Surat Al-Ahzab Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَكِيلًا

Arab-Latin: Wa tawakkal 'alallāh, wa kafā billāhi wakīlā

Artinya: Dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

« Al-Ahzab 2Al-Ahzab 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Dengan Surat Al-Ahzab Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ahzab Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah menarik dari ayat ini. Ada variasi penafsiran dari beragam ulama terkait makna surat Al-Ahzab ayat 3, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bersandarlah kepada Tuhanmu, serahkanlah segala urusanmu kepadaNya, cukuplah Allah sebagai penjaga bagi siapa yang bertawakal dan kembali kepadaNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Dan bersandarlah kepada Allah semata dalam segala urusanmu, dan cukuplah Allah -Subḥānahu- sebagai penjaga hamba-hamba-Nya yang bertawakal kepada-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. وَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللهِ وَكِيلًا (dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara)
Yakni bersandarlah kepada Allah dan serahkan urusanmu kepada-Nya. Sebab cukupllah Allah sebagai penjaga orang yang bertawakkal kepada-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Bergantungkah kepada Allah dan bersegeralah menjalankan perintah Allah, dan cukuplah Allah yang menjadi penjagaan bagimu dan wakil dalam setiap urusanmu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bertawakallah} bergantunglah dalam setiap keadaanmu {kepada Allah. Cukuplah Allah sebagai pemelihara} penjaga terhadap orang yang bergantung kepadaNya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. Jika terbersit dalam hatimu bahwa jika kamu tidak taat kepada mereka dalam (sebagian) keinginan mereka yang menyesatkan, maka akan terjadi sesuatu yang membahayakan dirimu dari mereka, atau akan terjadi kekurangan di dalam membimbing manusia kepada hidayah, maka tolaklah hal itu dari dalam dirimu, dan gunakanlah segala sesuatu yang dapat melawannya dan melawan yang lainnya, yaitu bertawakkal kepada Allah, dengan cara bersandar kepada Rabbmu seperti bersandarnya orang yang tidak dapat mendatangkan bahaya terhadap dirinya atau mafaat, ataupun kematian, kehidupan maupun membangkitkan, dalam menjaga keselamatanmu dari kejahatan mereka dan dalam menegakkan agama yang diperintahkan kepadamu. Dan percayalah kepada Allah dalam mengerjakan perintah itu, apa pun keadaannya.
“Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara,” semua perkara diserahkannya kepadaNya, dan Dia-lah yang akan mengaturnya dan mengatur apa yang lebih masalahat bagi hambaNya. Yang demikian itu adalah karena Dia mengetahui kemaslahatan- kepadaNya dan Dia berjanji kepadanya bahwa Dia yang akan mengaturnya. Maka jangan engkau menanyakan tentang (mengapa) setiap permasalahan menjadi mudah, setiap yang sulit menjadi gampang, setiap perkara sulit menjadi ringan setiap kesusahan menjadi hilang, berbagai kondisi dan kebutuhan terpenuhi, berbagai berkah turun, berbagai bencana tercegah dan berbagai keburukan diangkat. Maka di sana Anda akan melihat sang hamba yang lemah tak berdaya yang telah menyerahkan perkaranya kepada Tuhannya yang telah mengatur berbagai perkara yang tidak dapat dilakukan oleh satu umat dari mannusia. Allah telah memudahkan baginya hal-hal yang sangat sulit untuk bisa dilakukan oleh para ahli. Dan kepada Allah lah memohon pertolongan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Ini adalah peringatan yang berkedudukan tinggi yang ditujukan kepada orang yang lebih rendah kedudukannya. Karena sesungguhnya Allah SWT itu apabila memerintahkan kepada hamba dan rasulNya dengan ini, maka itu untuk memerintahkan kepada selain dia dengan cara yang lebih utama dan lebih kuat
Firman Allah: (dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik) yaitu, janganlah mendengar ucapan mereka dan meminta saran dari mereka (Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana) yaitu, dia lebih berhak untuk diikuti perintah-perintahNya dan ditaati, karena sesungguhnya Dia Maha Mengetahui akibat segala urusan, dan Maha Bijaksana dalam semua firman dan perbuatanNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu) yaitu berupa Al-Qur'an dan sunnah (Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan) Maka tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dariNya, dan bertawakallah kepada Allah, yaitu dalam semua urusan dan keadaanmu (dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara) yaitu, cukuplah Allah sebagai Pemelihara bagi orang yang bertawakal dan bertaubat kepadaNya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ahzab ayat 3: Allah memerintahkan Nabi-Nya ﷺ agar mengikuti Allah dan agar menyerahkan segala urusannya kepada Allah, dan meminta kepada-Nya saja, serta agar meminta pertolongan untuk menegakkan agama sebagaimana yang diperintahkan-Nya. Cukuplah Allah dan menjadi pemelihara yang menjaga dan memudahkan segala urusan-Nya. Dan Nabi ﷺ telah mentaati apa yang Allah perintahkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Jika dalam hatimu ada perasaan, bahwa jika kamu tidak menaati keinginan mereka yang menyesatkan, maka akan timbul bahaya atau terjadi kekurangan dalam menunjuki manusia, maka berlepaslah dari kemampuan dirimu dan gunakanlah sesuatu yang dapat menghadapinya, yaitu tawakkal kepada Allah, dengan bersandar kepada Tuhanmu agar Dia menyelamatkan kamu dari keburukan mereka dalam menegakkan agama yang engkau diperintahkan menegakkannya, dan percayalah kepada-Nya dalam mencapai hal itu.

Bagimu dan bagi umatmu. Dia akan mengurus masalahmu dengan cara yang lebih bermaslahat bagimu, karena Dia mengetahui maslahat hamba-Nya dari arah yang tidak diketahui hamba, Dia mampu menyampaikannya kepada hamba dari arah yang tidak diketahui hamba, dan Dia lebih sayang kepada hamba-Nya daripada diri hamba itu sendiri, daripada orang tuanya, bahkan lebih sayang melebihi siapa pun, khususnya kepada hamba-hamba pilihan-Nya yang Dia senantiasa mentarbiyah mereka, melimpahkan keberkahan-Nya yang tampak maupun yang tesembunyi, terlebih Dia telah memerintahkan untuk menyerahkan urusan kepada-Nya dan berjanji akan mengurus orang yang bertawakkal kepada-Nya. Oleh karena itu, urusan yang susah akan menjadi mudah, yang berat menjadi ringan, kebutuhan dapat terpenuhi, bahaya terhindar dan keburukan terangkat jika bertawakkal kepada-Nya. Kita dapat melihat, seorang hamba yang lemah ketika dia menyerahkan urusannya kepada Tuhannya, ternyata dia dapat melakukan perkara yang tidak dapat dilakukan banyak orang, hal itu karena Allah telah memudahkannya, dan kepada Allah-lah tempat memohon pertolongan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ahzab Ayat 3

Dan bertawakAllah kepada Allah agar dia meneguhkan langkahmu dalam menyerukan kebenaran. Dan janganlah engkau minta perlin-dungan kepada siapa pun karena cukuplah Allah sebagai pemelihara dirimu dari ancaman dan atau kemungkinan buruk dari kaum kafir dan munafik. 4. Beralih dari perintah bertakwa dan larangan menaati orang kafir, Allah melalui ayat ini kemudian berbicara tentang orang yang hatinya tidak istikamah, masalah zihar, dan anak angkat. Allah tidak menjadikan bagi seseorang dua hati dalam rongganya. Setiap manusia hanya memiliki satu hati dan darinya muncul kehendak atau keinginan. Karena itu, tidak mungkin di satu sisi ia beriman dan takut kepada Allah namun di sisi lain ia takut kepada selain Allah. Dan begitu juga, dia tidak menjadikan istrimu yang kamu zihar itu sebagai ibumu. Zihar adalah perkataan suami kepada istri, 'punggungmu haram bagiku seperti punggung ibuku, ' atau yang sama maksudnya. Dan dia juga tidak membenarkanmu menjadikan anak angkatmu sebagai anak kandungmu sendiri. Sejak saat itu hukum anak angkat dibatalkan. Dengan begitu nasab anak itu kembali ke nasab ayah kandungnya. Sesungguhnya yang demikian itu hanyalah perkataan di mulutmu saja yang tidak dilandasi ilmu yang benar. Allah mengatakan dan menetapkan hukum yang sebenarnya dan dia menunjukkan kepadamu jalan yang benar dan lurus.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjelasan dari berbagai ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat Al-Ahzab ayat 3 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dicari

Nikmati ratusan topik yang sering dicari, seperti surat/ayat: Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 105, Al-Insyiqaq, At-Takwir, Al-Alaq 1-5, Al-Baqarah 148. Termasuk Al-Isra 26-27, Al-Mu’minun, Al-Hujurat 10-12, Al-Insyirah 8, At-Tahrim 8, At-Taubah 122.

  1. Ath-Thalaq 2-3
  2. At-Taubah 105
  3. Al-Insyiqaq
  4. At-Takwir
  5. Al-Alaq 1-5
  6. Al-Baqarah 148
  7. Al-Isra 26-27
  8. Al-Mu’minun
  9. Al-Hujurat 10-12
  10. Al-Insyirah 8
  11. At-Tahrim 8
  12. At-Taubah 122

Pencarian: ar radu, 20 ayat al qur'an tentang pendidikan, surah hud ayat 108, surah saba ayat 28, al an am 160

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: