubuh kami dan menjadikannya dalam beberapa potongan di tanah, lalu lenyap (Apakah apabila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah) yaitu apakah kita benar-benar akan kembali setelah seperti itu? Mereka menganggap mustahil hal itu. Ini merupakan sesuatu yang sangat mustahil jika hanya dikaitkan dengan kemampuan mereka yang lemah, bukan jika dikaitkan dengan kekuasaan Dat yang memulai penciptaan mereka dari tidak ada, Dzat yang apabila menghendaki sesuatu, Dia berfirman kepadanya,”Jadilah” maka terjadilah hal itu”. Oleh karena itu Allah SWT berfirman (Bahkan mereka mengingkari pertemuan dengan Tuhannya)
Kemudian Allah SWT berfirman (Katakanlah, "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) mu akan mematikan kamu) yang jelas dari ayat ini yaitu bahwa malaikat kematian adalah seorang malaikat khusus, sebagaimana yang baru saja disebutkan pembahasannya dari hadits dari Al-Barra’ dalam surah Ibrahim.
Firman Allah SWT (kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan), yaitu hari kebangkitan kalian semua dari kubur kalian untuk memberikan balasan kepada kalian


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Sajdah ayat 11: Katakanlah wahai Nabi Allah kepada orang-orang musyrik : Akan datang malaikat maut mengurusi (menggenggam) ruh-ruh kalian; Di mana Allah membebani urusan malaikat maut dengan urusan yang penting ini, kemudian Allah bangkitkan pada hari kiamat untuk dihisab dan dibalas atas seluruh amalan dengan apa yang pantas dari kebaikan atau keburukan.
Berkata Syaikh kami Muhammad Al Amin Asy Syinqithi : Sesungguhnya penyandaran urusan akhir kepada malaikat maut pada ayat ini, Karena malaikat maut diperintahkan untuk menggenggam ruh, dan penyandarannya pada firman Allah dalam surat Muhammad : 27.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Lalu Dia membalas amalmu. Oleh karena kamu telah mengingkari kebangkitan, maka lihatlah apa yang Allah lakukan terhadap kamu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Sajdah Ayat 11

Baik yang mengimani maupun yang mengingkari hari kebangkitan sama-sama belum bisa membuktikannya secara langsung sebelum mati. Karena itu, wahai nabi Muhammad dan kaum mukmin, katakanlah kepada orang-orang musyrik bahwa malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawa-Mu pasti akan mematikan kamu saat ajalmu tiba, kemudian kepada tuhanmu kamu akan dikembalikan. Itulah hari hisab, ketika semua manusia akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di dunia. '12. Saat hari hisab itu tiba, kamu akan melihat orang kafir tampak seperti pesakitan yang menunggu putusan. Dan alangkah ngerinya jika sekiranya engkau melihat orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan pengadilan tuhannya di hari kiamat kelak, padahal dulunya mereka begitu angkuh kepada tuhan. Di sana mereka merengek, 'ya tuhan kami, kami sekarang benar-benar taat dan patuh kepada-Mu. Kami telah melihat dengan mata kepala kami hari kebangkitan dan mendengar betapa ajaran para rasul-Mu adalah benar, maka dengan kuasa dan rahmat-Mu kembalikanlah kami ke dunia sekali saja, niscaya kami akan mengerjakan kebajikan yang engkau ridai, tidak seperti yang kami lakukan dulu. Sungguh, saat ini kami adalah orang-orang yang yakin dengan sepenuhnya. ' Allah tidak akan mengabulkan permintaan itu karena dia tahu benar karakter mereka. Mereka tidak akan menjadi orang baik walaupun sekiranya diberi kesempatan kembali ke dunia (lihat: surah al-an''m/6: 27'28).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari banyak ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat As-Sajdah ayat 11 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Dukunglah kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dicari

Nikmati berbagai halaman yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Ath-Thalaq 2-3, Al-Mu’minun, At-Taubah 105, Al-Isra 26-27, At-Takwir, Al-Insyirah 8. Ada juga Al-Baqarah 148, Al-Alaq 1-5, At-Taubah 122, Al-Hujurat 10-12, Al-Insyiqaq, At-Tahrim 8.

  1. Ath-Thalaq 2-3
  2. Al-Mu’minun
  3. At-Taubah 105
  4. Al-Isra 26-27
  5. At-Takwir
  6. Al-Insyirah 8
  7. Al-Baqarah 148
  8. Al-Alaq 1-5
  9. At-Taubah 122
  10. Al-Hujurat 10-12
  11. Al-Insyiqaq
  12. At-Tahrim 8

Pencarian: al-baqarah ayat 254, surah as syifa juz berapa, qs surat al hujurat ayat 12, surat al ashr ayat kedua, al quran surat an nisa ayat 59

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: