Surat As-Saffat Ayat 85

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِذْ قَالَ لِأَبِيهِ وَقَوْمِهِۦ مَاذَا تَعْبُدُونَ

Arab-Latin: Iż qāla li`abīhi wa qaumihī māżā ta'budụn

Artinya: (Ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Apakah yang kamu sembah itu?

« As-Saffat 84As-Saffat 86 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat As-Saffat Ayat 85

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 85 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah penting dari ayat ini. Didapatkan beragam penjabaran dari beragam mufassirun terhadap makna surat As-Saffat ayat 85, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83-87 Diantara pengikut nuh yang berjalan diatas manhaj dan agamanya adalah nabiyullah Ibrahim, saat dia datang kepada tuhannya dengan membawa hati yang bersih dari segala akidah sesat dan akhlak tercela saat dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan penuh pengingkaran “apa yang kalian sebah selain Allah itu? apakah kalian ingin menyembah tuhan-tuhan buatan dan meninggalkan ibadah kepada Allah yang berhak untuk disembah semata? lalu apa dugaan kalian terhadap apa yang akan dilakukan oleh raabbul alamin bila kalian menyekutukannNya dengan menyembah selainNya?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

85-87. Saat dia berkata kepada ayah dan kaumnya: “Tuhan-tuhan apa yang kalian sembah selain Allah dengan penuh kedustaan ini? Kemudian kalian berpaling dari menyembah Allah, sedangkan hanya Dia yang berhak disembah. Bagaimana anggapan kalian terhadap Allah, Tuhan semesta alam, sedangkan kalian telah menyembah selain Dia? Apakah Dia tidak akan mengazab kalian?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

85. Ketika dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya yang musyrikin menyalahkan perbuatan mereka, “Apa yang kalian sembah selain Allah ini?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

85. Ketika berkata dengan nada menegur kepada ayah dan kaumnya karena mereka menyembah berhala: “Apakah yang kalian sembah?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{ketika dia berkata kepada ayahnya dan kaumnya,“Apa yang kalian sembah itu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85-87. Di antara kesuciannya adalah ia suci dari sifat curang dan dengki terhadap manusia dan dari sifat-sifat (akhlak) yang buruk lainnya. Maka dari itu beliau telah berhasil menasehati manusia karena Allah, dan ia mulai dari ayahnya dan kaumnya. Allah berfirman, “ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, ‘Apakah yang kamu sembah itu?’” ini adalah bentuk pertanyaan dengan maksud mengingkari dan mengukuhkan hujjah (argument) kepada mereka.
“Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?” maksudnya, apakah kalian menyembah selain tuhan-tuhan secara dusta, padahal mereka bukan Tuhan dan ia tidak pantas disembah?!
“Maka apakah anggapanmu terhadap Rabb semesta alam,” kalau DIa bertindak terhadap kalian, sedangkan kalian telah menyembah selain DIa?! Ini adalah suatu peringatan keras bagi mereka akan balasan dengan azab jika mereka terus melakukan kesyirikan! Kekurangan (kelemahan) apa yang kalian duga terhadap Allah Tuhan semesta alam hingga kalian menjadikan tandingan dan sekutu bagiNYa?!


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-87
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh) (83)) dia berkata yaitu termasuk pemeluk agamanya.
Mujahid berkata, berada dalam tuntunan dan sunnahnya ((Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci (84)) Al-Hasan berkata bahwa yang dimaksud adalah yang bersih dari kemusyrikan.
Firman Allah SWT: ((ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, "Apakah yang kamu sembah itu?” (85)) Nabi Ibrahim mengingkari penyembahan mereka kepada berhala dan tandingan-tandingan itu. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong? (86) Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam? (87)) Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud adalah tidaklah dugaan kalian terhadap apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian jika kalian menjumpaiNya, sedangkan kalian telah menyembah kepada selainNya?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 85: Berilah peringatan wahai Nabi Allah akan hari ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan rasa heran, dan meningkari mereka : Apa ini yang kalian sembah selain Allah, dan memalingkan ibadah kepada-Nya?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pertanyaan ini maksudnya adalah mengingkari dan membuat mereka menerima hujjah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 85

Ingatlah ketika dia dengan maksud mengingatkan berkata kepada , 'apakah yang kamu sembah itu'86. Apakah kamu menghendaki kebohongan dengan sesembahan selain Allah itu sehingga kamu menganggap benar apa yang kamu lakukan'


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari beragam ahli tafsir terhadap isi dan arti surat As-Saffat ayat 85 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk ummat. Sokong perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dilihat

Baca ratusan topik yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Insyiqaq, Al-Mu’minun, Ath-Thalaq 2-3, Al-Alaq 1-5, At-Taubah 122, Al-Baqarah 148. Juga At-Takwir, At-Tahrim 8, At-Taubah 105, Al-Insyirah 8, Al-Isra 26-27, Al-Hujurat 10-12.

  1. Al-Insyiqaq
  2. Al-Mu’minun
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. Al-Alaq 1-5
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Baqarah 148
  7. At-Takwir
  8. At-Tahrim 8
  9. At-Taubah 105
  10. Al-Insyirah 8
  11. Al-Isra 26-27
  12. Al-Hujurat 10-12

Pencarian: al baqarah 2 153, surah yusuf ayat 88 merupakan dalil tentang, surah albaqarah ayat 28, al quran surat al kahfi lengkap, surah al kahfi 1-5

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: