Surat As-Sajdah Ayat 28

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَقُولُونَ مَتَىٰ هَٰذَا ٱلْفَتْحُ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Arab-Latin: Wa yaqụlụna matā hāżal-fat-ḥu ing kuntum ṣādiqīn

Artinya: Dan mereka bertanya: "Bilakah kemenangan itu (datang) jika kamu memang orang-orang yang benar?"

« As-Sajdah 27As-Sajdah 29 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat As-Sajdah Ayat 28

Paragraf di atas merupakan Surat As-Sajdah Ayat 28 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan menarik dari ayat ini. Terdapat berbagai penafsiran dari para pakar tafsir terhadap isi surat As-Sajdah ayat 28, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang menyekutukan Allah itu meminta disegerakannya azab. Mereka berkata, “Kapan keputusan yang menetapkan di antara kalian dengan kami untuk menyiksa kami menurut klaim kalian akan datang bila kalian adalah orang-orang yang benar dalam klaim kalian?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

28-30. Orang-orang musyrik bertanya dengan nada menghina: “Kapan azab bagi kami akan terjadi jika ancaman kalian itu benar?”

Maka Allah menjawab: “Hai Rasulullah, katakanlah kepada mereka, pada hari turunnya azab tidak berguna lagi keimanan orang-orang kafir dan mereka tidak mendapat kesempatan untuk bertaubat. Berpalinglah dari mereka, dan tunggulah azab yang akan menimpa mereka. Dan mereka juga menunggu agar musibah menimpa kalian.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

28. Orang-orang yang mendustakan adanya hari Kebangkitan berkata untuk minta disegerakan siksa, “Kapankah terjadinya putusan yang kalian yakini bahwa itu akan menjadi pemutus perkara antara kami dan kalian pada hari Kiamat, lalu tempat kembali kami adalah ke Neraka sementara kalian ke Surga?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

28. وَيَقُولُونَ مَتَىٰ هٰذَا الْفَتْحُ إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ (Dan mereka bertanya: “Bilakah kemenangan itu (datang) jika kamu memang orang-orang yang benar?”)
Yakni kapankah kemenangan yang kalian janjikan kepada kami.
Yang dimaksud adalah hari kebangkitan yang Allah jadikan untuk memberi keputusan diantara para hamba-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

28. Para orang-orang musyrik bertanya pada kaum mukmin: kapan datangnya hari kebangkitan yang telah kalian tunjukkan pada kami, dan telah kamu janjikan pada kami, jika kalian benar-benar membenarkan janji itu?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka berkata,“Kapankah kemenangan itu, jika kalian adalah orang-orang yang benar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

28. Maksudnya, orang-orang yang berdosa itu meminta supaya azab yang dijanjikan (karena pendustaan mereka) disegerakan menimpa mereka, sebagai sikap bodoh dan sikap melawan. “Dan mereka bertanya, ‘Bilakah kemenangan,” yang memenangkan di antara kami dengan kalian, yaitu dengan mengazab kami, seperti yang diklaim kalian. “JIka kamu” wahai para rasul “memang orang-orang yang benar,” dalam dakwaan kalian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-30
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang kafir yang tergesa-gesa terjadinya azab, murka, dan pembalasan Allah menimpa mereka karena anggapan mustahil, kedustaan dan keingkaran mereka (Dan mereka bertanya, "Bilakah kemenangan itu (datang)) yaitu kapankah kamu menang atas kami, wahai Muhammad? Sebagaimana yang kamu duga, bahwa kamu akan menadapatkan kemenangan atas kami dan kamu dapat membalas kami, kapankan hal itu terjadi? Tidaklah kami melihat kamu dan semua sahabatmu, melainkan bersembunyi ketakutan dan hina. Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Pada hari kemenangan itu”) yaitu ketika pembalasan, murka dan kemarahan Allah telah menimpa kalian di dunia dan akhirat ("Tidak berguna bagi orang-orang kafir iman mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh”) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka tatkala datang kepada mereka rasul-rasul (yang diutus kepada) mereka dengan membawa keterangan-keterangan, mereka merasa senang dengan pengetahuan yang ada pada mereka) (Surah Ghafir: 83).
Sesungguhnya makna yang dimaksud dengan “al-fath” adalah hanyalah peradilan dan keputusan, yaitu sebagaimana firman Allah: (maka itu adakanlah suatu keputusan antara aku dan mereka) (Surah Asy-Syu'ara: 118) dan firmanNya: (Katakanlah, "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui" (26)) (Surah Saba’) dan (Dan mereka memohon kemenangan (atas musuh-musuh mereka) dan binasalah semua orang yang berlaku sewenang-wenang lagi keras kepala (15)) (Surah Ibrahim)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, sesungguhnya mereka (juga) menunggu) yaitu, berpalinglah dari orang-orang musyrik itu dan sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Sebagaimana firmanNya: (Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik (106)) (Surah Al-An'am) Dan tunggulah, karena sesungguhnya Allah akan menunaikan kepadamu apa yang Dia janjikan kepadamu, dan Dia akan menolongmu dalam menghadapi orang-orang yang menentangmu. Sesungguhnya Dia tidak akan mengingkari janji.
Firman Allah: (sesungguhnya mereka (juga) menunggu) yaitu engkau menunggu. Mereka menunggu dan mengintai kelengahanmu (Bahkan mereka mengatakan, "Dia adalah seorang penyair yang kami tunggu-tunggu kecelakaan menimpanya” (30)) (Surah Ath-Thur) Maka kamu akan menyaksikan akibat dari kesabaranmu terhadap mereka dan menyampaikan risalah Allah, yaitu Aku akan menolong dan mendukungmu. Mereka akan mendapati akibat dari apa yang mereka tunggu-tunggu terhadapmu dan sahabat-sahabatmu, yaitu siksaan dan azab Allah yang menimpa dan membinasakan mereka


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Sajdah ayat 28: Ketika orang-orang muslim berkata kepada orang-orang kafir : Ketahuilah, bahwa bagi kami terdapat hari yang Allah akan tegakkan padanya urusan antara kami dan kalian. Maka berkatalah orang-orang kafir dengan ejekan : Kapan hari itu akan datang jika memang kalian adalah orang-orang yang benar dan ucapan kalian?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni orang-orang yang berdosa itu.

Kepada orang-orang mukmin tentang azab yang diancamkan kepada mereka itu karena pendustaan mereka, kebodohan dan sikap membangkang.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Sajdah Ayat 28

Enggan memperhatikan bukti kuasa Allah membangkitkan manusia yang telah mati, kaum kafir justru menantang nabi Muhammad. Dan dengan maksud mengejek mereka bertanya, 'kapankah kemenangan atas kami itu datang kepadamu dan kapan pula azab yang engkau ancam kami dengannya itu akan datang, jika engkau memang orang yang benar dalam pengakuanmu sebagai rasul''29-30. Allah memberi petunjuk kepada nabi Muhammad untuk menanggapi pertanyaan kaum kafir itu. Katakanlah, 'ketahuilah, pada hari kemenangan itu, yaitu hari kiamat ketika setiap manusia akan memperoleh putusan dan balasan dengan adil, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir itu keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan untuk dikembalikan ke dunia supaya bertobat, beriman, dan beramal saleh. ' maka, wahai nabi Muhammad, berpalinglah engkau dari mereka. Abaikanlah pendustaan mereka dan tunggulah masa ketika Allah mendatangkan janji-Nya dengan memenangkan orang beriman atas orang kafir, sesungguhnya mereka juga menunggu kapan kalian mati atau terbunuh dalam perang. [].


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penafsiran dari banyak ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat As-Sajdah ayat 28 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita. Bantu kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dilihat

Baca ratusan halaman yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Mu’minun, Al-Hujurat 10-12, Al-Baqarah 148, Al-Alaq 1-5, At-Taubah 105, At-Takwir. Ada pula Al-Isra 26-27, At-Taubah 122, Al-Insyirah 8, At-Tahrim 8, Ath-Thalaq 2-3, Al-Insyiqaq.

  1. Al-Mu’minun
  2. Al-Hujurat 10-12
  3. Al-Baqarah 148
  4. Al-Alaq 1-5
  5. At-Taubah 105
  6. At-Takwir
  7. Al-Isra 26-27
  8. At-Taubah 122
  9. Al-Insyirah 8
  10. At-Tahrim 8
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. Al-Insyiqaq

Pencarian: al baqarah 185-186, khasiat surat al anbiya ayat 87, surat al insiqaq, surat yunus ayat 99, qs ali imran 103

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: