Surat Fatir Ayat 33

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

جَنَّٰتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا ۖ وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ

Arab-Latin: Jannātu 'adniy yadkhulụnahā yuḥallauna fīhā min asāwira min żahabiw wa lu`lu`ā, wa libāsuhum fīhā ḥarīr

Artinya: (Bagi mereka) surga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera.

« Fatir 32Fatir 34 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Tentang Surat Fatir Ayat 33

Paragraf di atas merupakan Surat Fatir Ayat 33 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penjabaran dari para mufassirun berkaitan makna surat Fatir ayat 33, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Surga yang merupakan tempat tinggal yang langgeng adalah bagi orang-orang yang telah Allah beri kitab, mereka dihias dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara dan baju biasa mereka di surga adalah sutra, yakni baju-baju yang halus


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

33-35. Surga-surga ‘and memiliki naungan yang luas, buah yang matang, dan air yang melimpah; mereka semua akan memasukinya. Di dalamnya mereka akan dihiasi gelang-gelang dari emas dan mutiara, berpakaian kain sutera, dan mengucapkan syukur dan pujian bagi Allah atas kenikmatan yang diberikan kepada mereka; dan Allah menghilangkan kesedihan dan kegundahan mereka.

Sungguh Tuhan kita Maha Mengampuni dosa hamba-hamba-Nya, Maha Mensyukuri dengan melipatgandakan balasan amal kebaikan, Dia menyiapkan tempat tinggal bagi kita di surga dengan rahmat dan karunia-Nya; kita tidak kelelahan dan kesusahan di dalamnya, karena ini merupakan tempat kenikmatan dalam jamuan Yang Maha Mulia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

33. Orang-orang yang terpilih itu masuk ke dalam Surga sebagai tempat tinggal mereka, di sana mereka diberi pakaian berupa gelang-gelang dari emas dan mutiara, pakaian mereka di sana adalah sutera.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. جَنّٰتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا ((Bagi mereka) surga ‘Adn mereka masuk ke dalamnya)
Ini merupakan janji bagi orang yang bersegera dalam kebaikan. Atau bagi semua orang yang Allah pilih itu.

يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا ۖ وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ(di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera)
Kalimat ini telah dijelaskan tafsirnya dalam surat al-Hajj: 23.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33. Surga-surga yang selamanya berdiri tegak dimasuki oleh orang-orang yang terpilih itu. Di dalamnya mereka diberi perhiasan-perhiasan emas dan mutiara. Dan pakaian mereka di surga adalah sutera


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Surga ‘Adn} yang ditinggali {yang mereka masuki. Di dalamnya mereka dihiasi} mereka dihiasi {dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara. Pakaian mereka di dalamnya adalah sutra


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33. Kemudian Allah menjelaskan balasan untuk orang-orang yang diwarisi kitabNya tersebut dengan, “Surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya.” Yakni, surge-surga yang penuh dengan pohon-pohon, naungan dan pohon-pohon yang rindang, kebun-kebun yang baik, sungai-sungai yang mengalir, istana-istana yang menjulang tinggi, mtempat-tempat tinggal yang terukir indah selama-lamanya, tidak akan pernah sirna dan kehidupan yang tidak akan pernah berkesudahan.
“Al-Adn” artinya: Tinggal (menetap). Maka Jannatu Adn itu adalah surge tempat tinggal. Di idhafahkan kepada iqamah (diam, tinggal) karena tinggal dan kekekalan di dalamnya menjadi sifat dan ciri para penghuninya.
“Di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas.” Perhiasan ini adalah perhiasan yang dikenakan di lengan tangan dengan sesuka mereka dan mereka pandang lebih indah daripada yang lainnya. Laki-laki dan perempuan sama-sama mengenakan perhiasan di surge. “Dan” mereka di hiasi di dalamnya “dengan mutiara” yang teruntai indah pada pakaian dan tubuh mereka, “dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera,” berupa sutra tipis dan sutra tebal berwarana hijau.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 33-35
Allah SWT memberitahukan bahwa tempat mereka yang dipilih dari kalangan hamba-hambaNya yang diwarisi kitab yang diturunkan dari sisi Tuhan alam semesta, pada hari kiamat, dan tempat tinggal mereka adalah surga 'Adn, yaitu surga itu menjadi tempat tinggal mereka yang mereka masuki di hari mereka dibangkitkan dan tiba di hadapan Allah SWT (di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara) Sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits shahih dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda:”Perhiasan yang dikenakan orang mukmin mencapai batas yang dikenai air wudhunya”
(dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra) Oleh karena itu, kain sutra diharamkan bagi mereka di dunia dan Allah membolehkannya bagi mereka di akhirat.
(Dan mereka berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami”) yaitu hal-hal yang menakutkan. Allah melenyapkannya dari kami dan menyelamatkan kami dari apa yang kami takutkan dan kami hindari, yaitu kesusahan-kesusahan di dunia dan akhirat
(Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya) Mereka berkata bahwa Dialah yang telah menempatkan kami di kedudukan dan tempat tinggal di surga ini sebagai karunia dan rahmatNya, sekalipun amal-amal kami tidak sebanding dengan itu. Disebutkan dalam hadits shahih bahwa Rasulullah SAW bersabda:”Tidaklah amal perbuatan seseorang dari kalian dapat memasukkannya ke dalam surga” Mereka bertanya, "Dan tidak juga engkau, Wahai Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab,"Tidak juga aku terkecuali jika Allah SWT mencurahkan rahmat dan karuniaNya kepadaku"
(di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tidak pula merasa lesu) yaitu tidak lagi menyentuh kami di dalamnya kelelahan, kelesuan, dan kepayahan, seakan-akan yang dimaksud bahwa hal itu ditiadakan dari mereka; bahwa mereka tidak mengalami kelelahan pada tubuh mereka, dan pula arwah mereka, hanya Allah yang lebih Mengetahui. Di antara hal itu adalah mereka terbiasa mengerjakan ibadah ketika di dunia, dan setelah mereka masuk surga kewajiban itu digugurkan dari mereka, kemudian mereka berada di dalam kesenangan yang abadi dan terus-menerus. Allah SWT berfirman: (Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu” (24)) (Surah Al-Haqqah)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fatir ayat 33: Allah mengabarkan bahwasanya golongan-golongan ini memiliki surga, Allah masukkan mereka kedalamnya, tidak keluar mereka semua darinya selamanya. Mereka berpakaian dengan sutera dan perhiasan-perhiasan ditangan mereka, semua itu karena sebab karunia Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan balasan-Nya kepada orang-orang yang telah diwariskan-Nya kitab kepada mereka.

Surga penuh dengan pohon-pohon, tempat berteduh, kebun-kebun yang indah, sungai yang memancar, istana-istana yang tinggi, tempat-tempat yang mewah dalam waktu yang kekal selama-lamanya. Adapun ‘Adn artinya adalah tempat tinggal. Sehingga surga ‘Adn adalah surga yang menjadi tempat tinggal yang kekal.

Baik laki-laki maupun wanita. Mereka diberi gelang emas, dan diberikan mutiara yang dirangkaikan di pakaian dan badan mereka.

Baik sutera tipis maupun sutera tebal.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fatir Ayat 33

Mereka akan mendapat surga 'adn; mereka masuk ke dalamnya. Di dalamnya mereka diberi berbagai kenikmatan jasmani dan rohani. Di antara kemikmatan jasmani ialah perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera. 34-35. Adapun kenikmatan rohani yang mereka terima adalah ungkapan syukur kepada Allah dan ketenangan batin. Dan mereka berkata, 'segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami dengan memasukkan kami ke surga. Sungguh, tuhan kami benar-benar maha pengampun atas segala dosa, maha mensyukuri dengan memberi balasan yang baik untuk hamba-Nya yang taat. Dialah Allah yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal di surga; di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu. ' keadaan ini sangat berbeda dengan kondisi mereka saat di dunia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penafsiran dari banyak ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Fatir ayat 33 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita bersama. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dibaca

Kami memiliki banyak konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, Al-Baqarah 148, Ath-Thalaq 2-3, At-Takwir, At-Tahrim 8. Juga Al-Alaq 1-5, At-Taubah 105, Al-Insyiqaq, Al-Isra 26-27, Al-Mu’minun, At-Taubah 122.

  1. Al-Insyirah 8
  2. Al-Hujurat 10-12
  3. Al-Baqarah 148
  4. Ath-Thalaq 2-3
  5. At-Takwir
  6. At-Tahrim 8
  7. Al-Alaq 1-5
  8. At-Taubah 105
  9. Al-Insyiqaq
  10. Al-Isra 26-27
  11. Al-Mu’minun
  12. At-Taubah 122

Pencarian: walikulli ummatin ajal artinya, al hijr ayat 39, surat al hasyr ayat 9, surah an nur 31, qs al mujadilah 11

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: