Surat As-Saffat Ayat 72

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا فِيهِم مُّنذِرِينَ

Arab-Latin: Wa laqad arsalnā fīhim munżirīn

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami utus pemberi-pemberi peringatan (rasul-rasul) di kalangan mereka.

« As-Saffat 71As-Saffat 73 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Tentang Surat As-Saffat Ayat 72

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 72 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran mendalam dari ayat ini. Ada beberapa penafsiran dari banyak ulama tafsir berkaitan makna surat As-Saffat ayat 72, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sungguh kami telah mengutus para utusan kepada umat-umat tersebut, para utusan itu memperingatkan mereka terhadap azab Allah namun mereka mengingkarinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

72. Dan sungguh Kami telah mengutus banyak rasul kepada umat-umat tersebut untuk memperingatkan mereka dari azab Allah, akan tetapi mereka tetap di dalam kesesatan mereka dan mengingkari para rasul.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

72. Sungguh Kami telah mengutus kepada umat-umat terdahulu para rasul yang memperingatkan mereka dari azab Allah, tetapi mereka kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

72. Sungguh kami telah mengutus para rasul kepada umat-umat terdahulu dengan memperingatkan mereka tentang azab namun mereka tetap kafir.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami benar-benar telah mengutus pemberi peringatan di kalangan mereka} para rasul yang memperingatkan mereka tentang azab


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

69-73. SEakan-akan dikatakan, Apa yang telah mengantarkan kalian ke negeri ini? Maka Allah berfirman, “Karena sesungguhnya mereka mendapati,” menemukan “bapak-bapak mereka dalam keadaan sesat. Lalu mereka sangat tergesa-gesa mengikuti jejak mereka itu,” maksudnya, mereka segera turut melakukan kesesatan, tanpa menoleh kepada apa yang diserukan oleh para rasul dan tidak pula kepada apa-apa yang telah diwanti-wantikan oleh kitab-kitab suci, serta tidak pula kepada perkataan orang-orang yang memberikan nasihat. Bahkan mereka menentangnya dengan mengatakan,
“"Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama, dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka." (Az-Zukhruf:22).
“Dan sesungguhnya telah sesat sebelum mereka,” maksudnya, sebelum orang-orang yang menjadi alamat pembicaraan, “sebagian besar dari orang-orang yang dahulu,” sedikit sekali dari mereka yang beriman dan mengambil petunjuk.
“Dan sesungguhnya telah Kami utus pemberi-pemberi peringatan di kalangan mereka,” yakni, yang mengingatkan mereka dari kesesatan, “maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu.” Kesudahan mereka adalah kebinasaan, kehinaan, dan kenistaan. Maka hendaklah mereka waspada kalau masih tetap harus dalam kesesatannya, akan ditimpa seperti apa yang telah menimpa orang-orang terdahulu tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-74
Allah SWT memberitahukan tentang umat-umat terdahulu, bahwa kebanyakan dari mereka tersesat karena menjadikan tuhan-tuhan lain bersama Allah. Dan Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah mengutus kepada mereka para pemberi peringatan, yang memperingatkan mereka tentang azab dan pembalasan Allah terhadap orang yang ingkar kepadaNya dan menyembah kepada selainNya, dan bahwa mereka terus menentang dan mendustakan para rasul mereka. Maka Allah membinasakan dan menghancurkan orang-orang yang mendustakan para rasul itu, dan menyelamatkan, menolong, dan memenangkan orang-orang mukminOleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu (73) tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa-dosa tidak akan diazab) (­74)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 72: 72-73. Allah mengabarkan bahwa Dia mengutus Rasul pada umat-umat sebelumnya sebagai pemberi peringatan, yang memperingatkan mereka dari kesyririkan dan kesesatan, dan mereka tidak menerima peringatan tersebut, maka perhatikanlah wahai Nabi bagaimana kesudahan dari penolakan mereka akan dakwah rasul mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mengingatkan sesatnya jalan mereka dan akan menjerumuskan mereka ke neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 72

Dan sungguh, kami telah mengutus para rasul pemberi peringatan di kalangan mereka tentang ancaman murka dan siksa Allah, namun mereka mendustakannya. 73. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu ketika mendustakan para rasul.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penafsiran dari banyak ulama mengenai kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 72 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita. Support perjuangan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dikaji

Tersedia ratusan materi yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Insyiqaq, At-Tahrim 8, Al-Mu’minun, At-Taubah 105, Al-Insyirah 8, Ath-Thalaq 2-3. Ada juga At-Taubah 122, Al-Hujurat 10-12, Al-Isra 26-27, Al-Baqarah 148, At-Takwir, Al-Alaq 1-5.

  1. Al-Insyiqaq
  2. At-Tahrim 8
  3. Al-Mu’minun
  4. At-Taubah 105
  5. Al-Insyirah 8
  6. Ath-Thalaq 2-3
  7. At-Taubah 122
  8. Al-Hujurat 10-12
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Baqarah 148
  11. At-Takwir
  12. Al-Alaq 1-5

Pencarian: quran annisa, anbiya ayat 19, surat al kafirun terjemahan, surah tentang fitnah, fas alu ahla dzikri inkuntum laa ta'lamuun

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: