Surat Al-Ahzab Ayat 30

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَٰنِسَآءَ ٱلنَّبِىِّ مَن يَأْتِ مِنكُنَّ بِفَٰحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ يُضَٰعَفْ لَهَا ٱلْعَذَابُ ضِعْفَيْنِ ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرًا

Arab-Latin: Yā nisā`an-nabiyyi may ya`ti mingkunna bifāḥisyatim mubayyinatiy yuḍā'af lahal-'ażābu ḍi'faīn, wa kāna żālika 'alallāhi yasīrā

Artinya: Hai isteri-isteri Nabi, siapa-siapa di antaramu yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata, niscaya akan di lipat gandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat. Dan adalah yang demikian itu mudah bagi Allah.

« Al-Ahzab 29Al-Ahzab 31 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Surat Al-Ahzab Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ahzab Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan pelbagai penafsiran dari beragam ulama terkait isi surat Al-Ahzab ayat 30, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai istri-istri Nabi, siapa yang melakukan kemaksiatan yang nyata di antara kalian, azab akan dilipatgandakan untuknya dua kali lipat. Karena kedudukan mereka tinggi, maka sangat sesuai bila Allah menyiapkan hukuman berat karena dosa yang terjadi dari mereka, hal ini untuk melindungi kehormatan mereka dan kehormatan Rasulullah, dan hukuman tersebut mudah bagi Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

30. Allah menjelaskan beberapa hukum khusus bagi ummahatul mukminin (istri-istri Rasulullah): “Wahai istri-istri Nabi, jika ada dari kalian yang berbuat dosa yang jelas, maka siksaan baginya akan dilipatgandakan di dunia dan di akhirat. Dan siksaan yang berlipatganda itu mudah untuk Allah berikan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Wahai istri-istri Nabi! Siapa di antara kalian melakukan kemaksiatan yang zahir, maka digandakan siksa baginya pada hari kiamat dua kali lipat dikarenakan kedudukan dan posisi kalian serta demi menjaga harga diri Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Dan sesungguhnya menggandakan siksa itu bagi Allah adalah mudah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. بِفٰحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ (yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata)
Yakni perbuatan buruk dan keji yang jelas. Dan Allah telah melindungi dan menyucikan mereka dari hal ini.

يُضٰعَفْ لَهَا الْعَذَابُ ضِعْفَيْنِ ۚ( niscaya akan di lipat gandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat)
Yakni jika mereka melakukan perbuatan keji itu maka Allah akan mengazab mereka dengan azab dua kali lipat dari azab wanita selain mereka. Hal ini karena kedudukan Rasulullah dan derajat mereka yang tinggi.

وَكَانَ ذٰلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيرًا(Dan adalah yang demikian itu mudah bagi Allah)
Yakni bukanlah sesuatu yang berat dan susah bagi-Nya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

30-31

Perhatikanlah bagaimana Allah ta'ala mengungkapkan hukumannya dengan mengatakan: { يُضَٰعَفْ } "Niscaya akan dilipatgandakan", namun Dia tidak menyebutkan secara jelas siapa yang menyiksanya, maka ketika Dia menyebutkan pahalanya, dia berkata: { نُّؤْتِهَآ } "niscaya Kami memberikan kepadanya"; Menyebutkan dengan jelas Sang Pemberi Rezeki, yaitu Allah ta'ala, menunjukkan kesempurnaan rahmat dan kemurahan hati, dan karena Yang Maha Pemurah menampakkan diri dan perbuatannya ketika Dia memberi manfaat, dan ketika Dia dirugikan, Dia tidak menyebut dirinya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Hai isteri-isteri Nabi, siapa-siapa di antaramu yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata, niscaya akan di lipat gandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat. Dan adalah yang demikian itu mudah bagi Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai istri-istri Nabi, siapa di antara kalian yang melakukan perbuatan keji yang nyata} maksiat yang nyata {pasti azabnya akan dilipat gandakan dua kali untuknya. Hal yang demikian itu bagi Allah sangat mudah} mudah dan gampang


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


30. Setelah mereka memilih Allah, RasulNYa dan akhirat, maka Allah menjelaskan pelipatgandaan pahala untuk mereka dan pelipatgandaan dosa dan kesalahan kalau mereka melakukannya, agar mereka lebih bersikap hati-hati dan bersyukur kepada Allah. Oleh karena itu, Allah menetapkan siapa saja dari mereka yang melakukan perbuatan keji yang nyata, maka mereka mendapatkan siksaan dua kali lipat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 30-31
Allah SWT berfirman seraya menasehati istri-istri Nabi SAW yang telah memilih Allah, Rasulallah dan negeri akhirat, dan mereka tetap menjadi istri Rasulullah SAW, Maka sesuai jika diceritakan kepada mereka ketentuan hukum dan keistimewaan mereka yang melebihi wanita-wanita lainnya, bahwa barangsiapa di antara mereka yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata. Menurut Ibnu Abbas, yaitu membangkang dan berakhlak buruk. Dan berdasarkan bentuk apa pun, maka ungkapan ini hanya ungkapan syarat saja, dan makna syarat itu tidak pasti terjadi. Sebagaimana firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalanmu) (Surah Az-Zumar: 65) (Katakanlah, "Jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah mem­punyai anak, maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak itu)” (81)) (Surah Az-Zukhruf) karna kedudukan mereka tinggi, maka sesuai jika ada seseorang dari mereka melakukan suatu dosa, dosa itu akan diperberat demi menjaga kehormatan mereka dan kedudukan mereka yang tinggi. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Hai istri-istri Nabi, siapa-siapa di antaramu yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata, niscaya akan dilipatgandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat)
Malik meriwayatkan dari Zaid bin Aslam tentang firmanNya: (niscaya akan dilipatgandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat) dia berkata yaitu di dunia dan akhirat.
Diriwayatkan dari Ibnu Abu Najih hal yang serupa (Dan adalah yang demikian itu mudah bagi Allah) yaitu sangat mudah dan gampang.
Kemudian Allah menyebutkan keutamaanNya dalam firmanNya: (Dan barang siapa di antara kamu sekalian (istri-istri Nabi) taat kepada Allah dan Rasul-Nya) yaitu taat dan tunduk kepada Allah dan RasulNya (niscaya Kami memberikan kepadanya pahala dua kali lipat dan Kami sediakan baginya rezeki yang mulia) yaitu di surga, sesungguhnya mereka berada di tempat-tempat kediaman Rasulullah SAW di surga yang tertinggi, di atas semua tempat semua makhluk yang merupakan tempat paling dekat dengan 'Arsy


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ahzab ayat 30: Allah menyeru istri-istri Nabi ﷺ dengan nasihat dan petunjuk serta mendidik mereka, setelah mereka memilih Allah dan Rasul-Nya ﷺ serta memilih akhirat, Allah berkata kepada mereka : Wahai istri-istri Nabi, barangsiapa yang di antara kalian datang dengan kebiasaan yang buruk, maksiat terang-terangan, Allah akan berikan adzab dua kali lipat kepada kalian, urusan itu bagi Allah adalah mudah. Dan ini adalah peringatan untuk seluruh wanita-wanita yang beriman.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah mereka memilih Allah, Rasul-Nya dan negeri akhirat, maka Allah menyebutkan pahala yang berlipatganda untuk mereka, dan berlipatgandanya dosa mereka jika mereka melakukan maksiat, yang demikian agar mereka lebih berhati-hati terhadap dosa dan agar mereka bersyukur kepada Allah Ta’ala, sehingga Dia menerangkan, bahwa barang siapa di antara mereka mengerjakan perbuatan keji yang nyata, maka ia akan memperoleh azab dua kali lipat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ahzab Ayat 30

Allah menjanjikan balasan yang agung bagi istri-istri nabi yang berbuat baik. Di sisi yang lain, mereka juga dihadapkan pada acaman yang mengerikan jika berbuat dosa. Wahai istri-istri nabi! barang siapa di antara kamu yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata, seperti zina dan durhaka kepada suami, niscaya azabnya akan dilipatgandakan dua kali lipat kepadanya dibanding perempuan-perempuan yang bukan istri nabi. Dan yang demikian itu mudah bagi Allah. []31. Wahai para istri nabi, kamu mempunyai kedudukan yang lebih utama dibandingkan para wanita biasa disebabkan besarnya tanggung jawab yang harus kamu emban. Bila salah satu dari kamu berbuat dosa yang nyata maka ia akan mendapat hukuman dua kali lebih berat. Dan barang siapa di antara kamu, wahai para istri nabi, tetap taat kepada Allah dan rasul-Nya dan selalu mengerjakan kebajikan, niscaya kami berikan pahala kepadanya dua kali lipat dibandingkan pahala wanita yang bukan istri nabi, dan kami sediakan rezeki yang mulia baginya, baik di dunia maupun di akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjelasan dari kalangan ahli ilmu terkait isi dan arti surat Al-Ahzab ayat 30 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk ummat. Sokong perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dikunjungi

Baca banyak halaman yang terbanyak dikunjungi, seperti surat/ayat: At-Tahrim 8, Al-Isra 26-27, Al-Mu’minun, Al-Insyiqaq, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 105. Ada pula Al-Insyirah 8, At-Taubah 122, Al-Baqarah 148, At-Takwir, Al-Alaq 1-5, Ath-Thalaq 2-3.

  1. At-Tahrim 8
  2. Al-Isra 26-27
  3. Al-Mu’minun
  4. Al-Insyiqaq
  5. Al-Hujurat 10-12
  6. At-Taubah 105
  7. Al-Insyirah 8
  8. At-Taubah 122
  9. Al-Baqarah 148
  10. At-Takwir
  11. Al-Alaq 1-5
  12. Ath-Thalaq 2-3

Pencarian: surat al qaf ayat 15, surat al an'am ayat 125, quran surat yunus ayat 40 dan 41, surah al baqarah 186, surat al maidah ayat 7

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: